Wisata Air Terjun Lontar, Keajaiban Kekuatan Keindahan Alam di Leuwiliang Bogor - WisataHits
Jawa Barat

Wisata Air Terjun Lontar, Keajaiban Kekuatan Keindahan Alam di Leuwiliang Bogor

INFOTEMANGGUNG.COM – Terletak di kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, air terjun ini merupakan bagian dari sungai Cianten dari pegunungan Halimun-Salak, provinsi Jawa Barat.

Aliran keluar dari Air Terjun Lontar (disebut Curug dalam bahasa Sunda) cukup kuat sehingga dapat digunakan sebagai sumber pembangkit listrik tenaga air Kracak, yang dimulai pada zaman Belanda.

Air terjun yang bagus tapi “bahaya”

Ketinggian air terjun ini mencapai 35 meter, cekungan yang menampung aliran air terjun atau Curug Lontar ini luasnya mencapai 7.000 meter persegi. Kedalamannya sekitar 26 meter. Melihat aliran airnya, tidak heran jika air terjun ini memiliki kolam atau kubangan yang dalam dan luas.

Baca juga: Keindahan Little Venice di Tanah Bogor, Venesia Semakin Dekat dengan Kita

Sayangnya, pengunjung tidak diperbolehkan berenang atau bermain di kolam alami tersebut. Apalagi saat musim penghujan Bogor yang sering disebut sebagai “Kota Hujan” menambah limpasan air semakin meningkat.

Banjir tiba-tiba sering terjadi, yang dapat membahayakan orang jika seseorang memutuskan untuk berenang di kolam alami ini.

Meski demikian, Curug Lontar tetap enak dinikmati sebagai tempat wisata dan tentunya Instagrammable untuk direkam dan diposting di media sosial.

Ada beberapa cara untuk mengunjungi Curug Lontar. Baik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

1. Kendaraan pribadi

Situs ini dapat diakses dengan mobil atau sepeda motor. Ambil jalur menuju Leuwiliang, seberangi jembatan sungai Cianten kemudian berkendara menuju PLTA Kracak dengan jarak sekitar 7 kilometer.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button