10 Destinasi Wisata Terpopuler di Kediri Yang Wajib Dikunjungi - WisataHits
wisatahits

10 Destinasi Wisata Terpopuler di Kediri Yang Wajib Dikunjungi

Kediri adalah bagian dari provinsi Jawa Timur yang terletak sekitar 130 kilometer barat daya Surabaya, ibu kota Jawa Timur.

Ada dua ciri geografis yang terkenal di Kediri, yaitu Sungai Brantas dan Gunung Kelud. Kediri dapat diakses dengan bus atau kereta api.

Untuk mulai mengunjungi Kediri, pengunjung bisa naik kereta api dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya atau Malang.

Sebagian besar masyarakat juga mengenal Kediri sebagai penghasil rokok terbesar di Indonesia. Selain itu, Kediri juga memiliki panorama alam yang sangat indah karena posisinya yang berada di kaki Gunung Kelud.

Ada juga banyak taman umum yang indah yang bisa dikunjungi di Kediri. Yuk simak apa saja hal menarik yang bisa kamu lakukan di Kediri.

Ini dia tempat wisata paling lucu di kediri

Tugu Gumul Simpang Lima

Wisata Monumen Kediri Simpang Lima Gumul

Monumen ini sangat mirip dengan Arc de Triomphe di Prancis. Namun, alasan mengapa walikota saat itu memilih formulir ini masih belum diketahui.

Selain itu, Tugu Simpang Lima Gumul mulai dibangun pada tahun 2003 dan selesai pada tahun 2008. Tingginya 25 meter, lebar 804 meter dan memiliki 3 anak tangga dengan panjang masing-masing 3 meter.

Angka-angka ini dipilih bukan tanpa alasan. Kediri lahir pada tanggal 25 Maret 804, sehingga angka-angka inilah yang dipilih untuk membangun monumen ini.

Tidak hanya sebagai dekorasi, monumen ini juga berfungsi sebagai ruang pertemuan, auditorium, dan juga aula serbaguna. Area di sekitar monumen selalu ramai di akhir pekan.

Mendaki Gunung Kelud

Mendaki Gunung Kelud

Gunung Kelud jelas sudah terkenal sebagai salah satu destinasi wisata alam di Kediri. Sudah tersedia jalur untuk mencapai puncak.

Dari tempat parkir, pengunjung dapat berjalan ke atas melalui terowongan. Tidak hanya mengamati kubah lava, pengunjung juga dapat menikmati pemandian air panas di lereng gunung.

Baru-baru ini, taman bunga baru saja ditata di rest area Mont Kelud. Taman ini memiliki landmark berupa patung berbentuk orang berkepala sapi.

Selain bunga, ada juga taman khusus untuk tanaman nanas dan taman bunga matahari. Untuk menikmati semua yang ada di kabupaten ini, Anda hanya perlu merogoh kocek antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

Mendaki Gunung Maskumambang

Mendaki Gunung Maskumambang

Gunung Maskumambang merupakan bagian dari Gunung Wilis yang terletak sekitar 300 meter di atas permukaan laut.

Jika Anda mendaki gunung ini dari barat, ada tangga yang akan membantu Anda mencapai puncak. Dari Timur, klem hanya tersedia di tengah jalan.

Di puncak Gunung Maskumambang terdapat makam Mbah Boncolono. Beliaru adalah pahlawan pada masa penjajahan. Saat mendaki gunung ini, Anda akan disuguhi pemandangan dan udara segar.

Jika cuaca cerah, Anda bisa melihat dengan jelas pemandangan kota Kediri. Jangan lupa untuk melewatkan wisata Kediri yang hits ini.

Kunjungan Dolo. Riam

Air Terjun Dolo

Perjalanan menuju air terjun Dolo dipenuhi dengan pemandangan yang indah. Di sebelah kanan, Anda dapat mengamati pemandangan hutan tropis yang lebat. Di sisi kiri air terjun, Anda bisa melihat pemandangan Gunung Wilis.

Air terjun Dolo sendiri terdiri dari tiga tingkat. Dua tingkat bawah masing-masing 4 meter, sedangkan yang atas sekitar 30 meter.

Aliran airnya tidak begitu kuat sehingga Anda bisa berenang di bawah air terjun.

Lebih baik mengunjungi tempat ini pada hari kerja karena tidak terlalu ramai. Untuk menikmati keindahan alam ini, Anda hanya perlu membayar Rp 3.000.000.

