10 Destinasi Wisata Alam di Sumedang yang Paling Banyak Dikunjungi dan Instagrammable! - WisataHits
wisatahits

10 Destinasi Wisata Alam di Sumedang yang Paling Banyak Dikunjungi dan Instagrammable!

10 Destinasi Wisata Alam di Sumedang yang Paling Banyak Dikunjungi dan Instagrammable!

Referensi Tempat Wisata Alam di Sumedang

Tempat wisata alam di Sumedang bisa dikatakan cukup lengkap, jika anda berlibur ke Sumedang, ada banyak sekali pilihan destinasi wisata alam yang bisa dijadikan tujuan berlibur. Pada kesempatan ini Tempat wisata yang seru akan memberikan 10 rekomendasi tempat wisata di Sumedang terpopuler yang wajib dikunjungi.

1. Puncak Gunung Tampomas

Pendakian Gunung Tampomas, SumedangPendakian Gunung Tampomas, Sumedang

Lokasi: Kabupaten Sumedang

Tempat wisata alam di Sumedang yang pertama adalah puncak Gunung Tampomas yang terletak di bagian utara Sumedang. Gunung Tampomas memiliki luas 1.250 hektar yang membentang di 3 kecamatan mulai dari kecamatan Cimalaka, Pases dan Tanjungkerta.

Keindahan gunung ini ada di puncaknya, untuk itu Anda harus mendaki terlebih dahulu. Saat sampai di puncak, Anda akan disambut oleh pemandangan seluruh kota Sumedang, deretan perbukitan dan hutan hijau. Di puncak ini Anda juga bisa melihat kawah dan bongkahan batu besar yang dihasilkan dari aktivitas Gunung Tampomas di masa lalu.

2. Bendungan Waduk Jati Gede

Bendungan Waduk JatigedeBendungan Waduk Jatigede

Lokasi: Kecamatan Jatigede, Sumedang

Juga ada Bendungan Waduk Jati Gede yang berada di kawasan Waduk Gede Sumedang. Bendungan ini awalnya bukan tempat wisata, namun karena letaknya yang strategis dan pemandangannya yang indah, banyak anak muda yang memanfaatkan tempat ini sebagai tempat untuk bertemu dan berfoto.

Kemudian wisatawan mulai berdatangan, sampai saat ini tempat ini menjadi sangat populer sebagai salah satu tujuan wisata yang menarik di Sumedang.

Karena belum ada yang mengelola tempat ini sebagai tempat wisata resmi, Anda bisa mengunjungi tempat ini tanpa membayar tiket masuk alias gratis.

3. Bukit Panorama Jatinagor (Wisata Gunung Batu)

Bukit Panorama Jatinagor melalui YoutubeBukit Panorama Jatinagor melalui Youtube

Lokasi: Jalan Pamegarsari, Kecamatan Tanjungsari, Sumedang

Bukit Panorama Jatinangor merupakan salah satu tempat wisata alam di Sumedang yang populer akhir-akhir ini. Tempat ini sempat menjadi trending perbincangan di media sosial berkat pemandangannya yang sangat indah.

Salah satu tempat terbaik disini adalah menara observasi yang berada di atas bukit, dari sini anda bisa menikmati pemandangan kawasan Jatinangor dan Cileunyi, di sebelah barat anda bisa melihat hamparan persawahan dan perbukitan yang sangat indah. Tempat ini merupakan spot foto terbaik di Sumedang.

4. Taman Berburu Gunung Masigit Kareumbi

Tempat Wisata Taman Berburu Masigit KareumbiTempat Wisata Taman Berburu Masigit Kareumbi

Lokasi: Kabupaten Bandung, Sumedang dan Garut

Tempat wisata alam di Sumedang selanjutnya adalah Taman Gunung Masigit Kareumbi Buru yang terletak di kawasan perbatasan dengan Kabupaten Bandung. Destinasi tunggal ini juga berkembang dalam beberapa tahun terakhir.

Salah satu daya tarik dari taman ini adalah adanya rumah pohon yang dibuat untuk para pengunjung, dari situ Anda bisa melihat pemandangan yang indah.

Taman Gunung Masigit juga menjadi habitat berbagai satwa yang dilindungi, jika beruntung bisa melihat mereka melintasi hutan. Tempat ini cocok bagi anda yang ingin merasakan udara segar dan suasana hutan yang tenang.

5. Situ Biru Cilembang

Obyek wisata Situ Cilembang di SumedangObyek wisata Situ Cilembang di Sumedang

Lokasi: Desa Hariang, Kec. Buahdua, Kab. Sumedang

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Situ Biru Cilembang yang berada di kecamatan Buahdua. Lokasi tempat wisata alam di Sumedang ini cukup tersembunyi tepatnya di kawasan Dusun Curug Desa Hariang.

Untuk menuju ke tempat di mana Anda harus trekking melewati kawasan hutan yang cukup lebat, pastikan kondisi fisik Anda dalam keadaan prima saat memutuskan untuk mengunjungi danau cantik ini.

Sesampainya di lokasi Situ Biru Cilembang, segala penat selama perjalanan akan terbayar lunas. Keindahan Situ Biru Cilembang dijamin membuat Anda sangat puas.

Airnya sangat jernih, Anda bahkan bisa melihat dasarnya. Ada banyak tempat yang bisa Anda jelajahi untuk mendapatkan foto bagus dengan kamera terbaik Anda.

Mungkin anda tidak tahan untuk berenang melihat airnya yang jernih dan sejuk, namun sayangnya air danau tersebut dijadikan sebagai sumber air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, sehingga anda tidak dapat berenang di dalamnya.

