Gardu Pandang Kaliurang Pandang, spot foto keren dengan pesona alam eksotis di Sleman - WisataHits
wisatahits

Gardu Pandang Kaliurang Pandang, spot foto keren dengan pesona alam eksotis di Sleman

Gardu Pandang Kaliurang Pandang, spot foto keren dengan pesona alam eksotis di Sleman
Harga tiket: Rp 25.000 Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pachem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Jogja sebagai daerah istimewa memiliki banyak tempat wisata alam yang cocok dijadikan sebagai tempat berlibur. Salah satu yang akan kita bahas kali ini adalah Tempat Pandang Kaliurang di Sleman, mungkin anda pernah mendengarnya. Sebagian dari Anda mungkin pernah mengunjungi dan menikmati semua objek wisata yang dimilikinya.

Seperti namanya, wisata berpemandu di Jogja ini tidak lepas dari pos pengamatan di mana Anda bisa mengamati aktivitas Gunung Merapi. Namun bukan hanya itu alasan pengunjung datang, ada atraksi lain yang menjadi milik mereka. Letaknya yang berada di lereng gunung menjadikan suasana segar, asri dan menawarkan pemandangan alam yang sangat indah.

Memang ada beberapa tempat wisata di lereng Merapi yang masing-masing memiliki pesona dan ciri khas tersendiri. Jika ingin melihat bentuk dan kontur Merapi yang khas, pos pengamatan adalah pilihan yang tepat. Selain itu, ada juga wahana permainan anak-anak sehingga cocok dikunjungi bersama keluarga.

Atraksi Gardu Pandang Kaliurang

Atraksi Gardu Pandang KaliurangKredit gambar: Google Maps Imam Malik

Gardu Induk Kaliurang Pandang memiliki berbagai daya tarik yang membuatnya banyak dikunjungi wisatawan. Sebelumnya, tempat ini tidak begitu dikenal karena apa yang ditawarkan kurang menarik. Namun, sejak Festival of Lights (FOL), sirkuit menawan ini semakin ramai dikunjungi karena atraksinya yang beragam.

1. Pemandangan alam yang indah

Tentu saja daya tarik utama dari wisata yang sukses ini adalah pemandangan alamnya yang indah. Letaknya yang berada di lereng gunung menambah keindahan alam yang dihadirkannya. Dalam perjalanan menuju tempat wisata ini, Anda juga akan melihat panorama menghijau dari semak belukar yang tumbuh subur menghiasi.

Di beberapa tempat terdapat tanaman hias, meski jumlahnya sedikit, namun keberadaannya semakin menambah keindahan panorama alam Gardu Induk Kaliurang Pandang. Sejauh mata memandang, yang terlihat hijau, tidak hanya semak belukar, tetapi juga rerumputan dan perdu. Lahan pertanian warga juga memberikan nuansa hijau yang menyegarkan.

Deretan perbukitan semakin memperindah suasana, mengunjungi tempat ini dijamin tidak akan membosankan. Belum lagi view Gunung Merapi yang menjadi view utama. Jaraknya yang tidak terlalu jauh membuat gunung ini begitu besar, garis luarnya sangat jelas.

2. Sudut pandang

Daya tarik Gardu Induk Kaliurang Pandang tidak lepas dari namanya sendiri. Di sini terdapat empat pos pengamatan yang fungsi utamanya mengamati aktivitas Gunung Merapi. Namun karena dijadikan sebagai tempat wisata, wisatawan pun memanfaatkannya untuk melihat pemandangan alam yang indah di sekitarnya.

Ketinggian pos pengamatan ini bervariasi, namun semuanya mencapai puluhan meter dengan arah pengamatan yang hampir sama. Semuanya menunjukkan kemegahan Gunung Merapi, serta pemandangan alam yang mengelilinginya. Karena digunakan untuk mengamati aktivitas gunung, setiap pos pengamatan dilengkapi dengan teropong.

Pengunjung bebas menggunakan teropong ini untuk mengamati aktivitas gunung dan menikmati pemandangan sekitar. Dengan teropong, Gunung Merapi terlihat lebih dekat dan semua konturnya sangat jelas. Sebut saja kubah yang merupakan tempat pertama keluarnya lahar pijar dari dalam perut gunung.

3. Taman Lampion Kaliurang

Meski tidak berlangsung setiap hari, Taman Lentera bisa dianggap sebagai salah satu daya tarik dari sudut pandang Kaliurang. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tempat ini tidak terlalu populer sebelum festival. Dalam setahun berlangsung dua kali yaitu pada akhir tahun dan pada hari libur nasional.

