Wisata Gili Ketapang - WisataHits
Jawa Timur

Wisata Gili Ketapang

Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu daerah di Jawa Timur dengan tempat wisata bahari yang keren lho. Hal ini didukung dengan lokasinya yang berada di pesisir selatan.

Salah satu yang menarik perhatian adalah Wisata Gili Ketapang. Gili Ketapang memiliki kesamaan dengan beberapa Gili di Lombok. Pemandangannya tak kalah indah dan menawan, apalagi saat senja. Pasir pantainya putih dan lembut, apalagi saat menyentuh kaki Anda.

Di sana kamu bisa bermain di pantai sampai puas. Selain itu, Anda juga bisa snorkeling. Nah jika Anda penasaran dengan Gili Ketapang, berikut informasi lengkapnya. Baca terus, yuk!

1. Lokasi Wisata Gili Ketapang

Wisata Gili Ketapang: Informasi Lokasi, Harga dan Aktivitas!Gili Ketapang, Probolinggo (instagram.com/zilva_ilpot)

Ketika membaca nama tempat tersebut, pasti terlintas di benak Anda, bukan? Gili Ketapang ada di Jawa Timur lho. Situs lengkapnya terletak di Desa Ketapang, Sumberasih, Probolinggo.

Jarak dari Surabaya ke Probolinggo sekitar 102 km. Butuh waktu sekitar 3 jam perjalanan untuk sampai ke sana dari Surabaya.

2. Rute Menuju Gili Ketapang

Wisata Gili Ketapang: Informasi Lokasi, Harga dan Aktivitas!Gili Ketapang, Probolinggo (instagram.com/yu.dooo)

Jika Anda datang dari luar kota, Anda bisa menuju terminal Bayuangga, Probolinggo. Dari terminal, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke utara melalui Jalan Bromo hingga mencapai Tugu Adipura Probolinggo.

Belok kanan dari tugu untuk menuju Jalan Soekarno-Hatta dan lurus saja hingga sampai di perempatan. Belok kiri ke Jalan Anggrek dan ikuti jalan sampai Anda mencapai pintu masuk Dermaga Probolinggo untuk transfer ke perahu.

Dari dermaga kamu akan dibawa ke Gili Ketapang yang berada di utara Probolinggo lho. Nah, untuk perjalanan lautnya sendiri membutuhkan waktu sekitar 45 hingga 1 jam perjalanan.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Terkenal di Probolinggo, Ada Museum Rasulullah!

3. Fasilitas dan Harga ke Gili Ketapang

Wisata Gili Ketapang: Informasi Lokasi, Harga dan Aktivitas!Gili Ketapang, Probolinggo (instagram.com/ahkyarsm_)

Jangan khawatir, Gili Ketapang sudah memiliki fasilitas yang memadai. Anda tidak perlu khawatir untuk sampai ke sana. Warung makan juga tersebar hampir di setiap tempat. Ada juga shelter, toilet dan berbagai tempat lainnya.

Untuk menuju ke sana, Anda akan dikenakan biaya transportasi sebesar Rp 10.000. Jadi sesampainya disana, akan ada pengeluaran yang berbeda-beda tergantung aktivitas yang kamu lakukan. Misalnya, Anda akan dikenakan biaya sekitar 100.000 rupee untuk snorkeling.

4. Aktivitas yang bisa kamu lakukan disana

Wisata Gili Ketapang: Informasi Lokasi, Harga dan Aktivitas!Gili Ketapang, Probolinggo (instagram.com/isnaini.fau)

Ada berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan di sana antara lain:

1. Snorkeling

Anda harus mencoba aktivitas ini. Pasalnya, daya tarik utama tempat ini adalah keindahan bawah lautnya. Ada banyak makhluk laut yang super imut dan keren.

Terumbu karang dengan ikan-ikan lucu dan menggemaskan akan memanjakan mata Anda, lho. Sampai saat itu, snorkeling wajib, ya!

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

2. Memancing

Buat kamu yang suka aktivitas memancing, jangan khawatir, Gili Ketapang juga menawarkan aktivitas ini lho. Anda bisa menyewa peralatan memancing yang tersedia lengkap.

Anda tidak hanya dapat menyewa peralatan memancing, tetapi juga perahu pribadi yang akan membawa Anda ke tempat-tempat menarik yang cocok untuk memancing. Bahkan, kegiatan ini juga sangat populer dan sering dilakukan oleh wisatawan yang datang.

3. Berjalan di sepanjang pantai

Nah, kegiatan ini wajib banget kamu lakukan. Gili Ketapang memiliki beberapa pantai dengan pantai yang indah dan menawan. Pasirnya putih dan lembut.

Ada juga beberapa spot menarik Instagramable. Pemandangannya indah. Suasananya sejuk dan nyaman. Buat dirimu nyaman, oke!

Bagaimanapun, Anda juga dapat menjelajahi keindahan unik gua kucing. Namun, ada seekor kucing raksasa di gua di tepi pantai yang masih menjadi misteri hingga sekarang. Gua kucing ini merupakan tugu peringatan Syech Maulana Ishaq.

5. Tips Berkunjung ke Gili Ketapang

Wisata Gili Ketapang: Informasi Lokasi, Harga dan Aktivitas!Gili Ketapang, Probolinggo (instagram.com/isnaini.fau)

Sebelum berangkat ke Gili Ketapang, ada baiknya Anda memperhatikan tips berikut ini:

1. Bawa tabir surya atau sunblock

Karena Gili Ketapang merupakan kawasan pantai yang panas. Untuk melindungi diri dari sengatan matahari, Anda harus membawa tabir surya. Tabir surya melindungi Anda dari efek sinar matahari.

Selain itu, Anda juga bisa membawa topi untuk melindungi bagian atas, terutama bagian kepala. Tidak baik, apakah Anda tiba-tiba pusing karena panas?

2. Bawa makanan dan obat-obatan

Meskipun ada banyak warung yang menjual makanan khas mereka. Tak ada salahnya, mereka juga membawa beberapa jajanan untuk disantap kapan saja. Bawalah air yang cukup saat menjelajahi Gili Ketapang. Jangan sampai dehidrasi dan kelaparan, oke?

Bawalah beberapa obat-obatan yang Anda perlukan. Kotak P3K berisi plester atau obat merah yang bisa Anda gunakan nanti. Atau krim untuk dioleskan pada luka.

3. Bawalah uang tunai saat Anda berkunjung

Gili Ketapang bukanlah tempat yang besar dengan berbagai fasilitas seperti ATM. Tentunya untuk memudahkan transaksi nantinya, uang tunai menjadi pilihan terbaik.

Jika Anda bisa, pecahkan uangnya sebelum Anda pergi. Jadi ketika Anda sampai di sana, Anda tidak perlu menukar uang.

4. Bersikap sopan dan santun

Nah, tips terakhir adalah selalu bersikap sopan dan santun. Tentu saja, meskipun status Anda adalah tamu, adalah tugas kita untuk menghargai apa yang ada agar kita juga dihormati.

Juga, menjaga kebersihan tempat wisata. Buanglah sampah pada tempatnya. Jika Anda menemukan sampah, meskipun itu bukan milik Anda, ambil dan buang pada tempatnya.

Gili Ketapang memiliki pesona tersendiri yang menakjubkan seperti melihat keindahan bawah laut yang mempesona. Anda tidak akan kecewa jika Anda datang ke sini!

Baca juga: 5 Fakta Ronggojalu, Danau Terjernih di Probolinggo

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button