Ganjar dinilai sebagai program yang bagus dan didukung oleh warga Cianjur dalam pemilihan presiden - WisataHits
Jawa Tengah

Ganjar dinilai sebagai program yang bagus dan didukung oleh warga Cianjur dalam pemilihan presiden

jakarta

Ribuan warga Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang tergabung dalam Relawan Des Ganjar Jawa Barat, sepakat mendukung cita-cita “Presiden Ganjar 2024”. Pengesahan ini dilakukan pada upacara yang digelar Selasa (6/9) di Lapangan Binaraga Pesawahan, Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kepala Des Ganjar Kabupaten Cianjur, Jenal menjelaskan, dukungan ini dilakukan karena terinspirasi dari program yang digagas Ganjar Pranowo untuk membangun desa-desa di Jawa Tengah.

Menurutnya, berbagai program tersebut telah membuktikan kemampuannya untuk mengubah masyarakat desa menjadi ‘Ngahiji’, atau bersama-sama membangun dan mengelola desa. Dengan pola dan semangat yang sama, Jenal optimis Ganjar dapat menginspirasi desa-desa di seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Cianjur, untuk menjadi lebih maju.

“Kami dari Des Ganjar, Kabupaten Cianjur, mengapa kami harus mendukung Pak Ganjar karena dia memiliki program yang sangat bagus. Program-program ini dapat menginspirasi kebersamaan antar warga untuk aktif terlibat dalam berbagai program pemberdayaan untuk kesejahteraan bersama,” kata Jenal dalam keterangan tertulis, Selasa (9/6/2022).

Jenal menjelaskan, Gubernur Jateng telah menginisiasi berbagai program inovatif untuk memajukan desa. Bahkan, beberapa skema ganjar melibatkan banyak pihak untuk bahu-membahu membangun perekonomian desa.

Seperti, misalnya, Jenal melanjutkan. konsep desa kembar, yang memungkinkan warga belajar mengelola perekonomian di desa. Kemudian program Organisasi Perangkat Desa (OPD), Satu Desa Binaan, yang memajukan ekonomi kreatif warga melalui pembinaan dan pendampingan. Dan program desa mandiri yang memasukkan peran pemuda di desanya masing-masing.

Selain itu, Jenal menilai Ganjar merupakan sosok yang konsisten menganggarkan bantuan untuk pembangunan desa wisata. Pada 2020, Ganjar telah mengalokasikan Rp 18,5 miliar untuk 100 desa dari APBD melalui Kementerian Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah. Setahun kemudian diperkirakan jumlahnya meningkat menjadi Rp 32 miliar untuk 260 desa.

Pada 2022, kata Jenal, jumlah bantuan akan dibagi menjadi tiga kelompok. Bantuan tersebut meliputi Rp 1 miliar untuk desa wisata maju, Rp 500 juta untuk desa berkembang, dan Rp 100 juta untuk desa wisata percontohan. Anggaran tersebut dimaksudkan untuk mendukung pengembangan 131 desa wisata di Jawa Tengah.

Menurut Jenal, berbagai program desa yang digagas Ganjar harus dilaksanakan di seluruh desa di Indonesia. Bahkan, kata dia, Des Ganjar, Kabupaten Cianjur, juga menginginkan pelaksanaan program tersebut saat Ganjar menjadi presiden pada 2024.

“Program Pak Ganjar benar-benar menciptakan stabilitas lingkungan sosial masyarakat desa. Tentu kita berharap program ini bisa terwujud di Kabupaten Cianjur dan di desa-desa di seluruh nusantara. Itu harapan kami,” katanya.

Oleh karena itu, Jenal menyatakan, pihaknya akan terus melakukan berbagai kegiatan untuk mengkonsolidasikan dukungan Ganjar bagi seluruh masyarakat desa di Kabupaten Cianjur. Ia berharap aspirasi Presiden Ganjar Pranowo 2024 bisa terwujud.

“Untuk program relawan Des Ganjar di Kabupaten Cianjur, kami akan terus menjalin kontak dan memperkenalkan berbagai program konkrit yang beliau (Ganjar Pranovo) sangat luar biasa dan sangat merakyat. Tentu itu yang sangat diharapkan masyarakat,” pungkasnya.

Sebagai informasi, deklarasi relawan Des Ganjar, Kabupaten Cianjur, juga dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan dan prosesi adat. Beberapa di antaranya, pencak silat, arak-arakan kembang dan arak-arakan tari lengser, hingga tari jaipong.

Tonton Video “Setelah Mencabik Bocah 14 Tahun, Geng Motor GBR Cianjur Dibubarkan”
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button