Seperti namanya, Lantern Park menampilkan banyak karya seni yang terbuat dari lampion. Ada banyak sekali bentuk yang dibuat, semuanya unik dan membuat setiap pengunjung ingin mengabadikan momen tersebut. Misalnya bunga raksasa yang dilengkapi dengan daun dan batang yang terbuat dari gugusan lampu-lampu indah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Gardu Pandang KaliurangKredit gambar: Google Maps Sinung Baskoro

Gardu Pandang Kaliurang terletak di lereng Merapi, namun tetap mudah diakses karena strategis. Ada banyak objek wisata di sekitarnya, jadi menemukannya tidaklah sulit. Alamat lengkapnya di Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Jarak tempuh dari pusat kota Jogja cukup jauh, sekitar 40 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam 15 menit. Sedangkan dari Alun-alun Sleman hanya membutuhkan waktu 40 menit untuk menempuh jarak 20 kilometer. Dari mana pun Anda berasal, silakan gunakan Jalan Boyong sebagai referensi utama Anda.

Lanjutkan perjalanan ke Jalan Astorenggo, Anda akan menemukan banyak tempat wisata di perjalanan ini. Sebut saja Kebun Binatang Interaktif Suraloka, Taman Merapi, Museum Ullen Sentalu dan masih banyak lagi. Tetap ikuti jalan utama, ada petunjuk arah yang disediakan sampai tiba di lokasi.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Untuk menikmati semua keindahan milik Gardu Pandang Kaliurang ini, Anda perlu membayar tiket masuk terlebih dahulu. Tidak terlalu mahal, bahkan bisa dibilang sangat murah. Wisata indah di Sleman ini hanya mengharuskan pengunjung membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

Memang ada biaya tambahan lain yang harus dibayar jika Anda datang dengan kendaraan pribadi. Biaya yang disebutkan untuk biaya parkir adalah 5000 untuk mobil dan 2000 untuk yang membawa sepeda motor. Harga di atas berlaku untuk weekdays, kecuali pada saat ada festival cahaya yang diadakan setiap dua tahun sekali.

Jika tidak berubah, harga tiket masuk Gardu Pandang Kaliurang Pandang selama festival adalah Rp 25.000 pada hari aktif dan Rp 30.000 jika datang berlibur. Wisata alam ini buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 17:00 WIB. Namun akan lebih baik jika anda datang pada pagi hari karena suasananya lebih alami dan pepohonan masih terlihat hijau segar.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Gardu Pandang Kaliurang

Aktivitas menarik di Gardu Pandang KaliurangKredit gambar: Google Maps Ronald Gerry

Tak bisa dipungkiri, mengunjungi sebuah sirkuit akan semakin menarik jika banyak hal yang bisa dilakukan. Walaupun kali ini bukan naik wahana, tapi ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan, berikut beberapa contohnya!

1. Amati Gunung Merapi

Aktivitas pertama yang bisa dilakukan di Gardu Pandang Kaliurang adalah pengamatan Gunung Merapi. Hampir semua wisatawan melakukan kegiatan ini karena merupakan hal yang utama. Dengan teropong, gunung berapi aktif di Indonesia ini terlihat sangat jelas. Pesonanya semakin indah ketika deretan perbukitan mengiringi ketinggiannya.

2. Bersantai sambil menikmati pemandangan alam

Kemudian Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Anda tentu tidak akan melihat fenomena hijau di perkotaan, karena biasanya didominasi oleh gedung-gedung tinggi. Keindahan alam ini semakin didukung dengan suasana alam yang asri dan udara yang segar.

3. Bermain di wahana

Memang tidak banyak permainan di Gardu Pandang Kaliurang Pandang, namun bukan berarti tidak ada. Salah satu yang bisa Anda temukan di sini adalah bianglala. Jalan kaki ini cocok karena pemandangan alam dan kegagahan Gunung Merapi semakin terlihat saat gondola berbelok di puncak.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Instalasi Gardu Pandang KaliurangKredit gambar: Google Maps Dewi Fortuna

Seperti halnya wisata pada umumnya, fasilitas penunjang juga tersedia di sini untuk membuat pengunjung semakin nyaman. Fasilitas pertama yang bisa langsung Anda gunakan saat tiba di lokasi adalah tempat parkir. Selain itu, tersedia pula toilet bagi yang ingin membersihkan diri, musala untuk tempat ibadah dan warung bagi wisatawan yang ingin mencicipi kuliner lokal.

Jogja tidak hanya dikenal sebagai kota pelajar, atau juga sebagai daerah istimewa. Apalagi kota yang juga disebut Yogyakarta ini juga terkenal di bidang pariwisata. Gardu Pandang Kaliurang hanyalah salah satunya yang memiliki pemandangan indah Gunung Merapi dan objek wisata lain yang dimilikinya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button