Banyak keuntungannya, ini dia 4 alasan beli properti di akhir tahun - WisataHits
Jawa Timur

Banyak keuntungannya, ini dia 4 alasan beli properti di akhir tahun

https://i0.wp.com/d2huqozv2aqnkj.cloudfront.net/wp-content/uploads//2022/10/2110-sinarmas-land__taja-1-768x432.jpg?resize=708%2C398&ssl=1Dok Sinar-Mas-Land

Ilustrasi rumah dengan kolam renang.

Sektor real estate menunjukkan tanda-tanda positif seiring dengan membaiknya pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan II tahun 2022. Hal ini ditunjukkan dengan naiknya harga properti residensial seperti rumah pedesaan.

Menurut catatan Bank Indonesia, Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) naik 1,72 persen secara tahunan pada kuartal kedua tahun 2022 (tahun demi tahun/yo). Selain itu, pertumbuhan harga real estat residensial primer diperkirakan kembali meningkat pada kuartal ketiga 2022, dibatasi pada 1,53 persen.

Tren positif ini juga didukung oleh laporan Indonesia Property Market Index Q3 2022 dari Rumah.com. Berdasarkan laporan tersebut, indeks harga rumah nasional naik 3,2 persen secara triwulanan dan 5,7 persen secara tahunan pada triwulan II 2022.

Dari sumber yang sama, minat konsumen terhadap real estate untuk kelas menengah ke atas terus meningkat. Pada kuartal kedua tahun 2022, pencarian properti dengan harga di atas Rp 1 miliar mendominasi, yang setara dengan 55 persen.

Menjelang akhir tahun, minat masyarakat terhadap real estate cenderung meningkat. Itu karena sebagian orang menganggap akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk memiliki rumah sebelum kenaikan harga dimulai awal tahun depan.

Nah, jika Anda termasuk yang sudah memiliki budget khusus untuk membeli rumah, tidak ada salahnya untuk melihat dan memulai pencarian rumah idaman Anda. Berikut empat alasan dan keuntungan membeli rumah di akhir tahun, dirangkum Kompas.com.

1. Investasi rumah selalu menjanjikan

Rumah atau real estate pada umumnya bisa menjadi sarana investasi yang menjanjikan. Pasalnya, investasi rumah bisa memberikan dua keuntungan sekaligus, yaitu: apresiasi dari penjualan aset dan penyewaan real estat.

sebagai ilustrasi, apresiasi Kepemilikan lokasi strategis berkisar antara 15 hingga 35 persen dalam setahun. Jika Anda co-investasi di properti senilai Rp 1 miliar apresiasi 35 persen Anda mendapatkan keuntungan hingga Rp 350 juta.

Di sebelah apresiasi, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari menyewa properti. Manfaat potensial dari menyewa rumah tergantung pada tujuannya. Misalnya, rumah kontrakan dapat menghasilkan pengembalian antara 3 dan 5 persen per tahun. Rumah yang dijadikan kos-kosan, sebaliknya, bisa menghasilkan keuntungan 5-7 persen.

2. Harga properti cenderung naik di awal tahun baru

Harga properti cenderung meningkat setiap tahun. Hal ini karena properti residensial dan komersial memiliki persediaan yang terbatas sementara permintaan cenderung meningkat setiap tahunnya.

Selain itu, ada berbagai faktor yang juga mendorong kenaikan harga rumah, antara lain kenaikan suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR), harga bahan bakar minyak (BBM) dan inflasi.

Seperti diketahui, setiap tahun kenaikan harga BBM dan inflasi dapat menaikkan harga bahan bangunan, mulai dari paku, pasir, batu bata, semen, kayu dan cat. Jika Anda akan membeli rumah di akhir tahun, hindari hal-hal tersebut.

3. Masih ada program deposit 0 persen

Salah satu keuntungan membeli rumah di akhir tahun 2022 adalah Anda masih bisa mendapatkan keuntungan dari program uang muka uang muka (DP) 0 persen dari Bank Indonesia (BI). Program ini dapat membantu Anda membayar rumah dengan mencicil tanpa biaya di muka yang besar.

Seperti diketahui, membeli rumah melalui KPR mengharuskan calon pembeli untuk membayar uang muka yang cukup besar, yakni 10-30 persen dari harga rumah. Hal ini menyusahkan bagi sebagian orang. Ketentuan deposito berlaku untuk berbagai jenis real estat, seperti rumah, bangunan komersial (ruko), gedung perkantoran (rukan), rumah susun dan apartemen.

