10 Destinasi Wisata di Cianjur Paling Banyak Dikunjungi dan Terkenal, Wajib Dikunjungi - WisataHits
wisatahits

10 Destinasi Wisata di Cianjur Paling Banyak Dikunjungi dan Terkenal, Wajib Dikunjungi

10 Destinasi Wisata di Cianjur Paling Banyak Dikunjungi dan Terkenal, Wajib Dikunjungi

Pemandangan & Tengara di Cianjur – Cianjur, Jawa Barat merupakan daerah yang bercirikan udara segar dan topografi alam yang dikelilingi pegunungan.

Tempat wisata Cianjur terkenal dengan pesona alamnya yang masih sangat terjaga. Jika Anda tidak tahu ingin berlibur ke mana bersama keluarga saat liburan panjang, maka Cianjur bisa menjadi pilihan yang tepat.

Rekomendasi destinasi wisata di Cianjur

Berikut ini Tempatwisataseru.com merangkum daftar rekomendasi tempat wisata di Cianjur yang paling menarik untuk dikunjungi saat liburan:

1. Cascade gelembung

Curug Ngebul di AntaranewsCurug Ngebul di Antaranews

Lokasi: Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran, Cianjur

Tempat wisata di Cianjur yang pertama adalah Curug Ngebul yang terletak di Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran, Cianjur. Air terjun ini sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin mengunjungi wisata alam yang masih mempertahankan karakter alamnya.

Curug Ngebul merupakan air terjun setinggi 100 meter yang dikelilingi tebing terjal. Pemandangan di sekitarnya juga sangat asri, dipenuhi pepohonan dan bunga yang tumbuh di sepanjang tepian aliran Curug Ngebul.

Banyak tempat menarik yang bisa kamu jelajahi untuk mendapatkan foto-foto indah di tempat wisata alam di Cianjur ini.

2. Kota Bunga

Little Venice, Kota Bunga, Puncak, BogorLittle Venice, Kota Bunga, Puncak, Bogor

Lokasi: Desa Sukanagalih, Pacet, Puncak, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berlibur ke luar negeri namun dengan budget yang ketat, Kota Kembang bisa memenuhi keinginan Anda. Kota Kembang merupakan tempat wisata di Cianjur yang menawarkan nuansa liburan dengan nuansa liburan ke luar negeri.

Di sini Anda dapat menemukan bangunan bergaya Eropa, Jepang, dan terkenal lainnya. Bangunan ini merupakan vila yang bisa Anda sewa, dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Salah satu hal yang paling menarik dari kota bunga ini adalah sebuah tempat bernama Little Venice yang merupakan replika kota Venesia (Venice), sebuah kota cantik di Italia.

Tempat ini didesain sedekat mungkin dengan lokasi aslinya, dengan perahu, sepeda air, perahu Mississippi, dan gondola yang menjadi ciri khas kota Venesia.

3. Situs Gunung Padang

Website Gunung Padang melalui DisbudbyjabargoidWebsite Gunung Padang melalui Disbudparjabar.go.id

Lokasi: Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Cianjur

Tempat wisata di Cianjur selanjutnya adalah situs Gunung Padang yang namanya kini sudah terkenal di berbagai belahan dunia. Situs Gunung Padang terletak di Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Cianjur.

Situs Gunung Padang merupakan situs peninggalan prasejarah berupa situs megalitik yang sebagian besar berupa punden berundak.

Situs purbakala ini memiliki luas 900 meter persegi yang berada di ketinggian 885 meter di atas permukaan laut di atas bukit. Berbagai fakta yang ditemukan peneliti menunjukkan bahwa situs ini sudah sangat tua, bahkan ada teori yang mengatakan bahwa situs ini lebih tua dari situs peradaban tertua di dunia yang ada di Mesopotamia.

Jika Anda tertarik dengan sejarah peradaban kuno, situs Gunung Padang di Cianjur wajib Anda kunjungi.

4. Kebun Raya Cibodas

Bersantai di Kebun Raya Cibodas via wirasetiawan29Bersantai di Kebun Raya Cibodas via wirasetiawan29

Lokasi: esa Rarahan, Kecamatan Cimacan, Cianjur

Bagi Anda yang berlibur bersama anak-anak, Kebun Raya Cibodas bisa Anda jadikan pilihan tujuan wisata selanjutnya. Kebun Raya Cibodas terletak di kawasan kompleks hutan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di kawasan Cipanas.

Di sini Anda bisa melihat berbagai spesies flora dari seluruh penjuru negeri. Setidaknya ada 1000 jenis tumbuhan yang bisa kamu jumpai dan beberapa di antaranya merupakan jenis tumbuhan langka yang hampir punah. Tempat ini juga sering dijadikan sebagai tujuan wisata edukasi bagi anak sekolah.

5. Taman Air Big Ben

Kolam Renang di Big Ben Cipanas Cianjur Water ParkKolam Renang di Big Ben Cipanas Cianjur Water Park

Lokasi: Jl. Mariwati No.78, Sindanglaya, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Tempat wisata di Cianjur selanjutnya adalah waterpark Big Ben yang terletak di kecamatan Kota Cipanas. Big Ben Waterpark merupakan wahana permainan air yang cocok untuk rekreasi keluarga.

Di dalamnya terdapat wahana air panas, ember terbalik, pendulum, dan yang paling unik adalah miniatur Big Ben (jam London raksasa) yang bisa Anda temukan di tempat ini.

Ada juga seluncuran yang memacu adrenalin, Anda bisa memainkannya bersama anak-anak Anda. Jika Anda senang bermain air dan berenang, disini juga terdapat ruang bilas berbentuk bus yang sangat unik.

