Bangunan lapuk, atap Pendopo Alun-alun Gresik ambruk - WisataHits
Jawa Timur

Bangunan lapuk, atap Pendopo Alun-alun Gresik ambruk

WAKTU INDONESIA, GRESIK – Bangunan tua dan sarang rayap, atap teras paviliun kompleks rumah dinas Bupati Gresik ambruk. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Runtuhnya gedung tua di depan rumah dinas bupati Gresik membuat kaget warga sekitar dan pengendara yang melintas.

Kepala Satpol PP Gresik, Suprapto, mengatakan, setelah menerima laporan, anggotanya yang menjaga pendopo alun-alun membantu membersihkan puing-puing bangunan.

“Tidak ada korban luka. Anggota dan petugas lainnya bertugas untuk membersihkan puing-puing bangunan yang ambruk,” katanya, Minggu (13 November 2022).

Belum diketahui secara pasti penyebab atap Balai Alun-alun Gresik yang biasa digunakan masyarakat untuk berkumpul dan beraktivitas, ambruk.

Namun menurut warga sekitar yang menyaksikan runtuhnya bangunan bersejarah tersebut, diduga konstruksi bangunan tersebut sudah lapuk.

Petugas-pembersih-puing-puing-bangunan-pendopo-b.jpgSatpol PP Gresik membantu membersihkan puing-puing dari atap paviliun di depan gedung kantor Bupati Gresik (Foto: Sapol PP Pemkab Gresik untuk TIMES Indonesia).

“Tiba-tiba ambruk pas mau hujan, tapi cuma sebentar, anginnya juga nggak kencang, mungkin karena sudah agak lapuk,” kata Wahab.

Secara terpisah, anggota Komisi III DPRD Gresik Abdullah Hamdi menduga atap Pendopo Alun-Alun Gresik runtuh akibat kelalaian pemerintah dalam mengawasi dan memelihara bangunan milik daerah.

“Aset-aset daerah harus rutin dipantau dan dijaga, termasuk Balai Alun Alun Gresik yang merupakan bangunan tua dengan filosofi dan sejarah, jadi ini lebih karena terbengkalai,” jelasnya.

Sebagai informasi: Atap Balai Alun-alun Gresik yang runtuh terletak di sebelah timur dengan ukuran panjang kurang lebih 6 meter dan tinggi 6 meter.

Sejauh ini, material bangunan seperti kayu dan genteng masih berserakan di sekitar lokasi, dan beberapa petugas masih membersihkan puing-puing teras pendopo di Alun-alun Gresik.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan bergabunglah bersama kami. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button