Wisata pasar tradisional unik di Mojoagung Jombang, beli barang dengan bilah bambu - WisataHits
Jawa Timur

Wisata pasar tradisional unik di Mojoagung Jombang, beli barang dengan bilah bambu

MOJOAGUNG, KabarJombang.com – Jombang kini memiliki destinasi wisata yang unik. Yaitu Pasar Barongan Kali Gunting yang bernuansa tradisional, terletak tepatnya di desa Mojotrisno, kabupaten Mojoagung.

“Pasar ini merupakan pasar yang dirancang untuk mempromosikan produk-produk yang dipromosikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Petra Inggris. Ini akan menampilkan produk utama Desa Mojotrisno seperti Metal Cast, Batik Warna Natural, Batik Panji, Tenun, Ecoprint hingga masakan lokal,” kata Lintu Tulistyanrtoro, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) UK Petra. Sabtu (8/6/2022).

Bukan pasar pada umumnya. Pasar ini hanya buka sebulan sekali, di minggu pertama minggu hanya pukul 06:00-10:00 WIB. Uniknya, sistem pembayarannya menggunakan bilah bambu.

“Oleh karena itu kami tidak bisa menerima pembayaran dalam rupiah. Sebatang bambu berharga Rp 2.000. Harga sembako di bawah Rp 10.000 sedangkan harga kerajinan sangat bervariasi, mencapai jutaan rupiah,” ujarnya.

Selain itu, penekanan pada ramah lingkungan menjadi ciri khas pasar Barongan Kali Gunting, yaitu tidak ada kemasan mendesis yang ditawarkan.

“Semua kemasan ramah lingkungan. Seperti kertas, bambu dan daun. Pengunjung bisa membeli tas anyaman bambu untuk dua batang bambu saja,” tambah Lintu.

Wisnu (45), warga Surabaya yang berkunjung ke Pasar Barongan mengaku sangat puas dan terkesan dengan Pasar Barongan yang bernuansa sama seperti dulu.

“Unik, serutan bambu harus digunakan dengan membeli semuanya agar terasa seperti kembali ke masa lalu. Makanan dan barang yang dijual semuanya tradisional,” jelasnya.

Selain berbelanja, pengunjung juga disuguhkan dengan pertunjukan musik gamelan dan juga dapat mencoba membatik serta proses pembuatan gerabah dan coran logam yang dipimpin oleh karang taruna setempat.

Source: kabarjombang.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button