Waduk Jatibarang, bendungan indah untuk rekreasi seru di Semarang - WisataHits
wisatahits

Waduk Jatibarang, bendungan indah untuk rekreasi seru di Semarang

Waduk Jatibarang termasuk salah satu tempat wisata alam favorit Semarang yang menawarkan berbagai aktivitas seru. Bendungan indah yang memiliki gua-gua unik dan pemandangan gunung yang menarik untuk dijelajahi.

Harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 05.00-18.00 WIB, Alamat: Jl.Moch Ihsan, Jatibarang, Kec. Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Meski merupakan destinasi wisata baru, Waduk Jatibarang Semarang mampu menarik minat wisatawan. Karena waduk ini memiliki kombinasi yang cukup unik karena di sekitar areal waduk terdapat gua dan pegunungan.

Liburan keluarga bisa dilakukan tanpa menghabiskan banyak budget ketika datang ke tempat wisata alam waduk ini. Tidak hanya bisa menjadi tujuan wisata keluarga, kunjungan ini juga sering dijadikan tempat berkumpulnya anak muda.

Nah, karena destinasi waduk ini cukup diminati banyak orang, tentu lokasi ini memiliki daya tarik dan keunikan yang tidak dimiliki waduk lainnya. Oleh karena itu, jangan lewatkan liburan ke Waduk Jatibarang, Semarang.

Objek Wisata Waduk Jatibarang

Objek Wisata Waduk JatibarangKredit gambar: Google Maps Nurul Aza

Setiap akhir pekan dan libur panjang Waduk Jatibarang tidak pernah sepi pengunjung. Untuk itu, berikut rangkuman daya tarik waduk sebelum Anda ke sana.

1. Pemandangan gunung

Siapa yang tidak suka pemandangan gunung? Pemandangan dari pegunungan membuat mata lebih sejuk. Bahkan pengunjung bisa melihat pemandangan sambil bersantai.

Pegunungan Waduk Jatibarang, Semarang, seperti mengelilingi waduk. Maka jangan heran dengan keberadaan gunung-gunung tersebut yang membuat wisatawan takjub dan betah ketika datang ke wisata ini.

2. Ada gua di sekitar tangki

Hal unik lainnya yang bisa ditemukan dalam hal wisata adalah adanya gua. Gua ini sendiri masih dipertahankan oleh warga sekitar. Selain itu, pengunjung juga dapat berinteraksi dengan penghuni goa.

Tujuan para penghuninya adalah kumpulan kera yang telah menghuni goa tersebut selama beberapa tahun. Sementara sebagian besar gua akan dihuni oleh kelelawar, gua-gua di area bendungan ini berbeda. Yang tentunya bisa membuat traveler penasaran.

3. Cari udara segar

Menghabiskan liburan di salah satu destinasi wisata yang paling cocok adalah destinasi yang berhawa segar. Biasanya destinasi seperti ini paling banyak dicari oleh warga kota. Waduk Jatibarang Semarang bisa menjadi salah satu alternatif menuju Jawa Tengah.

Tangki ini mampu menenangkan siapa saja dengan udara yang sejuk. Dan yang pasti anda akan terhindar dari hiruk pikuk kota yang penuh kemacetan dan asap knalpot.

4. Angin sepoi-sepoi dan gemericik air

Datang ke waduk ini, pengunjung akan disuguhkan dengan angin sepoi-sepoi dan suara gemericik air. Suasana seperti ini tentu membuat siapapun tidak ingin pulang dan berlama-lama di dalam tangki tersebut.

Selain itu, dengan suasana tangki, sangat cocok untuk anak-anak atau keluarga. Sehingga keluarga bisa menikmati suasana pedesaan.

Alamat dan Rute Menuju Wisata Waduk Jatibarang

Alamat Waduk JatibarangKredit gambar: Google Maps Lorenzo Lamas

Jika Anda dan keluarga berencana untuk datang berlibur ke Waduk Jatibarang, Anda bisa menuju ke Jalan Jatibarang, Kedungpani, Kota Semarang, Jawa Tengah. Meski waduk ini terletak di pinggiran kota, namun jalan untuk mencapai destinasi wisata ini tidaklah sulit.

Jika Anda berniat menggunakan angkutan umum, sebaiknya pilih angkutan umum yang memiliki rute menuju Goa Kreo. Rute ini juga sama apakah pengunjung berniat menggunakan taksi atau kendaraan pribadi.

Sedangkan jarak yang perlu ditempuh untuk menuju lokasi waduk sekitar 13 km jika dimulai dari pusat kota Semarang. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pastikan memilih jalur yang menuju Kalibanteng. Kemudian Anda bisa memilih jalur menuju Jalan Abdul Rahman Saleh yang kemudian menuju desa Sadeng. Baru setelah itu ada petunjuk lokasi kunjungan.

Harga Tiket Masuk Waduk Jatibarang Semarang

Harga Tiket Waduk JatibarangKredit gambar: Google Maps Arry Cloud

Pengelola destinasi wisata tersebut menerapkan tiket masuk, sehingga pengunjung perlu membayar tiket masuk untuk masuk ke destinasi wisata Waduk Jatibarang. Harga tiket masuknya cukup murah, karena per orang hanya merogoh kocek Rp 3.000 saja.

