Wisata Plunyon Kali Kuning, Surga Tersembunyi Sleman Utara - WisataHits
Yogyakarta

Wisata Plunyon Kali Kuning, Surga Tersembunyi Sleman Utara

Harianjogja.com, JOGJA-Sleman Utara kaya akan destinasi wisata alam. Tempat-tempat tersembunyinya mampu memuaskan wisatawan yang mengunjunginya, salah satunya di Plunyon.

Plunyon berada di lereng Gunung Merapi, lebih tepatnya Kedungsriti, RT.01/RW.06, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman. Untuk menuju lokasi ini Anda bisa melewati Pakem di sebelah timur, Morolejar di sebelah utara dan Kantor Desa Umbulharjo di sebelah utara untuk melewati Tempat Pemungutan Retribusi (TPR). Dari TPR berjalan sedikit menanjak dan belok kiri menuju Plunyon.

Plunyon belakangan ini ramai dikunjungi wisatawan karena menjadi lokasi syuting film horor KKN di Desa Penari beberapa waktu lalu. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 15.00 WIB dengan harga tiket yang relatif murah sekitar 12.000 rupiah.

Plunyon merupakan tempat wisata alam yang menawarkan pemandangan Kali Kuning yang dipenuhi perbukitan tinggi di kanan kirinya. Tempat ini merupakan salah satu tempat pilihan untuk melihat Gunung Merapi.

Selain itu, berikut tempat-tempat menarik di fasilitas wisata Plunyon:

1. Jembatan

Salah satu daya tarik Plunyon adalah pemandangan jembatannya. Bentuk bangunannya khas, menjulang tinggi, dengan konstruksi dinding tebal yang didominasi batu, dan berkelok-kelok. Persis dengan bangunan khas Belanda. Lokasi ini sering dijadikan sebagai spot foto pasangan pengantin.Jembatan Plunyon Jembatan

2. Pemandangan Hutan

Plunyon merupakan bagian dari Hutan Lindung Merapi. Banyak tanaman tumbuh di tempat ini. Pohon khas pegunungan seperti cemara juga tumbuh tinggi dan menjulang yang membuat tempat ini lebih bagus dan sejuk.

3. Jalan kayu

Ada boardwalk untuk dicoba wisatawan. Setelah masuk dan membayar tiket, pengunjung langsung berdiri di sebelah kiri di depan catwalk kayu ini. Jembatan penyeberangan ini menggantung di antara pohon-pohon tinggi di tepi Kali Kuning, memberikan pengunjung yang menaikinya pemandangan langsung ke dasar sungai dan pemandangan Plunyon secara keseluruhan.jalan kayu

4. Suara Hewan

Hutan di Plunyon merupakan habitat burung dan hewan hutan lainnya. Burung-burung yang terbang di kawasan Plunyon mengeluarkan kicauan yang merdu. Kehadiran mereka membuat suasana asri khas Merapi semakin terasa. Bercampur dengan sejuknya udara yang ada.

5. Saksikan Merapi

Tak kalah menarik dari Kaliadem, Pluyon juga bisa menjadi tempat yang cocok untuk menyaksikan keagungan Gunung Merapi. Meski letaknya lebih rendah dari Kaliadem dan Bukit Klangon, Anda tetap bisa menikmati keseluruhan pemandangan Merapi di Plunyon. Dalam cuaca cerah, pengunjung dapat melihat Gunung Merapi yang terlihat sangat jelas. Warna kebiruan akan menjadi objek yang menarik untuk difoto.plus

6. Fitur air

Di water dam di Plunyon Kali Kuning, wisatawan bisa bermain air. Air di sini jauh dari tercemar karena berasal dari Gunung Merapi. Tak jarang tempat ini menjadi titik keberangkatan rombongan wisatawan.

Source: wisata.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button