Euforia Piala Dunia 2022 ke Kampung Sungaipan Sukabumi, Warga Qatar Rasakan? - WisataHits
Jawa Barat

Euforia Piala Dunia 2022 ke Kampung Sungaipan Sukabumi, Warga Qatar Rasakan?

Liputan6.com, Sukabumi – Kemeriahan menyambut putaran final Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar terasa hingga ke Sukabumi, Jawa Barat. Salah satunya berada di Kampung Sungapan, Desa/Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi.

Warga menebar euforia Piala Dunia dengan mendekorasi desa mereka dengan ornamen dan lukisan yang identik dengan Piala Dunia. Seperti patung piala Piala Dunia FIFA 2022, Bola Raksasa dan mural para pemain dari berbagai negara terpajang di sana.

Selain itu, jalan menuju desa Sungaipan juga dihias. Terdapat lukisan seukuran piala Piala Dunia FIFA 2022 dan langit-langitnya dihiasi bendera gantung dan bola-bola kecil.

Salah satu warga, kata Gusrani, antusiasme warga cukup tinggi pada perayaan Piala Dunia. Termasuk warga di luar Sukabumi yang kerap datang ke sana untuk selfie.

“Bagi kami sebagai warga desa kami bangga dengan anak-anak kreatif, sebagai warga kami juga bersimpati membantu dan mendorong pelaksanaan seperti ini. Suka ramai karena gang ini mengarah ke desa ini, kayaknya kita kaget lihat ini, warga Sukabumi pasti bangga,” kata Gusrani.

Sementara itu, kreator World Cup Village Dedi Muhidin mengatakan, persiapan yang dilakukannya bersama warga untuk membuat karya seni tersebut memakan waktu sebulan.

Dia mengatakan sebagian besar bahan yang digunakan adalah barang bekas dan bahan lain dari desa.

“Butuh waktu sekitar satu bulan untuk membuatnya, dari mulai persiapan sampai mencari bahannya. Sebenarnya kami membuatnya dari bahan seadanya seperti bahan bekas, kain perca, karung, bambu, yang ada di sekitar kami,” kata Dedi.

Selain itu, kata dia, tujuan dari konsep Piala Dunia adalah untuk menghiasi kampung dan memeriahkan perhelatan sepak bola dunia. Kegiatan ini juga menjadi wadah bagi warga dan pemuda setempat untuk menyalurkan kreativitasnya.

“Konsepnya Piala Dunia dan dekorasi desa, kami lebih mengutamakan trick art daripada mural. Ngomong-ngomong, kami biasa mengadakan karnaval, seperti tradisi Samenan di Sukabumi,” ujarnya.

Dia mengatakan sebagian besar warga desanya memiliki minat pada seni kerajinan tangan. Sehingga dengan adanya acara menghias desa akan memacu kreatifitas.

“Tidak hanya Sukabumi, karena ini jalur wisata ke Situ Gunung, jadi pengunjung dari luar Sukabumi bisa mampir ke sini. Sudah penuh seminggu sebelum pembukaan, selama ini masih penuh, masih banyak pengunjung yang foto-foto di sini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sungapan Iip Firdaus mengapresiasi aktivitas warganya. Menurutnya, kegiatan juga dimediasi secara eksklusif melalui kelompok swadaya.

“Kegiatan ini murni swadaya masyarakat, gotong royong seluruh warga Kampung Sungaipan RW 02 untuk membantu terutama dalam bidang materi,” ujar Iip.

Ia berharap kegiatan serupa dapat terus berlanjut. Selain itu, desa tersebut telah mendapatkan nominasi untuk kegiatan serupa yang menonjolkan kreativitas karya seni yang menghiasi desa tersebut.

“Kami Pemerintah Desa Kadudampit mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat yang telah berusaha dengan segenap tenaga dan keterampilannya secara swadaya dan sangat antusias,” tutupnya.

Video News Vlog An Aice Day from Qatar kali ini mengulas tentang markas latihan Mbappe dan kawan-kawan di Piala Dunia 2022.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button