Wisata Rawa Kalong Situ ini menawarkan 5 pilihan kegiatan - WisataHits
wisatahits

Wisata Rawa Kalong Situ ini menawarkan 5 pilihan kegiatan

Harga tiket masuk Situ Rawa Kalong : Gratis

Danau Rawa Kalong sebuah taman wisata bertema keindahan danau di Kota Depok. Dengan berbagai aktivitas wisata yang menarik. Seperti memancing, olahraga, berfoto, bersantai dan wahana air.

Selain itu, pemandangan danaunya juga sangat indah. Sejauh mata memandang, wisatawan bisa melihat panorama danau yang dikelilingi pepohonan rindang. Ditambah lagi dengan udara sekitar yang masih segar dengan kondisi alam yang masih asri.

Harga Tiket Rawa Kalong Situ

Wisata alam ini tidak memungut biaya apapun bagi wisatawan yang ingin berkunjung. Setiap orang bebas masuk dan keluar tanpa membayar tiket masuk. Meski gratis, pengelola mengingatkan untuk selalu menjaga kebersihan kawasan wisata.

Harga Tiket Rawa Kalong Situ
Tiket masuk Gratis

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan INSANI HERBAL PARK

Jam buka Rawa Kalong Situ

Kawasan wisata ini masih buka setiap hari. Juga tidak ada batasan waktu, jadi kamu bisa datang kapan saja.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Aktivitas Seru di Kalong Rawa Situ

Kehadiran Situ Rawa Kalong menambah daftar destinasi wisata di Kota Depok. Dahulu kala, kawasan ini hanyalah sebuah danau yang terabaikan. Namun, setelah revitalisasi besar-besaran, sekarang terlihat jauh lebih baik. Bahkan menjadi tempat favorit warga Depok untuk melakukan berbagai aktivitas.

Nikmati pagi dengan berolahraga

Seorang wanita mengendarai sepeda di tepi Situ Rawa KalongSitu Rawa Kalong memiliki jalur pejalan kaki yang sangat cocok untuk kegiatan olahraga seperti jogging atau bersepeda. foto: Googlemap/pipiet wangisyah

Area danau yang banyak ditumbuhi pepohonan hijau memang menjadi tempat yang paling cocok untuk olahraga. Dengan jalan setapak yang biasanya digunakan untuk olahraga pagi. Jalan ini tepat di tepi danau. Keduanya saling berhadapan. Kondisinya benar-benar empuk dan nyaman untuk dilalui pejalan kaki. Kemudian dipinggir jalan ini banyak tumbuh pohon-pohon besar di kanan kiri jalan.

Tak heran jika banyak orang memadati kawasan pejalan kaki di pagi atau sore hari. Sepanjang jalan, Anda akan melihat kerumunan orang yang melakukan kegiatan olahraga. Ada bersepeda, jogging, lari dan jalan santai. Sedangkan bagi yang lelah berolahraga dapat beristirahat di kursi beton yang tersebar di sekitar area tersebut.

Baca: Tiket dan Kegiatan PARC WILADATIKA

Bersantai di tepi danau

Tidak hanya berguna untuk kegiatan olahraga. Kawasan pejalan kaki Situ Rawa Kalong juga sering dijadikan tempat bersantai. Biasanya area di sekitar danau akan ramai di sore hari. Banyak yang datang untuk bersantai menikmati matahari terbenam.

Tempat paling cocok untuk melihat keindahan matahari terbenam pada pejalan kaki timur. Ada bangku yang bisa dijadikan tempat duduk di sini. Bentuknya bulat membentuk angka delapan.

Pengunjung bisa duduk dan bersantai di bangku sambil menikmati keindahan matahari terbenam. Dari ketinggian di langit, matahari bisa terlihat memancarkan cahaya dan perlahan keluar dari perhentiannya. Air danau juga memancarkan cahaya kecil yang bersinar seperti lampu redup. Langit yang tadinya biru perlahan berubah menjadi warna hitam pekat.

Baca: Tiket dan Aktivitas Godong Ijo Sawangan

Memancing di sekitar danau

Seorang pria memancing di Situ Rawa KalongSitu Rawwa Kalong terkenal dengan biota airnya yang beragam. foto: Googlemap/Susan Kusman

Bagi yang hobi memancing, danau ini bisa menjadi pilihan. Karena tempat ini dulunya adalah tempat memancing. Salah satu titiknya ada di sisi kiri jembatan apung setelah pintu masuk. Di kawasan ini, banyak pengunjung yang menunggu ikan ditangkap.

Banyak orang memilih untuk memancing di sana karena suasananya yang tenang dan banyak ikannya. Kondisi yang tenang akan memudahkan para pemancing untuk memancing dalam waktu yang singkat.

Baca: Tiket dan wahana PONDOK ZIDANE

Main wahana air

Berkano dan mendayung perahu di Situ Rawa KalongNikmati danau menggunakan perahu pedal dan kano. Foto: Google Maps/Ira Puspitasari

Wisata Situ Rawa Kalong menawarkan sejumlah wahana air yang seru. Diantaranya ada kano dan perahu kayuh berbentuk mobil. Untuk menikmati kedua wahana tersebut, pengunjung harus membayar di muka untuk tiket sewa.

Sedangkan kapasitasnya bervariasi tergantung pilihan perahu. Kano hanya dapat menampung satu orang. Sedangkan pedal boat dapat menampung maksimal 2 orang. Sambil bermain, pengunjung bisa berjalan-jalan di sekitar danau dan menikmati pesonanya.

Jembatan terapung

Jembatan ponton membentang dari tepi ke tengah danauJembatan apung ini selain menjadi alat penyeberangan juga sering menjadi spot foto para pengunjung. Foto: Google Maps/ Aji Sasi Takari

Ciri-ciri wisata Situ Rawa Kalong adalah: jembatan terapung. Atau orang menyebutnya jembatan ponton. Bentuknya memanjang dengan warna biru yang paling dominan.

Keunikannya yang mengapung di atas air menarik orang untuk berfoto di jembatan ini. Sayangnya, kendaraan ini tidak bekerja sepanjang waktu. Hanya di akhir pekan, yaitu Sabtu dan Minggu.

Dalam satu hari, jembatan apung ini dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama mulai pukul 08.00 hingga 10.00 WIB. Sedangkan sesi kedua dimulai dari pukul 15.00 hingga 17.00 WIB. Kemudian untuk setiap sesi akhir dibatasi 30 menit.

Fasilitas Situs Rawa Kalong

Dibandingkan dulu, fasilitas pendukung di Rawa Kalong sekarang sudah cukup memadai. Sekarang daerah itu memiliki tempat parkir, toilet, restoran, dan pejalan kaki. Menariknya, ada taman mural dengan karakter kartun orang di sepanjang jalan.

Lokasi Kalong Rawa Situ

Wisata ini berlokasi di Desa Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat. Lokasinya tidak terlalu jauh dari kantor Walikota Depok. Jaraknya sekitar 3 km jika melewati Jalan Margonda Raya.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button