Untuk itu, BI juga telah memperluas ketentuan kuota pinjaman pada nilai atau pembiayaan pada nilai (LTV/FTV) Pinjaman pembiayaan real estate 100 persen. Kedua polis berlaku hingga 31 Desember 2022.

https://i0.wp.com/d2huqozv2aqnkj.cloudfront.net/wp-content/uploads//2022/10/2110-sinarmas-land__taja-2-768x432.jpg?resize=708%2C398&ssl=1Dok Sinar-Mas-Land

Apartemen Southgate.

4. Banyak promo menarik

Pengembang properti atau pengembang properti mengambil momentum di akhir tahun untuk meningkatkan minat konsumen terhadap kepemilikan rumah jelang kenaikan harga di awal tahun.

Tidak heran pengembang sering menawarkan promosi, diskon, dll uang kembali bagi konsumen yang membeli properti selama periode tersebut. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh konsumen untuk mendapatkan rumah idaman dengan harga yang lebih murah.

Selain itu, konsumen dapat menggunakan cashback rebate atau potongan harga untuk membeli berbagai barang kebutuhan rumah tangga seperti furniture atau peralatan dapur.

Namun, konsumen perlu memilih pengembang yang dapat dipercaya untuk membeli rumah impian mereka. Dengan cara ini, konsumen menerima properti berkualitas yang memenuhi harapan mereka.

Salah satu developer terpercaya yang menawarkan promo menarik di akhir tahun adalah Sinar Mas Land. Developer ternama ini memiliki program Double Dream periode 3 yang berlaku mulai 1 Oktober 2022 hingga 31 Desember 2022.

Program ini merupakan kelanjutan dari Double Dream 1 dan 2. Konsumen yang membeli properti selama periode ini dapat menghemat hingga 22,5 persen dan dibebaskan dari biaya lebih lanjut.

Lalu ada penawaran khusus hadiah utama berupa unit apartemen tipe studio Southgate Altuera. Sekadar informasi, promo Double Dream 3 berlaku hampir di seluruh proyek Sinar Mas Land yang tersebar di wilayah BSD City, Tangerang, Jakarta, Surabaya, Balikpapan dan Batam.

Untuk kawasan BSD City, Sinar Mas Land memiliki berbagai rumah pedesaan dalam cluster unggulan yang dapat dipilih konsumen. Beberapa di antaranya adalah The Mozia, The Green, The Eminent, Vanya Park, Greenwich Park, Freja, Tabebuya dan Banjar Wijaya Park di Tangerang.

Masih di tempat yang sama, Sinar Mas Land memiliki apartemen di kawasan strategis BSD, yaitu Casa de Parco. Sinar Mas Land juga memiliki ruko berkonsep modern di BSD City, yaitu Autoparts Kiosk, Provence Suites Shophouse, West Park, West Modern Market Shophouse, TabeSpot dan The Savia.

Untuk wilayah Jakarta, Sinar Mas Land memiliki tiga apartemen mewah yang berlokasi strategis yaitu The Elements di Kuningan, Jakarta Selatan, Aerium di Taman Permata Buana, Jakarta Barat dan Southgate di TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Untuk wilayah Surabaya, Sinar Mas Land memiliki Perumahan Wisata Bukit Mas dan Apartemen Klaska Residence. Di Grand City Balikpapan, Sinar Mas Land menawarkan cluster Pineville, Hayfield dan Hyland.

https://i0.wp.com/d2huqozv2aqnkj.cloudfront.net/wp-content/uploads//2022/10/2110-sinarmas-land__taja-3-768x432.jpg?resize=708%2C398&ssl=1Dok Sinar-Mas-Land

Teluk Nuvasa – Batam. (Dok. Sinar Mas Land)

Kemudian di Batam, Sinar Mas Land memiliki kawasan yang cocok untuk investasi yaitu Nove Nuvasa Bay. Konsumen dapat membeli The Nove Landed House dan Apartemen.

Sinar Mas Land tidak hanya menawarkan real estate berkualitas tinggi, tetapi juga kemudahan pembayaran melalui kerjasama dengan beberapa bank. Misalnya CIMB Niaga, Bank Mandiri, BCA, OCBC NISP, BNI, Permata, Maybank, UOB, BTN, Danamon, Commonwealth, Bank Sinarmas, Panin, BRI, CCB Indonesia dan BSI.

Wujudkan segera rumah impian Anda dengan produk rumah Sinar Mas Land yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut tentang Double Dream, silahkan kunjungi website Sinar Mas Land dan e-catalogue Sinar Mas Land. Anda juga dapat menghubungi 021 53159000 untuk informasi mengenai Sinar Mas Land Properties.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button