Membantu homestay Paguyuban Kamojang, tim fakultas Telkom University untuk melamar - WisataHits
Jawa Barat

Membantu homestay Paguyuban Kamojang, tim fakultas Telkom University untuk melamar

TEMPO.CO, bandung – Tim fakultas lintas jurusan Telkom University Bandung mendukung pengembangan Komunitas Homestay Kamojang melalui pelatihan dan pengembangan aplikasi. Tujuannya adalah untuk memulai kegiatan organisasi pemilik homestay di Dusun Kamojang, Desa Laksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung.

Aplikasi yang diberi nama U-Homestay ini telah diuji coba untuk meningkatkan fungsinya. Menurut dosen D-3 Rekayasa Perangkat Lunak Fakultas Ilmu Terapan, Hetti Hidayati, uji coba ini bertujuan agar aplikasi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Anggota baru-baru ini menanggapi desain aplikasi. “Termasuk ketua asosiasi untuk penyempurnaan aplikasi,” kata Hetti dalam keterangan tertulis dari Telekom University, Selasa, 4 Oktober 2022.

Permohonan itu dibuat berdasarkan survei sebelumnya di antara para anggota asosiasi. Tim juga merancang aplikasi untuk digunakan di tempat lain.

Selain aplikasi, dosen lain dari program studi S-1 Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis yaitu Majidah dan Cahyaningsih terlibat dalam penelitian terapan. Mereka menawarkan pelatihan dan dukungan di bidang tata kelola masyarakat dan literasi keuangan. Hasilnya adalah terciptanya anggaran dasar dan tata tertib serta struktur perhimpunan.

Pembentukan paguyuban tersebut merupakan sarana koordinasi antar pemilik homestay di Kamojang untuk mengatasi berbagai permasalahan dalam pengelolaan usaha homestay. Fungsi lainnya adalah untuk mendukung pengembangan pariwisata di desa Laksana untuk meminimalisir persaingan usaha dan mengembangkan usaha patungan.

Keberadaan shelter di Kamojang sudah muncul sejak 2018, yang digagas oleh perusahaan energi panas bumi di kawasan tersebut. Saat itu ada sepuluh rumah yang disiapkan oleh warga, namun baru pada tahun 2021 para tuan tanah mendirikan komunitas.

Mereka memudahkan wisatawan untuk tinggal lebih lama, karena desa Laksana memiliki beberapa tujuan wisata. Dibutuhkan lebih dari satu hari jika wisatawan ingin mengunjungi Kawah Kamojang, Wisata Panas Bumi, Konservasi Elang, Danau Ciharus dan Kawah Manuk.

Baca juga: Turis pesiar Prancis dan Inggris singgah di Jayapura

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button