6. Hutan Pinus Cijambu Tanjungsari

Hutan Pinus Tanjungsari Cijambu via DetikHutan Pinus Tanjungsari Cijambu via Detik

Lokasi: puncak gunung di desa Cijambu, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Sumedang, Jawa Barat

Kawasan Wisata Hutan Pinus Tanjungsari Cijambu merupakan kawasan wisata alam baru di Sumedang yang baru dibuka beberapa tahun lalu. Tempat ini menawarkan panorama alam yang indah berupa hamparan hutan pinus di sepanjang kawasan Tanjungsari.

Tempat ini biasanya ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman. Aktivitas yang paling digemari adalah bersantai di atas hammock yang diikatkan pada pohon pinus di kawasan wisata Cijambu ini.

7. Dua Bukit Batu

Tempat Wisata Paralayang di Batu Dua Gunung LinggaTempat Wisata Paralayang di Batu Dua Gunung Lingga

Lokasi: Desa Linggajaya, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang

Tempat wisata di Sumedang selanjutnya adalah Bukit Batu Dua yang berada di Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang. Tempat ini juga menjadi salah satu tujuan wisata di Sumedang yang sangat populer belakangan ini.

Bukit Batu Dua merupakan kawasan wisata yang terletak di lereng Gunung Lingga. Daerahnya yang cukup tinggi membuat tempat ini menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan. Dari ketinggian tempat ini, Anda bisa melihat pemandangan kota Sumedang secara keseluruhan. Bagi Anda yang ingin berfoto, ada banyak tempat yang bisa Anda jelajahi di sini.

Selain itu, bagi Anda yang menyukai tantangan, Anda wajib mencoba olahraga paralayang yang bisa dilakukan dari puncak Bukit Batu Dua.

Anda dapat menyewa semua peralatan yang diperlukan untuk paralayang dari pengelola, pastikan Anda benar-benar siap melakukannya karena paraglider cukup untuk memompa adrenalin Anda. Jika ini merupakan pengalaman pertama Anda, bisa dipastikan pengalaman ini akan sangat berkesan.

8. Air Terjun Cinulang

Air Terjun Cinulang via Ig@jhe_ridzwan17Air Terjun Cinulang via Ig@jhe_ridzwan17

Lokasi: Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Perbatasan. Sumedang dan Kab. Bandung

Sumedang juga terkenal memiliki beberapa wisata alam berupa air terjun, salah satunya yang tidak boleh dilewatkan adalah Air Terjun Cinulang yang terletak di kawasan Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Sumedang.

Lokasinya berdekatan dengan Bandung. Air terjun ini cukup terkenal karena keindahannya yang cukup memukau. Letaknya yang bisa dibilang cukup tersembunyi membuat kealamian kawasan air terjun ini masih sangat terjaga.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan, seperti foto-foto, menjelajah sungai, berenang di kolam di bawah air terjun. Pastikan membawa baju ganti agar tidak pulang dalam keadaan basah kuyup.

9. Bukit Nangorak

Bukit Nangorak melalui KompasBukit Nangorak melalui Kompas

Lokasi: Dusun Nangorak, Desa Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang

Tempat wisata di Sumedang selanjutnya adalah Bukit Nangorak yang terletak di Desa Margamekar di Sumedang Selatan. Bukit Nangorak adalah tujuan wisata populer di Sumedang.

Awalnya Bukit Nangorak merupakan kawasan yang digunakan sebagai lahan untuk penerapan berbagai teknologi pertanian, namun karena tempat ini memiliki pesona tersendiri dari segi keindahan alam, belakangan tempat ini berubah menjadi tempat wisata yang populer bagi masyarakat, wisatawan, dan pecinta alam. yang mencintai berkemah.

Bukit Nangorak juga cukup mudah diakses, jalanannya cukup bagus untuk dikunjungi menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

10. Sabuk Curug

Curug Sabuk melalui IG @diablo_dabloCurug Sabuk melalui IG @diablo_dablo

Lokasi: Dusun Nangorak, Desa Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang

Tempat wisata di Sumedang yang terakhir adalah Air Terjun Sabuk yang terletak di kawasan Dusun Nangorak, Desa Margamekar, Sumedang Selatan. Air terjun ini letaknya cukup tersembunyi di bawah kaki Gunung Kareumbi.

Untuk mencapai lokasi air terjun ini, Anda harus melewati hutan dan beberapa jalur di lereng gunung yang cukup terjal. Perjalanan menuju air terjun ini cukup sulit dan melelahkan, anda harus berjalan kaki selama 3 jam sebelum bisa sampai ke lokasi air terjun. Namun semua itu sepadan dengan keindahan yang akan Anda jumpai saat tiba di lokasi air terjun sabuk ini.

Air Terjun Sabuk memiliki keindahan yang masih sangat terjaga, seolah belum pernah dijamah oleh manusia. Air terjun ini memiliki curahan air yang sangat deras, terbagi menjadi 6 pancuran berjenjang.

Level tertinggi tingginya mencapai 70 meter. Akibat derasnya deburan air yang jatuh, terkadang udara di sekitar air terjun menjadi lembab dan tertutup embun.

Periksa secara lengkap: 12 air terjun di Sumedang

* * * * *

Nah berikut beberapa tempat wisata di Sumedang yang bisa anda kunjungi bersama teman atau kerabat anda. Jangan lupa jelajahi kuliner Sumedang selama berlibur. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur. Berbahagialah !!

Kunjungi juga: 16 Tempat Makan di Sumedang

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button