4 Tempat Wisata Spesial di Likupang Yang Wajib Dikunjungi Bersama Bestie - WisataHits
Jawa Barat

4 Tempat Wisata Spesial di Likupang Yang Wajib Dikunjungi Bersama Bestie

Jakarta, CNN Indonesia

Liburan bersama Bestie selalu menjadi pengalaman yang menyenangkan, apalagi jika destinasi wisata yang dipilih adalah di Sulawesi Utara. Selain Bunaken, Manado atau Tomohon yang sudah sangat populer, Sulawesi Utara juga memiliki Likupang, salah satu kecamatan di Kabupaten Minahasa Utara, yang tak kalah indah dan sering dikunjungi. Surga Tersembunyi.

Sejak 2019, Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif menetapkan Likupang sebagai Destinasi Super Prioritas (DSP). Hal ini membuat Likupang sejajar dengan Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno mengatakan Likupang memiliki keunggulan geoekonomi dan sangat mudah diakses oleh wisatawan. Potensi, keunikan dan daya tarik wisata yang luar biasa membuat Likupang mampu mencuri perhatian.

“Selain pesona pantainya, Likupang menyimpan keindahan alam bawah laut dengan keanekaragaman biota dan terumbu karang. Hal ini membuat Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Likupang cocok untuk resort dan wisata budaya. Industri kreatifnya juga keren, sangat ikonik dan memiliki kearifan lokal yang luar biasa,” kata Sandiaga.

Jika Anda sedang mencari destinasi liburan akhir tahun bersama teman-teman, Likupang layak menjadi pilihan. Ada banyak tempat seru untuk dijelajahi bersama sekaligus menciptakan kenangan tak terlupakan, seperti berikut ini.

1. Bukit Pulisan

Bukit Pulisan sangat cocok untuk para pemburu matahari terbenam atau penggemar sabana. Puncak Bukit Pulisan menawarkan pemandangan laut yang indah, karena destinasi ini berada di ketinggian Pantai Pulisan dan dihiasi dengan padang rumput yang hijau.

Ada dua cara untuk mencapai puncak Bukit Pulisan. Pertama dengan perahu kecil (kattingting) dari Pantai Pulisan, dilanjutkan dengan trekking sekitar 20 menit. Kedua, parkir kendaraan di tempat parkir di sebelah jalan beraspal setelah pintu masuk Pulisan dan kemudian berjalan sekitar 15 menit.

Untuk menikmati pemandangan indah dari atas Bukit Pulisan, pengunjung harus membayar tiket masuk yang sangat terjangkau. Jika menggunakan cara pertama, wisatawan perlu menyewa perahu dengan harga Rp 20.000. Sedangkan biaya parkir untuk opsi kedua hanya Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

2. Bahoi – Desa Ekowisata





adv

Kampung Ekowisata Bahoi di Likupang Barat akan memenuhi keinginan Anda akan pengalaman wisata yang peduli lingkungan. Pasalnya, desa ini dikelola oleh warga yang memiliki kesadaran tinggi terhadap kelestarian lingkungan.

Tak hanya wisata ramah lingkungan, pengunjung yang singgah di Desa Bahoi bisa menikmati pesona laut sambil snorkeling atau diving, dan juga berfoto di pinggir pantai. Pengunjung juga dihibur oleh masyarakat lokal yang masih mempraktekkan budaya tradisional Sangihe, seperti tarian Gunde yang dibawakan oleh belasan wanita sebagai simbol penyambutan tamu, iringan musik tradisional Bia, dan penampilan lagu Mama -gitar. lengkap dengan penanaman mangrove di kawasan mangrove Bahoi.

Untuk menjelajahi Kampung Ekowisata Bahoi, pengunjung perlu menempuh perjalanan kurang lebih 90 menit dari Kota Manado. Tidak ada biaya khusus untuk menikmati Desa Bahoi, namun jika ingin mencoba olahraga air seperti snorkeling atau diving akan dikenakan biaya sekitar Rp 250.000 per orang.

