Penanganan material longsor ke wisata B-29 Lumajang telah selesai - WisataHits
Jawa Timur

Penanganan material longsor ke wisata B-29 Lumajang telah selesai

LUMAJANG, Jawa Timur (ANTARA) – Penanganan material longsoran yang mengarah ke objek wisata B-29 di Desa Argosari, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur telah selesai untuk memungkinkan akses jalan di desa setempat dapat dilalui kendaraan, baik dua arah. roda dan empat roda.

“Akses jalan Wisata B-29 di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang kini sudah bisa dilalui kembali karena sudah dibersihkan oleh Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (PUTR), BPBD, Polri dan dengan dukungan DAS Brantas. pusat,” ujarnya. Kepala Dinas Binamarga Biro PUTR Kabupaten Lumajang Heri Kurniawan saat dikonfirmasi melalui telepon, Kamis.

Dikatakannya, ada enam titik longsor yang sudah ditangani petugas, namun kondisi geografis menjadi salah satu faktor penghambat penanganan longsor.

“Kami menggunakan alat berat untuk membersihkan tanah longsor. Jalan tersebut sebenarnya merupakan pintu gerbang masyarakat baik ke kawasan pemukiman maupun objek wisata B-29,” katanya.

Dia mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat melintasi jalur rawan longsor, terutama saat hujan deras, meskipun akses jalan telah dibersihkan dari material longsor.

“Petugas berupaya mencegah agar longsor tidak terjadi lagi, tetapi juga karena kontur alam yang sudah seperti itu di sana, apalagi saat hujan deras, berpotensi terjadi longsor,” katanya.

Bencana longsor terjadi di lereng Gunung Semeru di Desa Argosari dan menuju objek wisata B-29 dan menuju Dusun Gedok di Desa Argosari, sehingga akses jalan menuju kawasan ini tidak dapat dilalui kendaraan karena telah tertutup oleh tanah longsor.

Sebanyak dua rumah milik Nesi dan Subandi rusak akibat longsor, sehingga BPBD Lumajang menyalurkan bantuan bantuan kepada warga yang terdampak longsor.

Source: jatim.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button