Wisata SMART PARK Samarinda menyimpan banyak wahana kiddie - WisataHits
wisatahits

Wisata SMART PARK Samarinda menyimpan banyak wahana kiddie

Biaya masuk Taman Pintar Samarinda: GratisJam buka: 24 jamTidak. Panggilan: Alamat: Jl. Mayjen S, Samarinda Ulu, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia, 75123

Taman Pintar Samarinda merupakan taman kota sekaligus ruang terbuka hijau. Lengkap dengan fasilitas rekreasi, permainan dan olah raga. Tak jarang kawasan taman juga menjadi alternatif tujuan rekreasi bagi warga kota. Berbagai acara liburan keluarga dan acara sosial sering diadakan di sekitar area taman.

Harga tiket masuk Samarinda Smart Park

Untuk memasuki taman ini, tidak perlu membayar biaya masuk. Karena taman ini merupakan ruang publik yang dikelola oleh pemerintah.

Harga tiket
Setiap hari Gratis

Baca: 7 Kafe di Samarinda dengan Pemandangan Kota

Jam buka

Taman ini buka 24 jam sehari. Biasanya akan banyak pengunjung yang berolahraga dari pagi hingga sore hari. Sedangkan pada malam hari akan ramai dikunjungi anak muda sebagai tempat berkumpul dan bersosialisasi.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Objek wisata Taman Pintar Samarinda

Samarinda Smart Park bisa menjadi alternatif wisata murah di tengah kota. Tamannya luas dan rindang karena ditumbuhi berbagai pepohonan rindang. Interior taman dilengkapi dengan berbagai spot foto, permainan untuk anak, berbagai peralatan bakat dan amfiteater. Selain itu, terdapat warung wisata kuliner di pinggiran taman.

Maskot taman cerdas yang ikonik

patung maskot -hanaa yaPatung maskot ikan pesut (foto: Google maps/hanaa)

Salah satu maskot terkenal dari taman ini adalah patung lumba-lumba. Wisatawan yang berkunjung biasanya akan berfoto di sini.

Maskot ikan lumba-lumba ini melambangkan ikan khas dari perairan Sungai Mahakam di Samarinda. Ikan pesut sendiri merupakan sejenis ikan lumba-lumba di perairan tawar. Tubuh lumba-lumba di Sungai Mahakam seperti torpedo.

Sirip punggungnya rendah dan agak berbentuk sabit. Kepala berbentuk melon, tumpul dan bulat. Saat garis mulutnya naik ke atas, memberi kesan bahwa mamalia ini sedang tersenyum.

Baca: Tiket dan Wahana Rumah Ulin Arya

Berolahraga di taman teduh

berbagai fasilitas kebugaran - yusran sylvisterberbagai fasilitas kebugaran (foto: Google maps/ yusran sylvister)

Bagi wisatawan yang ingin berolahraga, taman ini juga menawarkan fasilitas. Berbagai alat kebugaran tersedia dan dapat digunakan secara gratis. Beberapa alat, misalnya untuk melatih otot kaki hingga tangan penuh, juga tersedia.

Lalu ada jalur jogging dan jalur sepeda yang mengelilingi taman. Pesepeda atau pengunjung yang ingin jogging juga akan mengapresiasinya. Karena suasananya yang rindang di bawah atap pepohonan yang rindang, sangat asri. Selain itu, taman ini juga sering menjadi tempat pilihan untuk senam dan berbagai acara olahraga lainnya.

Baca: Wisata Budaya Pampang: Tiket dan Atraksi

Berbagai permainan khas TK

berbagai permainan untuk anak-anakaneka permainan untuk anak-anak (foto: Google maps/yusran sylvester)

Wahana favorit di taman ini adalah aneka permainan khas taman kanak-kanak. Bahkan, permainan yang ada di taman ini sangat lengkap sehingga seringkali tujuan sekolah untuk mengajak siswa bermain di sini.

