Prioritaskan Pariwisata Berkelanjutan - Galamedia News - WisataHits
Jawa Tengah

Prioritaskan Pariwisata Berkelanjutan – Galamedia News

BERITA GALAMEDIA – Situasi aktual pariwisata domestik kontemporer dalam beberapa bulan terakhir masih dihiasi dengan fokus pada pemulihan pariwisata, terutama dengan mempromosikan wisatawan domestik sekaligus mempromosikan pemulihan kedatangan wisatawan asing.

Tidak dapat dipungkiri bahwa orang-orang berbondong-bondong ke suatu destinasi sehingga menyebabkan overtourism.

Kondisi ini merupakan ancaman nyata bagi keberlangsungan destinasi wisata, pencemaran lingkungan (penumpukan limbah padat dan cair dan lain-lain) hingga masalah sosial pelestarian budaya lokal akibat ulah wisatawan yang tidak bertanggung jawab.

Pariwisata yang baik adalah pariwisata yang mengutamakan aspek keberlanjutan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat (community quality of life) terutama secara bersama-sama, bukan sekelompok orang yang menikmati manfaat pariwisata saja.

Menurut UNWTO, pariwisata berkelanjutan adalah pariwisata yang mempertimbangkan dampak ekonomi, sosial dan lingkungan saat ini dan masa depan, memenuhi kebutuhan pengunjung, industri, lingkungan dan masyarakat lokal, dan dapat diterapkan pada semua bentuk kegiatan pariwisata di semua jenis destinasi wisata. , termasuk pariwisata massal dan berbagai jenis kegiatan wisata.

Baca Juga : LINK LIVE STREAMING PSIS Semarang vs RANS Nusantara FC Tonton Gratis Hanya Disini

Sektor pariwisata memiliki banyak interkoneksi, membuat industri ini padat karya, padat modal, dan bahkan padat teknologi. Diperkirakan 2028.

Jika Indonesia berhasil mengembangkan sektor pariwisata secara berkelanjutan dan inklusif, maka akan mampu meningkatkan jumlah kesempatan kerja bagi lebih dari 17 juta orang (Sumber: Kementerian Keuangan).

Karena pariwisata penuh dengan pelayanan, maka terjadi interaksi antar manusia, sehingga industri pariwisata juga dapat dikatakan sebagai kegiatan yang dapat menciptakan kemanusiaan yang adil dan beradab.

Source: galamedia.pikiran-rakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button