Hary Tanoe: Untuk membangun Indonesia, ekosistem harus dibangun dengan kolaborasi: National Okezone - WisataHits
Jawa Barat

Hary Tanoe: Untuk membangun Indonesia, ekosistem harus dibangun dengan kolaborasi: National Okezone

Hary Tanoe: Untuk membangun Indonesia, ekosistem harus dibangun dengan kolaborasi: National Okezone

JAKARTA – MNC Group dan Kementerian BUMN berkesempatan untuk berkolaborasi dalam konten. Hal tersebut diprakarsai oleh Forum Business Gathering Kementerian BUMN dan MNC Group pada Jumat (20/01/2023). Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menyatakan bahwa pembangunan Indonesia memerlukan pembangunan ekosistem dengan kemitraan atau kolaborasi.

“Salah satu kekuatan MNC Group adalah bisa bekerja sama dalam konten, karena seperti BUMN: Telkom, Telkomsel sangat membutuhkan konten, dan itu juga sudah disampaikan di awal pembicaraan. Banyak lagi yang akan dieksplorasi nanti oleh teman-teman,” kata Hary, Sabtu (21/1/2023).

Peserta forum antara lain Menteri BUMN Erick Thohir, Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo, Wakil Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Angela Tanoesoedibjo, jajaran direksi sejumlah BUMN dan manajemen MNC Group. Melalui Business Gathering Kementerian BUMN dan MNC Group dilakukan diskusi terbuka mengenai kemungkinan kerjasama antara BUMN dan MNC Group.

Hary menambahkan, dirinya melihat perkembangan yang luar biasa di BUMN. “BUMN sudah banyak berubah sekarang. Ramping tapi efektif dan efisien. Saya melihat angkanya jauh lebih baik dari periode-periode sebelumnya. Selamat ulang tahun untuk Pak Erick!” tambah Harry.

Ia menambahkan, untuk lebih membangun Indonesia, perlu dikembangkan ekosistem dengan kemitraan atau kolaborasi. “Datanglah dengan pemain dalam negeri agar sama-sama membangun ekonomi dalam negeri,” pungkasnya.

Hary mengatakan ada sejumlah bisnis MNC Group yang bisa bekerja sama dengan BUMN. Bisnis yang dimaksud antara lain media, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Bogor, Jawa Barat. Kemudian dari sisi teknologi ke perbankan digital hingga pariwisata dan perhotelan. Dimana MNC Group menawarkan salah satu hotel berstandar global yaitu Westin Resort Nusa Dua, Bali.

MNC Group terus memperkuat bisnisnya melalui kerja sama dengan berbagai mitra strategis. Pada tahun 2022, MNC bermitra dengan Microsoft untuk mempercepat proses digitalisasi bisnis.

Kolaborasi ini mencakup media, layanan keuangan, hiburan, pendidikan, dan e-commerce. Melalui kemitraan ini, MNC Group akan memanfaatkan berbagai teknologi Microsoft seperti cloud, machine learning, dan blockchain, antara lain, untuk menyederhanakan proses penyimpanan, pengelolaan, dan analisis data perusahaan.

Menteri Erick mengatakan MNC Group merupakan perusahaan media digital potensial di Indonesia, sehingga kerjasama antara BUMN dan MNC akan memperkuat ekosistem data center di tanah air. Dia memastikan rencana kerja sama BUMN dan MNC Group tetap berdasarkan pemetaan yang baik.

“Kalau MNC adalah perusahaan media digital, mereka paling baik menamakan diri data digital. Ya, kita bisa bekerja sama untuk data center atau juga untuk pengembangan kawasan wisata. Memang bisa, tapi tentu saja pemetaannya harus benar,” kata Erick.

Ikuti Berita Okezone di Berita Google

(kha)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button