Wisata domestik masih menjadi primadona, Puncak Bogor menjadi pilihan utama - WisataHits
Jawa Barat

Wisata domestik masih menjadi primadona, Puncak Bogor menjadi pilihan utama

Jakarta (ANTARA) – Pariwisata domestik tetap kuat, meski banyak perbatasan internasional telah dibuka.

Shirley Lesmana, Chief Marketing Officer Traveloka, mengatakan saat ini masyarakat memiliki banyak pilihan destinasi wisata domestik sehingga pemesanan travel semakin meningkat.

“Pasar domestik mengalami tren yang cukup positif, sekarang pilihan masyarakat lebih beragam, sekarang masyarakat juga lebih eksploratif,” kata Shirley dalam diskusi media “New Travel Slogan: Life, Your Way” pada Kamis di Jakarta.

Baca Juga: Persiapkan Rencana Liburan yang Dibicarakan dengan Baik, Ini Contoh Traveling di Kota Bandung

Shirley mengatakan pandemi telah menjelaskan kepada sebagian besar wisatawan lokal bahwa Indonesia sangat indah. Jalan-jalan ke Indonesia Timur seperti Labuan Bajo menjadi pilihan yang populer Wisatawan.

“Ada beberapa destinasi yang lebih kuat dibanding sebelum pandemi. Hal ini menyebabkan pemerintah dan platform perjalanan bekerja sama, destinasi yang dipilih didukung oleh pemasaran dan infrastruktur yang baik,” kata Shirley.

Sementara menjelang akhir tahun 2022 terjadi peningkatan perjalanan yang dibarengi dengan berbagai promo yang ditawarkan.

Baca Juga: Pesona Pantai Lasiana Primadona Pariwisata Kota Kupang Bikin Pengunjung Betah

Bali dan negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thailand masih menjadi tempat liburan yang indah. Sedangkan Bogor termasuk Puncak menjadi pilihan mengunjungi Favorit untuk liburan di akhir tahun.

“Untuk akhir tahun 2022 cukup positif menggunakan kasusitu lebih beragam dan berkisar dari mengunjungiBogor, Puncak kalau agak jauh ke Bali atau Asia Tenggara,” kata Shirley.

Laporan SEA e-Conomy 2022 menemukan bahwa sektor perjalanan menunjukkan tren pemulihan bertahap dan akan mencapai pemulihan penuh pada tahun 2023 dan 2024.

Baca juga: Kuliner sebagai pintu masuk wisata di Indonesia

Menurut laporan yang sama, perjalanan domestik menunjukkan tren pemulihan yang lebih cepat, mencatat bahwa pemesanan hotel di Asia Tenggara mencapai hampir 80 persen dari tingkat sebelum pandemi.

Sedangkan penumpang penerbangan domestik di Indonesia dan Malaysia masing-masing mencapai 70 persen dan 60 persen dibandingkan tahun 2019.

Data internal Traveloka juga menunjukkan pada kuartal ketiga 2022, pemesanan perjalanan ke destinasi internasional meningkat hingga lima kali lipat dan pemesanan perjalanan ke destinasi domestik lebih dari 30 persen.

Secara keseluruhan, pemesanan tiket pesawat juga meningkat hingga empat kali lipat dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Baca juga: BPOLBF dukung pengembangan desa liburan

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button