Untuk bisa masuk dan menikmati semua wahana waterpark Big Ben, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 75.000 per orang.

Kunjungi juga: 13 Kolam Renang di Cianjur

6. Kompleks Kolam John’s Cianjur

Jhon's Cianjur Aquatic ResortJhon’s Cianjur Aquatic Resort vaia Denimulyanasasmita.blogspot.com

Lokasi: Jaga Hutan Kota Cianjur – Panembong, Jl.Desa Babakan Karet Jl.Kp. Pasir Tangkil, Babakankaret, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur

Tempat wisata di Cianjur lainnya yang memiliki wahana dan keistimewaan air yang wajib dilihat adalah Jhon’s Cianjur Aquatic Resort. Wisata buatan terletak di kawasan Panembong tepatnya di desa Babakan Karet desa Tangkil Cianjur.

Letaknya tidak jauh dari pusat kota Cianjur, dapat diakses dengan kendaraan pribadi. Di sini Anda bisa menikmati berbagai fasilitas lengkap mulai dari wahana outdoor, taman bermain anak, trampolin, ATV, hingga wahana paint ball.

Jika Anda tertarik untuk bermalam di sini, sudah disediakan fasilitas penginapan berupa villa dengan fasilitas yang cukup mewah.

7. Wisata Tirta Jangari

Wisata Tirta Jangari melalui IG @jangari17Wisata Tirta Jangari melalui IG @jangari17

Lokasi: i Desa Bobojong, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur

Mungkin anda pernah mendengar Wisata Waduk Cirata yang terletak di Desa Bojong. Nah di kawasan waduk ini terdapat tempat wisata yang cukup menarik yaitu Tirta Jangari Cianjur.

Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota, jika berangkat dari kota Cianjur hanya perlu berkendara sejauh 18 km. Tempat ini biasanya dijadikan tujuan wisata untuk menghabiskan waktu santai bersama keluarga.

Panorama alamnya yang asri dengan pemandangan waduk Cirata yang terbentang di kejauhan memberikan nuansa suasana yang tenang dan segar. Aneka kuliner khas Cianjur juga bisa Anda nikmati di restoran terapung di kawasan wisata Tirta Jangari Cianjur ini.

Anda bisa menikmati berbagai kuliner tradisional di restoran terapung dengan semilir angin yang sepoi-sepoi membuat santapan Anda semakin nikmat.

8. Perkemahan Bravo

Perkemahan BravoPerkemahan Bravo

Lokasi: Desa Mulyasari, Kecamatan Mande, Cianjur Selatan

Destinasi wisata di Cianjur yang juga menawarkan nuansa pegunungan adalah Bumi Perkemahan Bravo yang terletak di kecamatan Mande, tepatnya di desa Mulyasari, Cianjur selatan.

Meski disebut bumi perkemahan, tempat ini juga memiliki berbagai wahana dan kolam renang yang bisa Anda nikmati. Tempat ini biasanya ramai pengunjung pada akhir pekan.

Anda akan menemukan banyak pengunjung yang datang bersama keluarga untuk menghabiskan waktu liburan dengan berpiknik di sekitar area Bravo Camping Ground sambil menikmati kesegaran dan panorama alam yang sangat indah.

Periksa juga: 18 air terjun di Cianjur

9. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara melalui Kompas.comTaman Bunga Nusantara melalui Kompas.com

Lokasi: Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur

Bagi Anda yang ingin mencari spot foto dengan background taman bunga bertema Jepang, Taman Bunga Nusantara merupakan tempat wisata di Cianjur yang harus Anda datangi.

Taman ini terletak di desa Kawungluwuk, kecamatan Sukaresmi, Cianjur dengan luas lebih dari 35 hektar. Di dalamnya terdapat beberapa tempat yang didesain dengan tema unik, mulai dari taman Jepang, Eropa, hingga Prancis.

Anda bisa menghabiskan waktu sepuasnya untuk berfoto dengan latar belakang gaya taman yang unik ini. Karena area taman terlalu luas untuk dijelajahi dengan berjalan kaki, Anda bisa menyewa kendaraan taman yang telah disediakan, seperti mobil perang-wiri, kereta api dotto, dan trem taman.

10. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Jembatan Gantung Situgunung di Taman Nasional Gunung Gede PangrangoJembatan Gantung Situgunung di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango via Kompas

Lokasi: Bogor, Cianjur dan Sukabumi

Tempat wisata di Cianjur yang terakhir adalah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Taman nasional ini sebenarnya meliputi tiga kabupaten besar di Jawa Barat, yaitu Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di tempat ini.

Khusus bagi Anda para pendaki, mungkin bisa mencoba menaklukan puncak Gunung Gede untuk melihat bunga Edelweiss yang melegenda tumbuh di sepanjang jalur pendakian menuju puncak.

Tempat ini juga menjadi tempat favorit untuk berkemah, kondisi alamnya yang masih alami dan udaranya yang segar akan memberikan pengalaman berkemah yang sangat berkesan.

* * * * *

Demikian ulasan singkat kami mengenai beberapa tempat wisata di Cianjur yang bisa dijadikan tujuan liburan anda selanjutnya. Selain wisata alam, Cianjur juga terkenal dengan wisata kulinernya antara lain laksa Cianjur, geco dan asinan buah.

Semua makanan ini bisa Anda temukan dengan mudah di Cianjur. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah pemahaman Anda tentang kekayaan yang ada di Cianjur dan sekitarnya. Selamat berlibur.

Kunjungi juga: 28 Tempat Makan di Cianjur

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button