Terlihat berbeda! Paralayang di Kulon Progo ini berkostum boneka - WisataHits
Yogyakarta

Terlihat berbeda! Paralayang di Kulon Progo ini berkostum boneka

Kulon Progo

Puluhan skydivers mengikuti festival paralayang di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Beberapa dari mereka memamerkan lompatannya dengan mengenakan kostum boneka.

Festival bertajuk Wisata Paralayang Girisembung ini digelar di Desa Banjarasri, Kapanewon Kalibawang, Kulon Progo pada Minggu (24/7.2022). Sebanyak 60 paraglider dari berbagai daerah di Indonesia ikut ambil bagian.

Dalam acara ini, peserta melompat dari Puncak Girisembung kemudian mendarat di Lapangan Banjarasri. Tak hanya sebagian peserta yang memamerkan kepiawaian paralayangnya, beberapa peserta tampil unik dengan berdandan seperti tokoh wayang, seperti Gatotkaca, Hanoman, Dewi Shinta hingga antek Punokawan.

Kepala Biro Pariwisata Kulon Progo Joko Mursito mengatakan, ini merupakan tahun kedua Kulon Progo menggelar festival paralayang. Kegiatan ini bertujuan untuk merevitalisasi industri pariwisata yang telah musnah akibat pandemi COVID-19.

Atlet paralayang di Kulon Progo berkostum boneka, Minggu (24/7.2022).Atlet paralayang di Kulon Progo berkostum boneka, Minggu (24/7.2022). Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng

“Ini tahun kedua. Kemarin (2021) kita melakukan assesment saat pandemi masih di tingkat PPKM, sekarang pandemi sudah mulai mereda, makanya kita perbanyak kegiatan kita sudah mengikutsertakan banyak orang dan kita berharap masyarakat ikut dalam arus tersebut, maka ekonomi akan membengkak,” kata Joko saat ditemui di sela acara, Minggu (24 Juli 2022).

“Dan ini salah satu jepretan kami untuk menyorot kunjungan wisatawan, menyoroti tempat wisata di Desa Wisata Banjarasri,” imbuhnya.

Soal kostum unik yang dikenakan para kontestan, Joko mengatakan itu sebenarnya permintaan dari pihaknya. Selain sebagai daya tarik acara, kehadiran atlet paralayang berpenampilan karakter wayang juga merupakan upaya untuk menampilkan kearifan lokal Jogja yang banyak dipengaruhi oleh budaya Jawa. Wayang sendiri merupakan salah satu kearifan lokal.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya…

Tonton video Cara Dispar Kulon Progo Jadikan Destinasi Mudah Diakses
[Gambas:Video 20detik]

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button