Wisata Gunung Pabeas Cianjur, Fasilitas dan Harga Tiket - WisataHits
Jawa Barat

Wisata Gunung Pabeas Cianjur, Fasilitas dan Harga Tiket

Wisata Gunung Pabeas Cianjur, Fasilitas dan Harga Tiket

cianjur

Kabupaten Cianjur kini memiliki wisata alam baru yaitu Gunung Pabeasan. Wisata di kawasan perbukitan ini sangat bagus, dengan pemandangan alam pegunungan menjadi daya tarik utamanya.

Destinasi wisata ini sebenarnya sudah ditata sejak tahun 2019, namun akibat pandemi COVID-19, wisata alam di Gunung Pabeasan ditutup dan baru dibuka kembali pada akhir Desember 2022. Wisata ini berlangsung di Desa Malati, Kecamatan Naringgul. “Baru dibuka kembali akhir Desember 2022, jadi baru sekitar 3 minggu wisata ini dibuka,” kata Hendra Irawan, Direktur Desa Malati, belum lama ini.

Hendra mengungkapkan, Gunung Pabeasan awalnya merupakan hutan pinus di lahan milik Perhutani. Namun karena pemandangan alamnya yang indah, para pemuda dan pemerintah desa berinisiatif untuk menjadikan Gunung Pabeasan sebagai tujuan wisata.

Dengan modal seadanya, masyarakat dan pemerintah desa bergotong royong menata Gunung Pabeasan sebagai wisata baru di Cianjur selatan. Sekarang ada serangkaian wahana foto, tempat perkemahanke tempat peristirahatan melalui pemakaian tempat tidur gantung.

Selain itu di salah satu spot foto, pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang pegunungan dan Samudera Hindia di selatan Laut Jawa. “Sebenarnya ada dua aspek utama yang membuat Gunung Pabeasan menjadi pilihan untuk wisata. Pemandangan langsung ke perbukitan hijau yang enak dipandang mata dan laut juga terlihat dari perbukitan ini, dengan spot foto, bumi perkemahan dan lain-lain,” ujarnya.

Wisata Gunung Pabeas Cianjur.Wisata Gunung Pabeas Cianjur. Foto: Ikbal Selamat/detikJabar

Lingkungan dan alam yang masih terjaga membuat udara segar di wisata alam ini tanpa polusi udara akibat kepadatan kendaraan di perkotaan. Wisatawan yang datang juga bisa memesan makanan khas yaitu Nasi Liwet Banana Blossom yang tentunya memanjakan lidah dengan rasanya yang khas.

Bagi yang kurang puas dengan kunjungan singkat, wisatawan juga bisa menginap menggunakan fasilitas tersebut tempat perkemahan. “Ada tempat perkemahan, sehingga yang ingin menginap bisa menyewa tenda dengan harga yang terjangkau yaitu hanya Rp 40.000 per unit tenda,” ujarnya.

Untuk menuju Gunung Pabeasan ada dua jalur alternatif yaitu melalui Bandung via Ciwidey atau lewat jalur selatan Cianjur. Dari Bandung waktu tempuh menuju wisata ini hanya sekitar 3 jam, sedangkan jarak tempuh dari Cianjur lebih jauh dan memakan waktu sekitar 5 jam.

“Dekat sekali dari jalan utama Naringgul, hanya sekitar 50 meter. Sangat strategis memang, di pinggir jalan di tempat wisata alam ini,” ujarnya.

Hendra menambahkan, saat ini wisatawan yang berkunjung hanya cukup membayar tiket parkir yakni Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. “Belum ada tiket masuknya, masih dibatasi untuk parkir kendaraan. Tiket akan diterapkan di masa depan tetapi setelah tur sepenuhnya diatur,” katanya.

Ke depan, pengelolaan Gunung Pabeasan akan dimanfaatkan baik sebagai wisata alam maupun wisata edukasi dengan kebun binatang mini. “Kami ingin Gunung Pabeasan tidak sebatas wisata alam biasa, tapi juga mengenalkan pendidikan untuk anak-anak, hewan untuk anak-anak. Sehingga yang datang bisa menikmati pemandangan alam sekaligus memberikan pendidikan bagi anak-anaknya,” tutupnya.

(enak/iqk)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button