Yoarmed 11 prajurit Kostrad membangun jalur evakuasi dan gunung hijau Telomoyo - WisataHits
Jawa Tengah

Yoarmed 11 prajurit Kostrad membangun jalur evakuasi dan gunung hijau Telomoyo

MAGELANG JAWA TENGAH, Suara Warga – Pengembangan wilayah (Binter) Yonarmed 11 Kostrad masih berlanjut di objek wisata Gunung Telomoyo, Dusun Dalangan, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Usai membersihkan kawasan wisata dan membantu renovasi masjid, kini ia membangun jalur evakuasi dan penghijauan Gunung Telomoyo dengan menanam bibit pohon resapan mata air pada Jumat (12/8/2022).

Semangat mempercantik Gunung Telomoyo sebagai destinasi wisata unggulan menjadi prioritas Yonarmed 11 Kostrad Guntur Geni. 77 bibit pohon dari berbagai jenis ditanam dalam penghijauan di tempat wisata alam ini, jumlah ini sejalan dengan peringatan 77 tahun kemerdekaan Indonesia pada tahun 2022.

Untuk melestarikan mata air, Prajurit Yonarmed 11 Kostrad menanam bibit dari pohon-pohon yang menangkap dan menyimpan air, seperti bibit pohon beringin, aren, dan trembesi. (Foto: Ivan SJ)

Sebelum memulai kegiatan, Danyonarmed 11 Kostrad Mayor Arm Gde Adhy Surya Mahendra, SIPem mengatakan bibit pohon yang ditanam adalah pohon yang mampu menyerap dan menyimpan air. Sehingga diharapkan tidak terjadi kekeringan di tempat ini saat musim kemarau.

“Seperti bibit pohon beringin, aren dan trembesi. Kami berharap pertumbuhan yang baik dapat menangkap air hujan, menyerap dan menyimpan cadangan air. Sehingga mata air di Gunung Telomoyo tetap mengalir meski musim kemarau,” kata Mayor Gde Adhy.

Prajurit Guntur Geni tidak hanya menanam bibit pohon tetapi juga membangun jalur evakuasi untuk menghindari kecelakaan bagi wisatawan yang berkunjung. Kegiatan tersebut dilakukan bersama warga sekitar dengan semangat gotong royong.

“Kerja sama gotong royong dengan masyarakat sekitar merupakan bentuk kepedulian unit Yoarmed 11 Kostrad dalam mendukung dan melindungi wilayah desa binaan,” kata Danyonarmed.

Mayor Arm Gde Adhy Surya Mahendra mengungkapkan, pihaknya selalu mendukung dan membantu masyarakat di desa-desa binaan. Tentunya dengan program-program Binter yang kreatif, inovatif dan bisa diimplementasikan bersama.

“Semoga dengan penanaman bibit pohon resapan air dan membantu masyarakat desa membuat jalur evakuasi, objek wisata di Gunung Telomoyo ini menjadikan objek wisata di Gunung Telomoyo bersih, asri dan nyaman bagi pengunjung. Kami mendukung semaksimal mungkin untuk menjadikan wisata alam Gunung Telomoyo sebagai destinasi wisata unggulan di Kabupaten Magelang,” tutup Mayor Arm Gde Adhy Surya Mahendra. (Ivan)

Dapatkan update berita pilihan dari Suarajelata.com setiap hari.

Jom join group telegram “voice.com News Update” caranya klik link lalu join.

Source: suarajelata.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button