Air Terjun Irenggolo

Air Terjun Irenggolo

Tempat wisata ini terletak sekitar satu jam dari kota Kediri. Tapi jangan bayangkan perjalanan selama satu jam ini akan membosankan, karena ada banyak pemandangan yang akan Anda lihat di sepanjang jalan.

Selain itu, kesejukan khas pegunungan akan mulai terasa begitu Anda memasuki kawasan air terjun ini.

Air terjun ini terletak di kaki Gunung Wilis pada ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut.

Air terjun ini terlihat unik karena menyerupai tangga. Tingginya mencapai 80 meter.

Untuk masuk ke area ini, Anda hanya perlu membayar Rp 3.000. Anda bisa berkunjung dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore.

Gua Selomangleng

Gua Selomangleng

Nama gua ini berasal dari posisinya yang berada di sisi sebuah bukit. Pada umumnya goa ini terbentuk dari batuan andesit hitam berukuran besar, sehingga dapat terlihat jelas dari kejauhan.

Karena andesit bersifat kedap air, tidak ada stalaktit atau stalagmit yang ditemukan di dalam gua.

Dinding Gua Selomangleng dipenuhi dengan hiasan relief atau ukiran, namun arti dari semua relief tersebut masih belum diketahui. Salah satu relief yang paling jelas terlihat adalah penggambaran Dewi Kilisuci.

Anda dapat memasuki kawasan wisata ini hanya dengan 4.000 rupee.

Harga yang murah untuk menikmati peninggalan sejarah bukan? Ruang ini terbuka untuk umum dari pukul 8:00 hingga 21:00, sehingga Anda dapat menyesuaikan jadwal Anda dengan fleksibilitas penuh.

Gua Maria Pohsarang

10 Destinasi Wisata Di Kediri Yang Wajib Dikunjungi

Gua Maria Pohsarang mulai dibangun pada 11 Oktober 1998 sebagai tiruan dari gua Maria di Lourdes, Prancis. Ketinggian patung Bunda Maria di sini melebihi 3 meter.

Patung ini berukuran sangat besar karena menyesuaikan dengan ukuran gua yang mencapai 18 meter.

Bangunan dan taman di sekitar gua ditata dengan sangat bersih dan indah. Bangunan gereja yang ada juga sangat unik karena tidak ada dinding yang menutupinya.

Gereja ini dibatasi hanya dengan menggunakan pagar batu alam. Tapi ingat, ketika Anda mengunjungi tempat ini Anda tidak diperbolehkan makan karena tempat ini lebih khusus untuk ziarah.

Pulau surga Gumul

Pulau surga Gumul

Gumul Paradise Island adalah resor keluarga yang menawarkan berbagai permainan.

Di sini Anda bisa menemukan berbagai macam kolam, mulai dari balita hingga dewasa. Ada juga berbagai permainan keterampilan seperti Body Slide, stream pool dan Fun Boomerang.

Bagi Anda yang tidak menyukai permainan air, ada rumah hantu, studio seni 3D, dan flying fox.

Anda juga dapat menikmati fasilitas lengkap dari Gumul Paradise Island seperti kamar mandi, gazebo dan kafe.

Tempat wisata di Kediri ini termasuk salah satu yang paling nyaman.

Taman Mata Air Ubalan

Kunjungan ke mata air Ubalan

Taman Sumber Ubalan memiliki objek wisata yang terdiri dari hutan lindung dan mata air yang jernih. Suasana di sekitar mata air begitu sejuk.

Penduduk setempat percaya bahwa air yang berasal dari sini dapat memperpanjang umur dan membuat Anda awet muda. Karena pemandangannya yang indah, tempat ini bisa dijadikan salah satu tempat berburu di Kediri.

Ada juga banyak fasilitas yang bisa Anda temukan seperti kolam renang, sepeda air, taman bermain anak, restoran dan tempat perkemahan.

Ini adalah tempat yang ideal untuk perjalanan keluarga. Tiket masuknya juga sangat murah yaitu hanya 10.000 rupee.

Candi Surawana

Candi Surawana

Candi ini merupakan candi Hindu yang dibangun pada tahun 1390 sebagai tempat pemujaan Raja Bhre Wengker. Meski tidak terlalu besar, Anda bisa mempelajari nilai sejarah di sini secara gratis.

Baca juga: 50 Destinasi Wisata di Malang Untuk Kamu dan Dia

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button