Juara Umum DKI Jakarta, Tuan Rumah Sumatera Barat Juara 5 - WisataHits
Jawa Timur

Juara Umum DKI Jakarta, Tuan Rumah Sumatera Barat Juara 5

Padang, Padangkita.com – Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) ke-17 Tahun 2022 yang digelar di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) resmi ditutup di Auditorium Universitas Negeri (UNP) Padang pada Sabtu malam (26/11/2022).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Prof Zainuddin Amali mengakui keberhasilan pelaksanaan POMNas yang dilakukan Sumbar sebagai tuan rumah.

Dari segi medali, meski DKI Jakarta juara umum, Menpora juga memuji kinerja Sumbar yang mampu finis di posisi 5 besar dan menjadi satu-satunya provinsi di luar Jawa yang masuk 5 besar.

“Mereka yang masuk 5 besar di luar Pulau Jawa adalah juara sesungguhnya,” kata Zainuddin Amali.

Selain itu, menpora juga menyebutkan potensi wisata yang sangat besar di berbagai daerah di Indonesia. Ia optimistis jika potensi tersebut digarap tentu akan memberikan dampak yang luar biasa bagi Indonesia.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh panitia penyelenggara POMnas kali ini.

“Kami Pemprov Sumbar memberikan dukungan penuh kepada POMnas ini,” ujarnya.

Gubernur tidak hanya mendorong lahirnya atlet-atlet berprestasi, tetapi juga mengapresiasi kinerja POMnas yang secara langsung meningkatkan pendapatan masyarakat dan tentunya mendongkrak perekonomian Sumbar secara umum.

“Setidaknya lebih dari 10.000 orang telah berkunjung ke Sumbar, yang tentunya sangat bermanfaat dan berimplikasi ekonomi,” ujar Mahyeldi.

“Jadi kalau ada event nasional lagi di Sumbar, kami siap Pak Menteri,” tambah Gubernur.

Mahyeldi juga menyinggung tekad UNP untuk menjadi bagian dari Grand Design Olahraga Nasional (DBON), tentu ini menjadi kemenangan bagi Sumbar untuk mencetak atlet-atlet muda berbakat di tingkat nasional.

Diketahui, acara ini sebelumnya dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Ristek, Nadiem Anwar Makarim pada 17 November 2022 dan ditutup oleh Menpora hari ini, 26 November.

POMNas kali ini mempertandingkan 14 cabang olahraga yaitu Atletik, Basket, Voli, Futsal, Pencak Silat, Petanque, Tarung Gelar, Tenis, Renang dan Takraw, Bulutangkis, Panjat Tebing, Karate dan Taekwondo.

Dari 34 provinsi peserta, keluar 10 besar, yaitu Nusa Tenggara Timur (NTT) di urutan ke-10, Sulawesi Selatan di urutan ke-9, Daerah Istimewa Yogyakarta di urutan ke-8, Bali di urutan ke-7 dan provinsi Sumatera Utara di urutan ke-6.

Di lima besar juara, tuan rumah Sumbar berhasil menduduki peringkat ke-5 dengan perolehan 36 medali, kemudian Jawa Barat di peringkat ke-4 dengan perolehan 61 medali.

Baca Juga: Tuan Rumah Sumbar Targetkan Top 5 Gol Pomerantika Nasional 2022, Ini Olahraga Andalan

Selain itu, Juara 3 Jawa Timur dengan perolehan 72 medali, Juara 2 Jawa Tengah dengan perolehan 89 medali, dan Juara 1 atau juara umum diraih DKI Jakarta dengan total 115 medali. , dipegang. [isr]

*) BACA informasi terpilih lainnya dari Padangkita di Google News

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button