Berencana liburan ke Gunungkidul? Saksikan Rekayasa Arus Lalu Lintas Tahun Baru - Solopos.com - WisataHits
Yogyakarta

Berencana liburan ke Gunungkidul? Saksikan Rekayasa Arus Lalu Lintas Tahun Baru – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Pantai Watulawang di Gunungkidul. (IG/pantai.jogja)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Selama liburan Tahun Baru 2023, akan dilakukan perencanaan arus lalu lintas di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mengurai kepadatan kendaraan di kawasan tersebut.

Kapolres Gunungkidul AKP A Purwanta mengatakan pihaknya membuat peta jalur wisata saat libur Natal dan Tahun Baru. Wisatawan dari kota Jogja diinstruksikan untuk langsung masuk JJLS Tronwono-Planjan-TPR melalui jalur Playen-Paliyan dan masuk ke Pantai Baron.

Promosi Hyperlocal Tokopedia Meroket Penjualan Online Sebesar 147%

Wisatawan yang datang dari Wonogiri atau Kota Solo menuju ke Karangmojo melalui Semin, dilanjutkan ke Wonosari-Mulo-Tanjungsari-TPR Baron untuk masuk ke pantai.

Selain itu, ada juga jalur balik teknis untuk mengurangi kepadatan lalu lintas kendaraan, khususnya di jalur Jogja-Wonosari.

Menurutnya, pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi atau roda dua juga diarahkan menuju kawasan Bantul melalui JJLS. Pilihan kedua adalah jalur Dlingo menuju Imogiri, Bantul.

Baca Juga: Yogyakarta Ramai Wisatawan, Sultan HB X Minta Warganya Tidak Mengeluh

“Jalur alternatif hanya untuk kendaraan pribadi. Sedangkan bus besar tetap melewati jalur utama Jogja-Wonosari,” ujarnya, Jumat (30/12/2022).

Selain menyiapkan teknologi arus lalu lintas, tim pengganjal ban juga disiapkan selama liburan. Tim ini ditempatkan di Slumprit, Kapanewon Patuk dan di kawasan pesisir.

“Pada Malam Tahun Baru dan Malam Tahun Baru kami menggunakan staf bantalan ban. Mudah-mudahan lancar semua,” kata Purwanta.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Muhammad Arif Aldian mengatakan hujan diramalkan pada malam tahun baru. Ia juga meminta pengunjung berhati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saat berwisata.

Baca Juga: Soal Sewa Hotel Acara Kementerian Agama di Jogja, JEC Buka Voting: Panitia Keluarkan Cek Kosong

“Kami menghimbau kepada seluruh pengunjung yang akan berwisata ke Pantai Selatan untuk memperhatikan rambu-rambu peringatan serta anjuran petugas,” kata Aldian.

Koordinasi lintas departemen dilakukan untuk memastikan malam pergantian tahun berjalan lancar. Pengamanan tidak hanya melibatkan personel TNI dan Polri, melainkan juga kerja sama dengan satuan khusus SAR dan lembaga internal di lingkungan Pemkab, mulai dari Satpol PP hingga dinas perhubungan.

“Tujuan dari koordinasi ini adalah untuk memastikan semuanya berjalan lancar. Karena selama kunjungan itu ada beberapa kemungkinan mulai dari macet hingga kecelakaan di laut,” ujarnya.

Ia menambahkan, seluruh petugas akan siaga melayani pembelian tiket di setiap TPR. Ada tiket yang berlaku untuk satu pengunjung, dua, delapan, 30 hingga 40 pengunjung.

Baca Juga: Sosialisasi Dampak Tol Jogja-YIA di 30 Desa Selesai, Ini Agenda Selanjutnya

“Kami sudah menyiapkan seluruh petugas untuk memperpendek antrean agar calon pengunjung tidak menumpuk di TPR,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Ini Rekayasa Rute Perjalanan Ke Pantai Gunungkidul Mumpung Tahun Baru

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button