Abiwara Sahakarya Karya SMAN 1 Mewakili Wonosobo Pemenang Festival Film Pramuka 2022 - WisataHits
Jawa Tengah

Abiwara Sahakarya Karya SMAN 1 Mewakili Wonosobo Pemenang Festival Film Pramuka 2022

BERITA WONOSOBO – Perwakilan Kabupaten Wonosobo kembali menjadi juara dalam Festival Film Pramuka 2022 yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 17 September 2022 di Bumi Perkemahan Karanggeneng Semarang.

Film pendek Abiwara Sahakarya karya SMA N 1 Wonosobo berhasil meraih juara 1 Festival Film Pramuka 2022. Sedangkan SMA 1 Kertek menyusul film Berbagi Indah dan meraih juara 2.

Ketua tim film pendek SMA 1 Wonosobo Aji Putra Wicaksana mengatakan bahwa judul Abiwara Sahakarya berasal dari bahasa Sansekerta.

“Abiwara artinya belajar dan sahakarya artinya membantu. Jadi secara keseluruhan itu berarti belajar tentang membantu, ”katanya.

Baca Juga: Hari Bersih Dunia di Wonosobo Bersihkan Sungai Baby Kejajar, Ajak Warga Berhenti Buang Sampah di Sungai

Aji mengatakan ide cerita itu muncul ketika Aji terinspirasi oleh iklan sirup terkemuka di Indonesia, yang kemudian diubah dan dimodifikasi dengan bantuan teman-temannya. Aji dan kawan-kawan kemudian menambahkan beberapa unsur pendidikan karakter, pengenalan budaya kearifan lokal, dan promosi wisata alam di kawasan Wonosobo.

Aji mengatakan proses pembuatan film ini memakan waktu 18 hari, dengan rincian mulai dari naskah hingga penyelesaian dan administrasi lomba.

Kendala lain yang dihadapi tim SMA 1 Kertek yang meraih juara kedua Festival Film Pramuka Citraloka 2022: Rizal Ali Dewanto, perwakilan tim SMA 1 Kertek, mengatakan timnya harus menyelesaikan tiga jajak pendapat untuk mendapatkan yang tepat menemukan panti asuhan .

“Juga ada batasan cuaca karena kami harus beradaptasi dengan suasana di film,” katanya.

Source: kabarwonosobo.pikiran-rakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button