Beberapa wahana yang tersedia adalah jungkat-jungkit, jungkat-jungkit, perosotan tunggal, perosotan konstruksi, aneka penari telanjang, tangga bundar, terowongan ban, jembatan timbang.

Setiap permainan biasanya dilengkapi dengan papan informasi mengenai kelebihan dan kegunaannya. Misalnya, pada swing walk berguna untuk melatih keberanian. Ayunkan wahana untuk mengatur koordinasi dll.

Salah satu wahana yang cukup langka yaitu tangga jungkat-jungkit. Bentuknya seperti ayunan besi yang dijejerkan kemudian dilewati satu persatu. Saat menyalip kendaraan akan berguncang. Salah satu manfaat alat ini adalah untuk melatih ketangkasan keseimbangan anak.

Lalu ada wahana tangga bundar dan berbagai penari telanjang yang tak kalah unik. Selama permainan, anak-anak melakukan aktivitas gantung dan memanjat. Wahana ini akan melatih kemampuan motorik anak agar tetap aktif.

Sebaik terowongan ban. Anak-anak yang melintasinya akan dipaksa merangkak. Dengan demikian, manfaat merangkak dengan berbagai koordinasi otak kanan dan kiri akan terlatih melalui wahana ini.

pendidikan pohon

Seperti namanya Taman Pintar, taman ini juga dilengkapi dengan pengajaran tentang berbagai pohon dan tumbuhan. Misalnya pada pohon Trembesi, terdapat penjelasan lengkap mengenai pohon ini.

Misalnya seperti nama ilmiah pohon Trembesi yaitu Samana Saman. Berfungsi sebagai peneduh, penyedia oksigen dan mampu menyerap karbondioksida. Pengunjung yang ingin menambah wawasan tentang nama latin pohon dan fungsinya, taman ini jawabannya.

Baca: Tiket dan Wahana Taman Lampion Mahakam

Amfiteater terbuka

amfiteater taman pintar samarinda - kumala asvyaAmfiteater Samarinda Smart Park (Foto: Google maps/ kumala asvya)

Wahana menarik selanjutnya adalah amfiteater. Amfiteater adalah arena terbuka yang digunakan untuk hiburan dan pertunjukan seni. Desainnya hadir dalam bentuk tribun melingkar yang berfungsi sebagai tempat duduk.

Salah satu acara rutin di taman pintar ini adalah presentasi komunitas musang. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan musang yang dibawa oleh komunitas ini. Tapi tidak setiap hari di sana. Tapi hanya bertemu setiap Minggu sore. Selain menonton, juga bisa menjadi media edukasi terkait hewan untuk anak-anak.

Wisata kuliner

Di taman pintar ini, ada aturan larangan berjualan di area taman. Tapi jangan khawatir, di area outdoor tepatnya di samping taman, berjejer berbagai penjual kuliner. Ada pedagang kaki lima dengan berbagai makanan ringan. Mulai dari penjual bubur, gado-gado, rujak, es krim cendol, pentol, minuman kemasan, dll.

Ornamen Patung Indah

Salah satu ciri khas taman ini adalah adanya berbagai patung yang tersebar di mana-mana. Ada dua kelompok, yaitu patung binatang dan patung tokoh fantasi. Di dalam kelompok hewan tersebut terdapat patung harimau, gajah, ikan, kuda, orang utan, singa dan monyet.

Sedangkan untuk patung karakter fantasy ada Minion, Helo Kiti, Masha, Doraemon, Cinderella, Donald Duck, Pikachu, Keropi. Keberadaan patung-patung tersebut tentunya akan menambah keindahan taman dan kenyamanan pengunjung.

Meredakan

Ruang terbuka yang juga merupakan taman kota ini telah dilengkapi fasilitas sebagai tempat wisata. Beberapa diantaranya adalah area parkir, kamar mandi, aneka tempat duduk, tong sampah dan warung wisata kuliner.

Lokasi Taman Pintar Samarinda

Taman hijau asri ini terletak di Jl. Mayjen S. Parman, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75123.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button