Wisata Panen Telur Puyuh, sensasi baru menikmati Lembang dengan cara yang tidak biasa - WisataHits
Jawa Barat

Wisata Panen Telur Puyuh, sensasi baru menikmati Lembang dengan cara yang tidak biasa

INDOZONE.ID – Bandung salah satu tempat wisata di Lembang menghadirkan sesuatu yang unik dan berbeda yaitu wisata ternak dan panen telur puyuh. Di tempat ini, anak-anak bisa belajar cara beternak burung untuk menghasilkan telur puyuh.

Seperti namanya, pengunjung bisa menyaksikan secara langsung proses beternak burung puyuh untuk produksi telur. Ada sekitar 7.000 ekor burung yang mampu menghasilkan telur setiap hari.

Wisata Panen Telur PuyuhWisata Panen Telur Puyuh di Lembang Bandung. (Z Pencipta/Martin)

Selain itu, sebagian orang, terutama anak-anak, tidak mengetahui bahwa telur kecil berwarna hitam putih yang sering disantap itu terbuat dari burung puyuh.

Saat memasuki tempat wisata ini, pengunjung wajib memakai masker atau pelindung hidung untuk mengurangi bau tak sedap. Dengan tiket masuk Rp 10.000, setiap pengunjung akan mendapatkan 5 butir telur puyuh.

telur puyuhWisata Panen Telur Puyuh di Lembang Bandung. (Z Pencipta/Martin)

Selain itu, telurnya bisa direbus untuk kemudian dimakan langsung oleh pengunjung. Wisata ini cukup unik karena bisa menjadi wahana edukasi bagi anak-anak. Selain itu, mereka bisa makan telur puyuh yang tinggi nutrisi dan protein.

“Yang paling rawan meninggal itu karena udara dingin, kita pakai lampu, di daerah panas lebih baik panas 30 dan lebih. Tujuan wisata itu untuk mengedukasi anak-anak agar lebih tahu, tidak tahu seperti apa bentuknya. telurnya alhamdulillah responnya bagus, kebanyakan dari Jakarta, dari keluarga sampai rombongan,” ujar Nana Mulyana, manager.

Panen telur puyuhWisata Panen Telur Puyuh di Lembang Bandung. (Z Pencipta/Martin)

Telur puyuh juga memiliki berbagai khasiat untuk mengurangi risiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung, kanker, penuaan dini bahkan dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Merawat burung puyuh harus sebaik mungkin, dalam kandang sepanjang satu meter sebaiknya menampung tidak lebih dari 50 ekor burung dengan suhu 36-38 derajat celcius.

Puyuh bertelur di sore hari dan harus dijauhkan dari cuaca dan kebisingan. Karena hal ini mempengaruhi produksi telur puyuh, burung ini tidak akan bertelur jika diganggu.

telur puyuhWisata Panen Telur Puyuh di Lembang Bandung. (Z Pencipta/Martin)

Bagi yang hanya ingin membeli telur, tempat wisata ini menjual telur puyuh seharga Rp 30.000 per kilogram, berisi sekitar 90 butir telur dan dikemas seperti telur ayam tetapi lebih kecil.

Lokasi Wisata Edukasi Puyuh diumumkan di Jalan Raya Lembang No. 177, Kabupaten Bandung Barat. Apalagi di Komplek Wisata Susu Tahu di Lembang memudahkan pengunjung terutama dari luar kota.

Wisata Panen Telur PuyuhWisata Panen Telur Puyuh di Lembang Bandung. (Z Pencipta/Martin)

Untuk menemukan tempat unik ini, tempat ini buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Pengelolanya tidak hanya menjadi tempat wisata, tetapi juga mendapatkan pelatihan bagi warga yang tertarik untuk belajar tentang beternak burung puyuh di tempat ini.

Artikel menarik lainnya:

Buat cerita lucumu sendiri dan dapatkan berbagai hadiah menarik! Mari bergabung dengan Z Creators dengan mengklik di sini.

Z PenciptaZ Pencipta

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button