Namun, jika Anda memasuki wisata waduk dan ingin memasuki beberapa lokasi seperti gua, Anda akan dikenakan biaya lagi. Kemudian pengunjung juga harus membayar biaya parkir yang sangat terjangkau.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Waduk Jatibarang

Kegiatan Waduk JatibarangKredit gambar: Google Maps Imam Ma’arif

1. Duduk dan bersantai sambil melihat pemandangan

Seperti yang sudah disebutkan, jika pemandangan dari wisata Waduk Jatibarang tidak perlu diragukan lagi. Aktivitas menarik yang juga menjadi tempat istirahat adalah duduk-duduk sambil melihat pemandangan di sekitar areal waduk.

Selain itu, di area tangki, kursi bisa digunakan pengunjung. Tidak hanya bisa melihat seperti apa pemandangan alamnya, pengunjung juga bisa melihat dan berinteraksi dengan monyet-monyet yang hidup di dalam goa.

2. Berfoto dengan pemandangan yang indah

Wisatawan juga bisa berfoto bersama teman atau keluarga. Tentu saja, kegiatan ini cukup penting untuk tujuan wisata mana pun. Wisata alam di Semarang yang memiliki pemandangan alam yang indah tentunya menjadi tempat yang paling cocok untuk berfoto.

Memang benar bahwa tank ini menjadi trik keren yang sangat Instagramable. Kemudian Anda dapat mengambil selfie atau foto dan dapat diunggah ke media sosial.

3. Kegiatan memancing di waduk

Beberapa orang yang sangat menyukai kegiatan memancing pasti akan betah jika datang ke Waduk Jatibarang Semarang. Jika tidak, pengunjung bisa membawa pancing sendiri untuk memancing di waduk.

Tanpa berpuas diri, banyak pengunjung yang berhasil memancing dari ukuran kecil hingga ukuran besar. Proses memancing harimau akan jauh lebih seru karena bisa dilakukan bersama keluarga atau teman.

4. Jelajahi area waduk dengan perahu

Nah, jika Anda ingin menjelajahi kawasan waduk yang cukup besar, triknya adalah dengan menyewa perahu. Sewa perahu ini sudah disediakan oleh pihak pengelola, karena biaya sewa perahu ini cukup terjangkau.

Satu perahu bisa menampung 3 sampai 4 orang. Dengan demikian, biaya sewa perahu akan lebih terjangkau karena bisa dipakai bersama oleh beberapa penumpang.

Pengunjung juga tidak perlu khawatir, jika tidak ingin menjelajahi waduk secara menyeluruh, mereka bisa membayar setengah harga. Dan juga ada guide yang ikut naik perahu, jadi tidak perlu khawatir akan hal-hal yang tidak diinginkan.

Fasilitas yang tersedia di Waduk Jatibarang Semarang

Fasilitas Waduk JatibarangKredit gambar: Google Maps M wijayanto

1. Tersedia warung makan

Pengunjung yang pernah mengunjungi kawasan waduk tentunya akan merasa lelah dan letih. Untuk itu, datang ke warung makan di pinggiran Waduk Jatibarang mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Anda bisa menikmati menu masakan khas Semarang yang rasanya enak. Selain itu, warung makannya sangat nyaman dan luas, sehingga pengunjung yang membawa rombongan dapat dengan mudah mencari tempat.

Juga, pengunjung yang sebelumnya memperoleh ikan melalui kegiatan memancing. Anda bisa memberi seseorang makanan untuk dirawat dan Anda bisa makan bersama keluarga atau teman Anda.

2. Fasilitas MCK

Fasilitas kedua dari Waduk Jatibarang adalah MCK. Fasilitas ini sangat diperlukan karena pengunjung mungkin membutuhkan toilet saat berada di tempat wisata.Fasilitas MCK ini sangat bermanfaat bagi orang tua yang membawa anaknya. Anak-anak paling sering menggunakan toilet karena mereka memiliki aktivitas yang cukup padat saat bermain. Pakaian mereka mungkin kotor sehingga mereka perlu mengganti pakaian mereka.

Selain itu, dengan adanya fasilitas MCK, pengunjung muslim dapat berwudhu jika ingin shalat.

3. Area parkir

Ada tempat parkir yang sangat luas. Parkir mobil ini merupakan tempat yang ideal untuk memarkir kendaraan roda 4 seperti mobil penumpang, mobil Elf dan juga bus bagi peserta dengan kendaraan roda dua.

4. Ada halte bus

Di dekat waduk ini juga terdapat halte angkutan umum, jika memang wisatawan ingin mencoba datang ke wisata ini dengan menggunakan angkutan umum seperti bus atau angkutan umum. jaraknya tidak jauh dari kunjungan dan dapat ditempuh bahkan dengan berjalan kaki.

5. Membersihkan masjid

Waduk ini juga menawarkan mushola bagi pengunjung muslim. Petugas wisata selalu memastikan pemeliharaan dan pembersihan tempat ibadah tersebut. Selain itu, musholla ini juga menyediakan sarung, sajadah, dan mukena bagi pengunjung yang tidak membawa perlengkapan sholat sendiri.

Demikian sekilas informasi wisata Waduk Jatibarang hingga Semarang. Belum lengkap rasanya jika melewatkan waduk alami ini. Jadi pastikan untuk memasukkan wisata ini ke dalam daftar itinerary jika kamu berkunjung ke Semarang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button