Wisata kuliner di Yogyakarta ini sempat viral di TikTok - WisataHits
Yogyakarta

Wisata kuliner di Yogyakarta ini sempat viral di TikTok

Wisata kuliner di Yogyakarta ini sempat viral di TikTok

Krjogja.com – YOGYA – Wisata kuliner di Yogyakarta sepertinya tidak pernah ada habisnya. Selalu ada restoran-restoran menarik dan unik yang bisa menjadi referensi pengunjung dan wisatawan.

Bahkan, tak hanya makanan tradisional seperti gudeg dan bakpia, namun beragam makanan modern pun meramaikan destinasi wisata kuliner Yogyakarta. Berikut sederet rekomendasi wisata kuliner Yogyakarta yang viral di TikTok.

1. Gudeg Bromo

Gudeg Bromo merupakan wisata kuliner di Yogyakarta yang tak kalah viral. Sejauh ini sudah ratusan postingan video yang menilai gudeg ini sebagai rekomendasi kuliner enak.

Gudeg Bromo atau Gudeg Bu Tekluk menyajikan rasa hangat yang tidak terlalu manis. Aneka menu pelengkap Gudeg juga tak kalah menjadi rekomendasi bagi pecinta kuliner.

Gudeg Bromo buka mulai pukul 23.00, namun biasanya pelanggan gudeg ini sudah mengantri sejak pukul 22.30. Satu porsi Gudeg Broo harganya antara Rp25.000 sampai Rp50.000.

Gudeg Bromo terletak di Jalan Affandi, No. 2A, Santren, Caturtunggal, Depok, Sleman.

2. Nasi Campur Teri Gejayan

Nasi Campur Teri Gejayan merupakan salah satu ikon kuliner legendaris di Yogyakarta. Seperti namanya, restoran ini menyajikan aneka lauk pauk yang cukup lengkap.

Menu utama resto ini adalah ikan teri yang rasanya asin, gurih dan pedas. Menu nasi campur ikan teri ini sudah dijajakan Pak Dul sejak tahun 1970-an yang kemudian diteruskan oleh menantunya Pak Subagiyo.

Menu nasi campur ikan teri ini bisa dinikmati dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari Rp 8.000 saja. Tersedia berbagai menu sayur dan lauk pauk lainnya antara lain nangka bayi, ayam, telur, tempe, tahu, perkedel jagung dan lain-lain. Nasi Campur Gejayan Teri terletak di Jalan Affandi No.5, Gejayan. Restoran ini buka setiap hari mulai pukul 17.00 hingga 03.00.

3. Sate Ratu

Sate Ratu adalah salah satu tempat makan viral Tiktok yang hampir tidak pernah sepi pengunjung. Warung Sate Ratu selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berbeda dengan sate pada umumnya, restoran ini menyajikan sate ayam berwarna merah. Ayam yang diasinkan dengan bumbu merah yang hangat, asin, dan sedikit panas.

Selain pedasnya, ciri khas ratu sate ini adalah potongan ayamnya yang besar dan empuk. Satu porsi Sate Ratu Sate Ayam Merah dibanderol mulai dari Rp 30.000 per porsi.

Warung Sate Ratu berlokasi di Jalam Sidomukti, Tiyosan, Condongcatur, Depok, Sleman, DIY. Rumah makan sate ini buka setiap Senin hingga Sabtu mulai pukul 11.00 hingga 21.00 WIB.

4. Ayam Artomoro bakar

Ayam Bakar Artomoro menjadi wisata kuliner Yogyakarta yang viral di TikTok. Ayam Bakar ini berlokasi di Jalan Palagan Prajurit Pelajar Km.7.8 No. 30A, Sleman, DIY.

Berbeda dengan ayam bakar pada umumnya yang rasanya manis, tempat ini menyajikan ayam bakar dengan bumbu yang tajam. Tapi jangan khawatir, Ayam Bakar Artomoro ini tidak hanya menawarkan menu ayam bakar pedas, ada juga ayam bakar manis beserta lauknya seperti asam jawa, petai, tahu, dan tempe.

Ayam bakar yang digunakan adalah ayam kampung yang dimasak dengan api kecil dengan berbagai bumbu antara lain bawang putih, bawang merah, cabai dan serai. Tambahan lainnya adalah santan agar ayam semakin gurih.

Proses pemasakan dilakukan sebanyak dua kali. Pertama, ayam direbus dengan air yang cukup sedikit hingga air rebusan hanya menyisakan bumbu dan daging ayam.

Kedua, ayam rebus direbus lagi dengan endapan bumbu pedas. Satu porsi ayam bakar mulai dari Rp 22.000 di restoran ini.

Ayam Bakar Artomoro buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button