Wow! Di tengah laut merupakan rest area pertama di Indonesia - WisataHits
Jawa Tengah

Wow! Di tengah laut merupakan rest area pertama di Indonesia

Wow!  Di tengah laut merupakan rest area pertama di Indonesia

Tangerangraya.id – Seiring dengan pembangunan jalan tol Semarang Demak, juga dibangun infrastruktur pendukung lainnya seperti tempat peristirahatan.

Berbicara mengenai rest area, Tol Semarang Demak memiliki rest area yang merupakan rest area pertama di Indonesia yang berada di tengah laut.

Rest area seluas 8 hektar ini berada di pesisir utara Pulau Jawa tepatnya di KM 5,5 ruas Kaligawe Sayung yang merupakan bagian dari Tol Semarang Demak Seksi 1.

Rest Area Tol Semarang Demak tidak akan menjadi rest area biasa, melainkan akan terintegrasi dengan konsep wisata bahari.

Baca Juga: Mengenal Fungsi Rest Area dan Top 5 Rest Area di Jalan Tol Trans Jawa

Selain memiliki rest area pertama di Indonesia yang berada di tengah laut, Tol Semarang Demak juga menjadi jalan tol pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan bendungan.

Diharapkan dengan dibangunnya jalan tol terpadu tanggul tersebut, permasalahan banjir rob di Semarang Timur khususnya di Kaligawe dan Sayung yang menimbulkan kerugian ekonomi yang cukup besar dapat teratasi pada akhir tahun 2023 dengan dibangunnya tanggul dengan hingga empat lapis tailing dan pengoperasian rumah pompa di Rutan Terboyo dan Sriwulan.

Jalan Tol Semarang Demak memiliki panjang 26,95 kilometer yang dibangun di bawah program Kerjasama Badan Usaha dengan Pemerintah (KPBU) dalam dua seksi, yaitu Seksi 1 seksi Kaligawe Sayung Semarang sepanjang 10,64 kilometer, merupakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). kebutuhan Rp 10 triliun.

Sedangkan Seksi 2 Seksi Sayung Demak sepanjang 16,31 kilometer merupakan bagian dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Perumahan Semarang Demak. ***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button