Danau Kaolin, danau biru unik yang memikat hati di Belitung - WisataHits
wisatahits

Danau Kaolin, danau biru unik yang memikat hati di Belitung

Danau Kaolin, danau biru unik yang memikat hati di Belitung

Danau Kaolin menjadi saksi bisu kekayaan mineral alam Kepulauan Bangka Belitung. Danau bekas tambang ini memiliki air biru jernih dengan dinding batu putih yang membuat kombinasi yang menakjubkan.

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Perawat, Kab. Tanjung Pandan, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung; Kasus: Periksa kunciASI

Jika Anda pernah mengunjungi destinasi wisata Danau Kaolin, mata Anda pasti akan berdecak kagum. Panorama alam yang dimilikinya sangat indah dan cukup berbeda dengan kebanyakan danau di Indonesia. Tak heran jika banyak penduduk setempat menyebut tempat wisata ini sebagai surganya danau-danau eksotis Tanah Air, khususnya Belitung.

Saat mengunjungi danau ini, Anda dapat melihat bahwa danau ini dulunya merupakan proyek pertambangan tua. Pertambangan yang dimaksud tidak lain adalah eksploitasi timah. Untuk itu, pengunjung di sana tidak diperbolehkan terkena air danau, apalagi berenang. Pasalnya, kandungan racun kaolin bisa berbahaya bagi manusia.

Namun pengunjung dijamin tidak akan menyesal karena bisa bersenang-senang berlibur di tempat wisata ini. Bagi anda yang berkesempatan datang ke Belitung, maka luangkan waktu sejenak untuk berlibur di danau ini. Namun sebelum berkunjung, ada baiknya Anda mengetahui informasi berikut terkait tempat wisata Danau Kaolin.

Atraksi yang dimiliki Danau Kaolin

Objek wisata milik Danau KaolinKredit gambar: Twitter @ambarsariiiiiii

1. Kandungan mineral kaolin

Kandungan kaolin terdapat pada batuan, air dan juga basa. Bagi Anda yang belum tahu, kaolin merupakan mineral alami yang sering digunakan untuk kebutuhan industri untuk pewarna dan reaksi kimia khusus. Biasanya, kandungan kaolin akan ditemukan pada pasta gigi, makanan olahan, kertas, kosmetik, dan masih banyak lagi.

Bahan ini dikenal memiliki tekstur yang halus, padat, berwarna putih, serta dapat menjadi penghalang termal dan listrik. Banyak sekali pengunjung yang rela datang dari luar daerah maupun dari luar negeri karena penasaran dengan kandungan kaolin di tempat wisata ini. Adanya kandungan ini pula yang menjadi asal muasal nama danau tersebut.

2. Air danau yang indah

Air Danau Kaolin tidak menunjukkan warna yang jernih, melainkan warna kebiruan yang cemerlang. Warnanya sangat indah bila dipadukan dengan pantulan sinar matahari pagi yang mengalir ke air danau. Hal ini membuat warna kebiruan air danau semakin jernih dan menghasilkan kilau yang sangat bagus.

Sinar matahari pagi juga mampu membuat warna bebatuan karang di sekitar danau semakin terlihat. Jika Anda berkunjung ke danau ini, wajib sekali untuk menyaksikan langsung pemandangan yang sangat indah ini. Tentunya Anda akan betah menghabiskan waktu berlama-lama di tempat wisata ini.

3. Tumpukan kaolin terlihat seperti bukit yang tertutup salju

Atraksi Danau Kaolin BelitungKredit gambar: Google Maps Tony Loman

Banyak sekali kaolin di tempat wisata ini sehingga membentuk timbunan seperti perbukitan. Banyaknya tumpukan kaolin yang terlihat seperti perbukitan ini memiliki warna putih bersih mirip salju. Maka tak heran jika banyak pengunjung menyebutnya sebagai bukit bersalju. Hal ini tentu menjadi hal yang sangat menarik bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Banyak juga yang bilang kalau bukit bersalju ini salah satu spot terbaik di danau. Kehadiran tumpukan kaolin yang terlihat seperti bukit salju dan ditambah dengan udara yang sedikit dingin akan membuat Anda seolah-olah bisa merasakan sensasi berlibur di negara yang memiliki empat musim.

