Wisata di Alun-Alun Kidul Surakarta Banyak wahana unik - WisataHits
wisatahits

Wisata di Alun-Alun Kidul Surakarta Banyak wahana unik

Biaya masuk Alun-alun Selatan Surakarta: GratisJam buka: 24 jamTidak. Panggilan: Alamat: Pasarkilwon, Jalan Gading Gajahan, Ps.Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia, 57144

Alun-alun Selatan Surakarta merupakan kawasan terbuka hijau di Kota Surakarta. Kawasan ini sudah ada sejak tahun 1744 di bawah pemerintahan Susuhan Pakubuwono. Ukuran tempatnya cukup luas, mencapai 3 hektar berupa lapangan yang ditumbuhi rerumputan hijau.

Di sini, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seperti piknik, olahraga, atau sekedar bersantai. Kemudian anda juga bisa memberi makan kerbau bule yang merupakan hewan keramat. Selain itu, di sekitarnya banyak ditumbuhi pepohonan rindang yang membuat udara lebih sejuk. Pada malam hari, pengunjung akan disuguhi berbagai wisata kuliner.

Harga Tiket Alun-alun Kidul Surakarta

Siapapun bisa mengunjungi Alun-alun Kidul Surakarta dengan gratis. Karena pihak pengelola tidak memungut biaya tiket masuk kepada pengunjung. Setiap orang bebas masuk dan keluar tanpa membayar biaya.

Harga Tiket Alun-alun Kidul Surakarta
Tiket masuk Gratis

Baca: 5 Daya Tarik Pasar Malam Ngarsopuro Surakarta

Jam buka

Area ini selalu buka setiap hari dan tidak pernah tutup.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Objek Wisata Alun-alun Selatan Surakarta

Setiap harinya, kawasan Alun-alun Kidul selalu ramai dengan wisata. Sebagian besar penduduk lokal yang tinggal di sekitar tempat itu. Tak heran jika banyak yang tertarik untuk mengunjunginya karena alun-alun ini memiliki keunikan tersendiri. Diantaranya adalah kuliner, komidi putar untuk permainan, andong, gerbong kereta dan kerbau bule.

Wisata kuliner

Alun-alun Kidul Surakarta terkenal dengan wisata kulinernya yang unik. Bisa dibilang kawasan ini merupakan pusat kuliner di kota Solo. Di sepanjang jalan utama Anda akan melihat barisan pedagang kaki lima yang sibuk menjajakan dagangannya. Untuk harganya sendiri sangat terjangkau dan tidak menguras kantong anda.

Salah satu menu yang selalu di incar adalah Sop Matahari. Makanan ini merupakan makanan tradisional legendaris Surakarta. Alasannya disebut Sun Soup karena penyajiannya menyerupai bunga matahari yang sedang mekar. Lengkap dengan lima daun kekuningan.

Bahan Sup Matahari mengandung lebih banyak sayuran. Terdiri dari wortel, kentang, jamur tiram dan jagung. Kemudian bahan lainnya adalah telur orak-arik dan ayam.

Baca: Tiket & Pesona Keraton Surakarta Hadiningrat

Dipasang

Bianglala di Alun-alun Selatan Surakarta.Alun-alun Kidul Surakarta sering mengadakan event pasar populer dengan menampilkan wahana permainan pasar malam seperti Bianglala, Kora-kora, wahana dan masih banyak lagi. Foto: Googlemap/Krismona Dewi Arini

Selain wisata kuliner, ada juga sejumlah wahana seru untuk semua kalangan. Diantaranya ada kincir ria, komidi putar, kora-kora dan masih banyak lagi lainnya. Meski tidak semua wahana tersebut bisa dinikmati setiap hari. Hanya pada saat event-event tertentu seperti pasar UMKM Solo Raya yang populer.

Biasanya, acara pasar populer berlangsung pada malam hari dengan jangka waktu sekitar satu bulan. Selama periode ini, pengunjung alun-alun dapat mencoba wahana sebanyak yang diinginkan. Dari level biasa hingga yang paling ekstrim. Namun dari semua wahana yang paling dinikmati pengunjung adalah bianglala.