3. Pulau Lihaga

Pulau Lihaga menjadi jawaban bagi wisatawan yang ingin menikmati surga bawah laut Likupang. Meski luasnya hanya sekitar 8 hektar, Pulau Lihaga merupakan “permata” sekaligus inti dari Likupang. Pulau ini terletak di tengah Samudra Sulawesi, dengan pasir putih yang halus dan keindahan ekosistem laut yang dapat diamati saat snorkeling atau menyelam.

Sudah ada homestay dan fasilitas penunjang wisata lainnya di Pulau Lihaga. Pengunjung perlu berkendara kurang lebih 90 menit dari Kota Manado ke Serei. Dari Serei, perahu motor melintasi laut selama sekitar 15 hingga 20 menit sebelum akhirnya tiba di Pulau Lihaga.

Untuk mengunjungi pulau tak berpenghuni ini, wisatawan perlu membayar tiket masuk dan menyewa perahu motor dengan harga terjangkau. Selain menikmati pemandangan bawah laut Likupang, berfoto di pulau ini juga menjadi kewajiban karena banyak spot foto yang instagramable dan wisata bahari yang memukau.

4. Pantai Paal





adv

Nama Pantai Paal terkait erat dengan cerita rakyat lokal Mamanua dan Lumalundung. Legenda yang diturunkan secara turun temurun oleh suku Minahasa ini menceritakan tentang Mamanua yang jatuh cinta pada Lumalundung namun harus berpisah sebelum akhirnya bertemu kembali di pantai dan mereka hidup bahagia di surga bersama putri mereka Walangsendau.

Konon pantai tempat bertemunya Mamanua, Lumalundung dan Walangsendau adalah Pantai Paal. Pantai Paal sering disebut sebagai pantai terindah di Likupang, jadi kamu wajib mengunjunginya bersama pacar. Daya tarik utama Pantai Paal terletak pada hamparan pantai berpasir putih lembut dengan garis pantai 1,5 km. Dihiasi dengan air laut dalam gradasi tiga warna yaitu pirus, biru muda dan biru tua, sebening kristal, keindahan Pantai Paal tak tertandingi, terutama saat matahari terbit atau terbenam.

Di Pantai Paal, tersedianya tempat parkir yang cukup luas, warung makan, paviliun pantai, dan fasilitas olahraga air menjadikan pantai ini sebagai tujuan wisata yang populer. Pantai ini terletak di Likupang Timur yang membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Manado untuk mencapainya.

Jika Anda mengunjungi empat destinasi wisata di atas saat berlibur bersama sahabat Anda di Likupang, Anda akan merasakan keindahan alam bumi Minahasa Utara itu sendiri yang sulit untuk dilupakan. Harga yang tercantum dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan yang berlaku.

Sebelum berkunjung ke Likupang, pastikan sudah mendapat booster shot dan tetap patuhi protokol kesehatan, mulai dari penggunaan masker yang benar, cuci tangan pakai sabun, dan social distancing agar aktivitas wisata tetap aman dan nyaman.

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang destinasi wisata dan inspirasi industri kreatif #DiIndonesiaAja dengan mengikuti akun Instagram @pesona.indonesia, Facebook @pesona.indonesia, Twitter @pesonaindonesia, TikTok @pesonaindonesia, YouTube Pesona Indonesia dan kunjungi website www.indonesia. Bepergian.

Jangan lupa juga untuk nonton NGATRI atau Ngobrol bareng Mas Menteri setiap akhir pekan dengan bintang tamu spesial yang disiarkan langsung di akun Instagram @pesona.indonesia. Ikuti juga kuisnya dengan cara follow akun Instagram @pesona.indonesia, jawab pertanyaan di kolom komentar dan mention tiga orang teman kamu.

(iklan/iklan)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button