10 Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia - WisataHits
Jawa Timur

10 Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia

Jakarta, Borneo24.com – Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan 18.330 pulau, 167 gunung berapi aktif dan tujuan wisata top dunia. Indonesia adalah tempat terbaik untuk hiking, snorkeling dan melihat berbagai macam flora dan fauna.

Indonesia juga memiliki komodo yang sangat langka. Laporan dari Touropia, Sabtu (25/11/2022), Indonesia memang keajaiban sekaligus keindahan yang tersembunyi. Jangan lewatkan destinasi wisata di Indonesia sebelum perjalanan Anda ke luar negeri.

Di bawah ini adalah destinasi terindah dan wisata di Indonesia:

1.Bali

Bali merupakan tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Bali memiliki kaleidoskop pantai yang indah, perbukitan vulkanik, sawah yang subur, dan ribuan pura di Indonesia.

Bali juga disebut pulau dewata, dengan keramahan manusia yang luar biasa. Anda tidak akan tersesat di Bali karena orang akan selalu membantu Anda.

2. Yogyakarta

Yogyakarta adalah kota yang ramai dengan sekitar 500.000 orang dan merupakan tujuan wisata paling populer di Jawa karena kedekatannya dengan candi Borobudur dan Prambanan yang terkenal. Kota ini juga merupakan pusat pendidikan dan kebudayaan.

Terletak di salah satu bagian paling aktif secara seismik di Jawa, Yogyakarta sering dilanda gempa bumi dan letusan gunung berapi. Namun, pada tahun 2006, gempa bumi menghancurkan lebih dari 300.000 rumah di Yogyakarta.

3. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo terkenal dengan nama reptilnya yaitu komodo. Hewan-hewan ini tersebar di 3 pulau utama, yaitu Komodo, Rinca dan Padar – serta gugusan pulau-pulau kecil, taman ini menawarkan suaka bagi makhluk mirip dinosaurus yang aneh.

Pemerintah Indonesia kini memperluas taman ini untuk melindungi semua ekosistem di darat dan laut. Ada beberapa spesies endemik, seperti tikus Rinca dan kelelawar buah, serta kuda liar, kera ekor panjang, kerbau, dan beberapa spesies ular berbahaya.

4.Lombok

Lombok dan Kepulauan Gili memiliki pantai yang indah. Anda juga dapat mengambil pelajaran selancar. Pantai di Lombok cenderung lebih sepi dibandingkan dengan Bali. Lombok terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang juga memiliki air terjun ajaib yaitu Air Terjun Tiu Kelep dengan pemandangan yang indah.

Biasanya, para backpacker berwisata ke Lombok untuk berpetualang. Ada juga kehidupan malam matahari terbenam yang fantastis di Kepulauan Gili, khususnya Gili Trawangan. Bagi Anda yang menyukai wisata budaya, Anda tidak akan kecewa dengan destinasi yang satu ini.

5. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Terselip di Jawa Timur, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah keajaiban kaldera vulkanik pasir halus. Nama objek wisata ini berasal dari perpaduan antara orang-orang Hindu Tengger dan dua gunung di taman – Gunung Bromo dan Gunung Semeru.

Sorotan dari kunjungan ke taman ini adalah kesempatan untuk mendaki gunung berapi saat matahari terbit.

Jika Anda ingin mendaki gunung berapi aktif ini, Anda memerlukan izin dari Otoritas Taman Nasional dan Anda hanya bisa mendaki jika gunung berapi tersebut tidak meletus.

6. Bukit Lawang

Bukit Lawang adalah sebuah desa kecil di sisi timur Taman Nasional Gunung Leuser, sekitar 90 kilometer barat laut Medan. Destinasi wisata ini terletak di provinsi Sumatera Utara. Bukit Lawang juga merupakan pusat rehabilitasi orangutan yang didirikan di sini pada tahun 1973.

Tujuan utamanya adalah untuk melestarikan populasi orangutan yang semakin berkurang akibat perburuan dan penggundulan hutan. Bukit Lawang juga merupakan tujuan populer untuk trek hutan berpemandu, kawasan ini juga merupakan pintu gerbang ke Taman Nasional Gunung Leuser.

7.Toraja

Juga disebut sebagai “Tanah Para Raja Surgawi”, Toraja terletak di dataran tinggi tengah yang subur di Sulawesi Selatan, Indonesia. Destinasi wisata ini memiliki hamparan sawah, puncak kapur dan perbukitan yang ditumbuhi bambu.

Sebagai rumah bagi masyarakat Toraja, yang beragama Kristen dan Animisme, Tana Toraja memiliki budaya menarik yang sebagian besar masih terlepas dari pengaruh Barat. Suku Toraja juga memiliki rumah beratap beratap besar yang dikenal sebagai tongkonan dan upacara penguburan yang spektakuler namun mengerikan.

Setelah kematian seseorang, jenazah disimpan selama beberapa tahun – hingga upacara pemakaman yang sebenarnya.

Pemakaman terbesar biasanya dilakukan selama musim kemarau di bulan Juli dan Agustus, tetapi ada penguburan sepanjang tahun. Menjelajahi Tana Toraja dengan pemandu lokal itu mahal tapi sepadan.

8. Pulau Flores

Pulau Flores di Indonesia berarti “bunga” dalam bahasa Portugis, sebuah nama yang berasal dari misionaris Eropa yang datang pada abad ke-16. Flores memiliki danau kawah yang menakjubkan di sekitar Gunung Kelimutu. Ada juga homestay desa tradisional di sekitar objek wisata. Danau tiga warna Kelimutu wajib dilihat dari puncak gunung berapi saat matahari terbit.

9. Taman Nasional Tanjung

Taman Nasional Puting Tanjung Puting adalah salah satu keajaiban alam dunia karena masih menampung populasi orangutan yang terancam punah – salah satu primata berambut jingga terakhir di bumi.

Terletak di hutan Kalimantan, Taman Nasional Tanjung Puting adalah pulau terbesar ketiga di dunia milik Indonesia, Malaysia dan Kesultanan Brunei.

Orangutan adalah daya tarik yang jelas, Anda juga dapat melihat bekantan berhidung aneh, macan dahan yang terancam punah dan lebih dari 200 spesies burung di tujuan wisata ini. Anda bisa berjalan dengan pemandu profesional atau naik perahu Klotok. Berwisata dengan alam di Indonesia memang sangat mengasyikkan.

10.Raja Ampat

Raja Ampat adalah salah satu tujuan menyelam paling spektakuler di Indonesia. Raja Ampat, yang berarti ‘Empat Raja’, terdiri dari empat pulau hutan besar yang dikelilingi oleh laguna berwarna biru kehijauan dan pantai berpohon palem berwarna putih mutiara – Waigeo, Salawati, Misool, dan Batanta – serta ribuan pulau kecil.

Kepulauan ini terkenal dengan kehidupan lautnya yang kaya dan terumbu karang bawah lautnya. Itu juga rumah bagi 75% dari semua spesies karang! Foto di bawah ini sangat indah. Kamu harus datang. (***)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button