Bianglala adalah kincir angin raksasa berbentuk lingkaran. Di setiap sisi, 14 gondola berfungsi sebagai tempat duduk. Kendaraan ini bergerak di sekitar sumbu searah jarum jam. Berjalan melewatinya, pengunjung bisa melihat keindahan kota Surakarta dari ketinggian.

Baca: Tiket dan Atraksi THE HERITAGE PALACE

Andong naik

Ibu dan anak naik kereta kuda di Alun-alun Selatan Surakarta. Naik kereta kuda mengelilingi area alun-alun. Foto: Googlemap/Yoyok RPHM

Jika Anda berkunjung ke Alun-alun Kidul Surakarta, jangan lupa untuk naik kereta kuda. Alat transportasi tradisional berupa kereta api roda 2. Untuk mengoperasikan gerobak membutuhkan tenaga untuk menarik gerobak. Dan juga kusir yang bertugas mengarahkan pacuan kuda.

Naik kereta kuda, pengunjung tidak perlu lelah berjalan untuk menjelajahi Alum-alun. Yang harus Anda lakukan hanyalah duduk nyaman di atas kereta sambil mengagumi keindahan alam sekitar. Bahkan pengunjung juga akan dipersilakan untuk mengunjungi kompleks keraton. Menariknya, kawasan tersebut dipenuhi pepohonan rindang yang sangat lebat.

Baca: Wisata Belanja & Kuliner PASAR KLEWER

kereta api bersejarah

Alun-alun Kidul Surakarta memiliki 2 gerbong bersejarah. Kereta pertama digunakan untuk mengangkut jenazah Pakubuwono X. Sedangkan kereta kedua hanyalah kereta api biasa sebagai kendaraan pelayat. Meski sudah cukup tua, bentuk aslinya masih dipertahankan sampai sekarang.

Pengunjung dapat menemukan dua kereta api bersejarah tersebut di sekitar kawasan Sitihinggil. Tepatnya di pintu masuk kawasan keraton. Mobil jenazah terletak di sisi timur. Sedangkan kereta lainnya berada di sisi barat pintu masuk.

Baca: Tiket & Atraksi Solo TAMAN BALEKAMBANG

Kerbau Kaukasia

Kerbau Kaukasia makan rumput.Kerbau bule yang dikeramatkan oleh warga setempat. Foto: Googlemap/Supri Yanto

Di sekitar Alum-alun terdapat kandang khusus berisi kerbau bule. Salah satu koleksi satwa pusaka milik Keraton Surakarta. Bentuk hewan ini tidak jauh berbeda dengan kerbau pada umumnya. Namun yang membedakan adalah kulitnya yang putih.

Di sini, turis tidak hanya melihat bison dari dekat. Tapi Anda juga bisa memberinya makan dengan kangkung yang dijual oleh pedagang lokal. Satu paket, pengunjung hanya perlu membayar Rp 2.500. Tidak perlu takut, karena kerbau jinak dan mudah beradaptasi.

Penduduk setempat percaya bahwa kerbau bule adalah perwujudan orang suci. Bahkan kotoran dianggap membawa berkah dalam hidup. Jadi setiap masuk 1 suro, kerbau akan dimandikan di air khusus. Setelah itu, pihak istana mengeluarkannya dari kandang dan mengikuti tradisi karnaval pusaka.

Meredakan

Meski masuk ke alun-alun gratis, fasilitas umumnya cukup memadai. Manajemen merencanakan tempat parkir, deretan warung makan, dan kemudian masjid di alun-alun.

Lokasi Alun-alun Selatan Surakarta

Taman kota ini terletak di Pasarkilwon, Jalan Gading Gajahan, Kecamatan Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Alun-alun ini masih menjadi bagian dari kompleks keraton Surakarta Hadiningrat Kasunan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button