4. Pohon hijau

Di sekitar Danau Kaolin ini banyak terdapat pepohonan hijau yang tumbuh dengan baik. Pepohonannya juga cukup besar dan tinggi, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat berteduh saat cuaca panas di siang hari. Suasananya juga semakin asri dan segar berkat pepohonan yang hijau. Panorama alamnya pun semakin mempesona.

Alamat dan rute ke Danau Kaolin Lokasi

Danau Kaolin Belitung AlamatKredit gambar: Google Maps Disney Taarea

Danau yang konon hampir mirip dengan salah satu danau di Islandia ini terletak di desa Air Bara. Tepatnya di Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung. Danau ini juga menjadi salah satu jalur wisata utama di Bangka Belitung. Akses perjalanan menuju lokasi wisata ini cukup lancar dan mulus jika Anda memulai dari Pangkal Pinang.

Anda dapat melakukan perjalanan ke Danau Kaolin dengan sepeda motor dan memakan waktu sekitar 1-1,5 jam. Tempat wisata ini tidak jauh dari jalan lintas provinsi Koba dan Toboali. Mulai dari jalan lintas, Anda akan mengambil jalan tanah sekitar 200m hingga akhirnya tiba di tempat tujuan.

Sebelum sampai di desa Air Bara, akan ada perempatan empat arah yang disebut Simpang Bemban oleh masyarakat sekitar. Nah, tidak jauh dari perempatan ini, keberadaan telaga akan mulai terlihat. Jika ragu, Anda harus menggunakan peta navigasi di ponsel Anda atau menanyakan arah kepada masyarakat setempat.

Anda juga bisa sampai ke danau ini melalui kota Toba. Dari Kota Toba, Anda bisa langsung memulai perjalanan menuju Jl Jendral Sudirman. Kemudian lanjutkan ke Jl Namang-Koba, lalu menuju Jl Raya Gadung. Setelah itu belok kanan untuk sampai ke lokasi danau. Waktu tempuhnya sekitar 17 menit dengan jarak tempuh sekitar 12 km.

Biaya masuk untuk mengunjungi Danau Kaolin

Harga Tiket Danau KaolinKredit gambar: Facebook Eka Widiarti Kusuma

Banyak orang yang penasaran dengan harga tiket masuk wisata danau yang sangat eksotis ini. Umumnya orang awam beranggapan bahwa biaya masuk ke danau ini pasti sangat mahal. Karena keindahan yang disuguhkan di kawasan wisata tersebut tidak bisa dipandang sebelah mata.

Namun, siapa sangka tempat wisata yang satu ini tidak memungut biaya apapun alias gratis bagi pengunjung untuk berkunjung ke sana. Hal ini dikarenakan belum adanya kebijakan resmi yang berlaku mengenai harga tiket masuk ke Danau Kaolin di Bangka Belitung. Ini adalah kabar baik bagi Anda yang sedang mencari tempat liburan yang bagus dengan harga yang murah.

Di sisi lain, informasi mengenai harga tiket perjalanan tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Jadi, pengunjung juga harus tetap menyiapkan uang untuk mengantisipasi setiap perubahan kebijakan terkait harga tiket masuk ke danau ini.

