Dinas Pariwisata, Kebudayaan, dan Pariwisata Jabar menggalakkan pelatihan content creator bagi generasi muda di pedesaan - WisataHits
Jawa Barat

Dinas Pariwisata, Kebudayaan, dan Pariwisata Jabar menggalakkan pelatihan content creator bagi generasi muda di pedesaan

Laporan Wartawan Tribun Jabar Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat sedang menyiapkan program pendidikan dan pelatihan bagi generasi muda di sejumlah daerah di Jawa Barat.

Kepala Disparbud Jabar Benny Bachtiar mengatakan, para pemuda di desa tersebut mendapatkan pendidikan dan pelatihan bagaimana membuat konten dan mempromosikan potensi wisata di daerah tempat tinggal mereka.

“Jadi nanti mereka harus belajar bagaimana membuat konten, bagaimana menggunakan teknologi informasi ini agar bisa menggali potensi desanya, itu yang kita perkuat,” kata Benny, Sabtu (12/10/2022).

Baca juga: Lowongan Kerja PT KAI Pariwisata Desember 2022 Untuk Lulusan SMA/SMK Hingga S1, Daftar Disini

Program tersebut rencananya akan dimulai tahun depan. Adapun untuk tahun ini, kata dia, pihaknya akan menggunakan kreator muda dari berbagai daerah di Jabar untuk mempromosikan pariwisata di Jabar. Para kreator dinobatkan sebagai duta Smile West Java (SWJ).

“Kemarin kita ambil yang sudah siap, nanti polanya beda, kita distribusikan ke desa-desa di Jabar, nanti kita didik dulu, didik. Jadi jangan bayar lagi,” katanya.

Potensi kepariwisataan di desa-desa tersebut selanjutnya dikembangkan melalui pendidikan dan pelatihan.

“Tujuannya seribu konten kreator atau lebih,” katanya.

Saat ini, kata dia, sudah ada 434 desa wisata di Jabar yang terbagi menjadi desa wisata percontohan, maju, berkembang, dan mandiri.

Semua desa wisata yang tidak diketahui banyak orang ini dipromosikan oleh pencipta dan menjadi pemandu bagi wisatawan yang ingin menjelajahi tempat wisata di Jawa Barat.

Baca Juga: Kapolres dan Dinas Pariwisata Sampaikan Belasungkawa atas Meninggalnya Mantan Bupati Pangandaran

“Ini ide Pak Gubernur. Pak Gubernur berharap para kreator konten ini bisa menggali potensi yang ada di Jabar, khususnya pariwisata, karena potensi wisata ini belum tergarap sampai saat ini,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button