Wisata Kuliner Legendaris Bogor Murah dan Lezat: Jumat Cungkring Pa di Surken - WisataHits
Jawa Barat

Wisata Kuliner Legendaris Bogor Murah dan Lezat: Jumat Cungkring Pa di Surken

AYOBOGOR.COM — Wisata kuliner di Bogor memang selalu menggoda. Apalagi di kota hujan banyak sekali jajanan legendaris yang patut dicoba.

Salah satu kuliner legendaris yang wajib kamu coba saat jalan-jalan ke Bogor adalah Cungkring. Hidangan khas Bogor ini merupakan makanan yang terdiri dari irisan cingur atau dikenal juga dengan moncong sapi, dan tempe yang renyah.

Berawal dari iseng-iseng Pak Friday. Pertama dia menemukan bagian dari sapi yang bisa digunakan untuk memasak. Toh, cungkring sudah berdiri sejak tahun 1975.

Baca Juga: Hukum Pakai Skin Care Bagi Muslimah, Awas Awas Bisa Dosa!

Saat ini anak Pa Dede sudah memanfaatkan bagian lain dari sapi di Cungkring, seperti B.Kuhkikil. Kikil sapi dimasak dengan cara direbus bersama bumbu kuning. Kemudian potong kecil-kecil agar lebih mudah dimakan.

Kikil disajikan dengan potongan lontong kemudian disiram bumbu kacang yang menambah kepedasan cungkring. Jangan lupa tambahkan tempe goreng gurih yang dipotong kecil-kecil.

Hingga kini, Cungkring Pa Jumat masih dijual di kawasan Suryakencana Bogor. Deden yang meneruskan usaha mendiang ayahnya ini mengatakan, dapur ini sebenarnya bukan makanan berat. Sehingga banyak pengunjung yang membeli lebih dari satu porsi.

“Masalahnya hanya lontong dan kerikil kecil saja,” kata Deden dikutip Republika.co.id.

Ia mengklaim, dagangan Cungkring miliknya merupakan kuliner Cungkring asli Bogor. Hal ini terlihat pada tempe gorengnya yang khas. Sementara cungkring lain di bogor menambahkan gorengan lain seperti bakwan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button