Wonosobo juara lagi Festival Film Pramuka 2022 - WisataHits
Jawa Tengah

Wonosobo juara lagi Festival Film Pramuka 2022

MERCUSUAR.CO, Wonosobo – Dua film hasil karya siswa SMA 1 Wonosobo dan SMA 1 Kertek menjuarai Festival Film Pramuka 2022 yang digelar di Bumi Perkemahan Karanggeneng Semarang, Sabtu (17/9/2022). Sebuah film pendek berjudul Abiwara Sahakarya karya SMA 1 Wonosobo meraih juara 1, sedangkan film SMA 1 Kertek Berbagi Itu Indah menempati posisi kedua.

Ketua tim film pendek SMA 1 Wonosobo Aji Putra Wicaksana mengatakan bahwa judul Abiwara Sahakarya adalah bahasa Sansekerta, Abiwara berarti pelajaran dan Sahakarya berarti bantuan.

“Jadi secara keseluruhan itu berarti belajar bagaimana membantu,” katanya.

Aji mengatakan ide cerita itu muncul ketika Aji terinspirasi oleh iklan sirup terkemuka di Indonesia, yang kemudian diubah dan dimodifikasi dengan bantuan teman-temannya. Aji dan kawan-kawan kemudian menambahkan beberapa unsur pendidikan karakter, pengenalan budaya kearifan lokal, dan promosi wisata alam di kawasan Wonosobo. Ia menambahkan, proses pembuatan film ini memakan waktu 18 hari, dengan rincian mulai dari naskah hingga penyelesaian dan administrasi lomba.

Kendala lain yang dihadapi tim SMA 1 Kertek yang meraih juara kedua Festival Film Pramuka Citraloka 2022: Rizal Ali Dewanto, perwakilan tim SMA 1 Kertek, mengatakan timnya harus menyelesaikan tiga jajak pendapat untuk mendapatkan yang tepat menemukan panti asuhan .

“Juga ada batasan cuaca karena kami harus beradaptasi dengan suasana di film,” katanya.

Rizal mengatakan film Berbagi Itu Indah bercerita tentang berbagi hal-hal sederhana dengan memperkenalkan tari kepang jaran tradisional. Dalam menyusun cerita, tim mengadaptasinya agar sesuai dengan tema dan kemudian memasukkan unsur budaya ke dalamnya. Proses pembuatannya memakan waktu sekitar dua minggu.

Waka Humas Abdimas Kwarcab Wonosobo, Sri Widyastuti mengapresiasi prestasi seluruh tim Wonosobo yang menghadiri Anugerah Humas Pandu Citraloka 2022. Sri mengatakan tahun ini Wonosobo berhasil mengulang kesuksesan tahun lalu yang juga meraih juara 1 dan 2 dalam Film Pramuka 2021. Juga tahun lalu, Wonosobo menempatkan dua wakilnya di posisi 1 dan 2 di ajang yang sama.

Sri mengatakan, hasil dua tahun terakhir menunjukkan banyak mahasiswa di Wonosobo yang tertarik membuat film pendek.

“Dari enam nominasi Festival Film Pramuka 2022, empat di antaranya dari Wonosobo, itu luar biasa,” ujarnya. Empat tim yang masuk nominasi Festival Film Pramuka adalah SMA 1 Wonosobo, SMA 1 Kertek, SMA 2 Wonosobo dan MAN 1 Wonosobo.

Source: mercusuar.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button