Inovatif, SDN Watukarung Pacitan melakukan uji kebugaran di tepi pantai Watukarung - WisataHits
Jawa Timur

Inovatif, SDN Watukarung Pacitan melakukan uji kebugaran di tepi pantai Watukarung

TIMESINDONESIA, PACITAN – Ada banyak cara untuk menjadi lebih sehat. Seperti inovasi SDN Watukarung Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan Jawa Timur yang melakukan tes kebugaran di pinggir Pantai Watukarung.

Bekerja sama dengan Puskesmas Candi, tes kebugaran ini ditujukan untuk siswa kelas 4-6 yang berjumlah 59 anak. Kegiatan rutin ini berlangsung setiap tahun pada hari Kamis, 17 November 2022 mulai pukul 08:00 – 11:00 WIB.

SDN-Watukarung.jpgTes bakat bagi siswa SDN Watukarung kelas 4-6. (FOTO: Risdiyanto untuk TIMES Indonesia)

Menurut Kepala SDN Watukarung Sri Wiharto, pasir putih dan keindahan Pantai Watukarung karena luasnya yang besar membuatnya sangat cocok sebagai media refreshing sekaligus media olahraga.

“Selain itu, lokasinya tidak jauh dari sekolah sehingga mudah dijangkau. Harapannya, para siswa semakin antusias dengan olahraga ini,” ujarnya, Rabu (23/11/2022).

Sri menambahkan, tes kebugaran dilakukan dengan lari 1 kilometer. Dengan cara ini, serotonin dan endorfin dapat ditingkatkan dalam tubuh siswa.

SDN-Watukarung-2.jpg

“Hormon serotonin dan endorfin bisa membawa keceriaan dan kebahagiaan, membakar lebih banyak kalori dan menguatkan otot kaki,” jelasnya.

Selain itu, proses belajar mengajar di kelas akan lebih mudah dan optimal bila kondisi fisik siswa segar dan bugar.

“Mentalitas siswa juga lebih terjaga, semangat belajar meningkat, sehingga prestasi akademik dan ekstrakurikuler bisa meningkat,” jelas Sri Wiharto.

Sebagai informasi: Berlokasi di Dusun Ketro, Desa Watukarung, Pantai Watukarung menjadi destinasi populer para wisatawan dari berbagai daerah bahkan mancanegara.

Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar untuk dijadikan tempat surfing. Namun, ombak di kawasan ini cukup aman karena tidak menarik saat mencapai pantai. Perairannya yang biru mampu menarik wisatawan untuk berenang dan menyelam.

Terdapat bukit-bukit di dekatnya yang menjadi tempat populer bagi wisatawan untuk berkemah sambil menyaksikan keindahan matahari terbenam.

Selain itu, wisata alam ini disempurnakan dengan hamparan pasir putih nan lembut yang luas dan diberkahi dengan pancaran sinar matahari yang cukup, menjadikannya sebuah sun spot eksotis yang mempesona.

Berjarak 23,6 kilometer dari alun-alun, waktu terbaik untuk menikmati keindahan Pantai Watukarung adalah saat pagi atau sore hari. Di sana Anda akan menemukan momen tak terlupakan yang layak diabadikan dengan kamera smartphone.

Tiket masuk ke Pantai Watukarung adalah Rp 5.000 per orang, Anda sudah bisa menjelajah dan menikmati keindahan alam Kabupaten Pacitan.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram Update TI. Caranya, klik link ini dan bergabunglah dengan kami. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button