Oleh karena itu, sebelum Anda memulai berwisata ke tempat wisata ini, Anda harus terlebih dahulu menghubungi pengelola danau ini melalui call center yang ada. Dengan cara ini Anda dapat meminta harga tiket saat ini. Ini akan mengurangi kekhawatiran Anda tentang biaya persiapan.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di Danau Kaolin

Aktivitas di Danau Kaolin BelitungKredit gambar: Google Maps Chris Arsen

1. Ambil gambar

Tempat wisata Danau Kaolin ini memang selalu diminati oleh para fotografer. Tidak lain adalah aman karena merupakan salah satu tempat yang memiliki objek foto dengan tema alam yang sangat memukau. Selain itu, pada pagi dan sore hari, pemandangan alam yang bisa difoto di tempat ini akan menghasilkan foto dengan siluet yang sangat indah.

Selain fotografer, pengunjung danau ini juga tak mau kalah mengabadikan setiap momen mendebarkan yang terbentang di tempat wisata tersebut. Pengunjung tidak mau ketinggalan untuk bisa memotret sunset atau sunrise yang selalu indah di danau ini. Sepertinya sudah menjadi salah satu kegiatan yang menarik untuk dilakukan saat berlibur di sini.

2. Berjemur

Tempat wisata ini juga cocok sebagai tempat penyamakan kulit karena memiliki topografi yang cukup terbuka. Anda bisa mulai melakukan aktivitas penyamakan kulit mulai pukul 6 hingga 8 pagi. Waktu ini merupakan waktu yang paling tepat untuk melakukan aktivitas penyamakan kulit atau untuk menghangatkan tubuh.

Kegiatan ini juga sangat baik untuk dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga menjadi lebih tahan terhadap berbagai jenis penyakit. Dengan melakukan aktivitas ini sendirian, pikiran Anda juga bisa lebih tenang dan damai. Jadi Anda akan siap untuk kembali memulai berbagai jenis rutinitas harian.

3. Bersepeda

Aktivitas Lain Danau Kaolin BelitungKredit gambar: Google Maps Bobby Sumarkho

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa dilakukan pengunjung di tempat wisata Danau Kaolin ini adalah bersepeda. Kegiatan ini sangat menyenangkan karena Anda bisa mengelilingi area danau ini tanpa harus lelah berjalan kaki. Bersepeda juga bisa membuat tubuh lebih rileks dan ringan. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan aktivitas ini saat mengunjungi danau yang indah ini.

4. Bersantai

Bersantai dengan duduk di tepi danau dan menikmati panorama alam merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Anda bisa merasakan hembusan udara segar secara perlahan untuk mendapatkan suasana tenang dan damai dalam diri Anda. Aktivitas tunggal ini juga bisa dilakukan sendiri jika tidak ingin diganggu.

Namun, jika Anda ingin bersantai sambil mengobrol, Anda bisa mengajak teman atau kerabat. Lebih nikmat lagi dengan snack dan minuman hangat. Kegiatan ini cocok bagi Anda yang ingin menjernihkan pikiran dan menghilangkan stres dari masalah yang sedang berlangsung.

Fasilitas yang tersedia di Danau Kaolin Belitung

Fasilitas Danau Kaolin BelitungKredit gambar: Google Maps Riyan Yefta Purba

Meski merupakan salah satu tempat wisata di Bangka Belitung yang paling terkenal, namun fasilitasnya masih belum lengkap. Pasalnya, lokasi tersebut belum dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Meski begitu, bukan berarti tempat wisata ini terabaikan. Pasalnya, alamnya masih sangat alami dan pengunjung juga tidak merusak tempat wisata tersebut.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan beberapa hari di sana, Anda bisa menginap di beberapa hotel di kota Tanjung Pandan. Tarif yang ditetapkan oleh masing-masing hotel juga berbeda-beda tergantung fasilitas yang didapatkan oleh para pengunjung.

Namun, ketika Anda mengunjungi danau yang indah ini, Anda tidak perlu khawatir membawa perbekalan dari rumah. Pasalnya, sudah ada beberapa penjual makanan yang berjualan sambil berjalan-jalan di sekitar danau.

Nah, itulah berbagai informasi terkait Danau Kaolin. Jadikan tempat wisata ini sebagai tempat referensi untuk dikunjungi selama liburan di Belitung.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button