Wisata alam populer di Jawa Tengah menawarkan panorama yang indah dan mempesona - WisataHits
Jawa Tengah

Wisata alam populer di Jawa Tengah menawarkan panorama yang indah dan mempesona

Wisata alam populer di Jawa Tengah menawarkan panorama yang indah dan mempesona

Kamis, 25 Agustus 2022 13:37 Wartawan: Ayu Isti

Wisata alam populer di Jawa Tengah menawarkan panorama yang indah dan mempesona
Karimunjawa. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com – Mengisi waktu liburan dengan mengunjungi berbagai tempat wisata memang menjadi kegiatan yang menyenangkan. Selain bisa menikmati waktu bersama keluarga atau teman, kegiatan liburan juga bisa membantu memulihkan tubuh dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari. Hal ini memungkinkan tubuh dan pikiran untuk kembali bugar dan siap untuk aktivitas sehari-hari.

Jika Anda tidak harus bepergian jauh ke luar negeri, Indonesia memiliki beragam tempat wisata yang menarik dan populer untuk dikunjungi. Daerah yang memiliki banyak objek wisata menarik adalah Jawa Tengah. Khusus bagi pecinta alam, ada berbagai tempat wisata alam yang indah dan eksotis di Jawa Tengah yang tidak boleh Anda lewatkan.

Artikel media taboola

Di Jawa Tengah, Anda bisa mengunjungi Pulau Panjang yang berpasir putih di Jepara, wisata air Umbul Ponggok Klaten yang terlihat seperti laut, Pantai Karang Bolong Kebumen dengan perbukitan karang yang indah, Dataran Tinggi Dieng Wonosobo dan Hutan Pinus Kayon yang hijau dan asri. .

Jika Anda sedang merencanakan liburan bersama keluarga atau teman, beberapa tempat wisata alam di Jawa Tengah ini bisa menjadi pilihan. Dengan panorama alam yang indah dan menarik, tak hanya memanjakan mata, namun juga memastikan pengunjung bisa bersantai.

Dari berbagai sumber berikut kami rangkum tempat wisata alam jawa tengah yang bisa menjadi rekomendasi anda.

2 dari 4 halaman

Wisata Alam di Jawa Tengah : Pulau Panjang, Pulau Karimunjawa

Rekomendasi pertama untuk wisata alam di Jawa Tengah adalah Pulau Panjang. Ini adalah pulau kecil di Kabupaten Jepara seluas 19 hektar. Di sini Anda bisa melihat pemandangan laut biru dengan pasir putih. Ombak di pulau ini juga kecil, sehingga aman bagi setiap pengunjung yang datang.

Tentu saja, Anda bisa berenang atau snorkeling di pantai untuk melihat keindahan bawah laut. Ada juga pilihan berkemah bagi pengunjung yang ingin bermalam dan menikmati indahnya suasana di pulau ini. Jika tertarik, Anda bisa datang langsung ke Pulau Panjang dengan menyeberang sekitar 15 menit dari Pulau Kartini.

Ada pilihan lain jika ingin menikmati wisata alam Jawa Tengah khususnya di Jepara. Tak lain adalah Pulau Karimunjawa. Pastinya sebagian besar dari Anda sudah pernah mendengar tentang pulau ini. Juga dikenal sebagai Taman Nasional Karimun Jawa, adalah suaka margasatwa yang dilindungi dan dikelola oleh pemerintah.

Di pulau ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik. Mulailah dengan berenang, menyelam, snorkeling, memancing atau sekedar menikmati pemandangan di pantai. Warna biru laut dengan pasir putih di pulau ini menciptakan kombinasi nada yang indah dan menawan. Akomodasi juga disediakan bagi pengunjung yang ingin tinggal beberapa hari di pulau ini.

3 dari 4 halaman

Wisata Alam di Jawa Tengah : Umbul Ponggok, Pantai Karang Bolong

Rekomendasi wisata alam di Jawa Tengah selanjutnya adalah Umbul Ponggol. Ini adalah atraksi air berupa kolam renang yang sangat besar namun didesain menyerupai lautan. Tentu saja Anda bisa melihat ikan-ikan kecil berenang bebas di sini. Tak hanya itu, Kolam Umbul Ponggok juga dilengkapi dengan bebatuan dan pernak pernik lainnya yang menambah daya tarik pemandangan.

Tak heran jika objek wisata ini kerap menjadi pilihan para pasangan untuk berfoto prewedding. Jangan khawatir, bagi Anda yang hanya ingin berwisata, ada berbagai spot foto menarik yang patut untuk disimak. Jika Anda tertarik, Anda bisa datang langsung ke tempat wisata di desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah ini.

Wisata alam di Jawa Tengah yang bisa menjadi pilihan selanjutnya adalah Pantai Karang Bolong, Kebumen. Pantai ini terkenal dengan gundukan karang yang indah dan berbentuk unik. Air laut di pantai ini juga relatif tenang sehingga aman bagi pengunjung yang ingin bermain air di sekitar pantai. Anda juga bisa duduk santai sambil bermain pasir sambil menunggu matahari terbenam di pantai.

Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan momen indah saat Anda berkunjung ke pantai ini. Jika tertarik, Anda bisa datang ke tempat wisata pantai yang terletak di Desa Karang Bolong, Kecamatan Buayan, Kebumen, Jawa Tengah ini. Cukup bayar tiket masuknya seharga 5.000 rupiah Anda bisa menikmati liburan bersama keluarga dan teman dengan menyenangkan.

4 dari 4 halaman

Wisata alam di Jawa Tengah : Dataran Tinggi Dieng, Hutan Pinus Kayon

Tempat wisata alam di Jawa Tengah lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo. Ini adalah objek wisata dataran tinggi yang terletak di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut. Di sini Anda bisa melihat kawah gunung berapi aktif dengan warna hijau tosca yang indah dan asri.

Tempat wisata ini juga sering menjadi tujuan para pendaki untuk menikmati panorama alam yang indah dari atas. Tak heran jika Anda melihat banyak tenda yang didirikan oleh para pendaki. Saat berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng, jangan lupa untuk mampir ke Dataran Tinggi Dieng yang sangat populer.

Wisata alam Jawa Tengah, rekomendasi terakhir yang tak kalah menarik adalah Hutan Pinus Kayon. Hutan pinus ini terletak di kawasan wisata di lereng Gunung Batur, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Semarang, Jawa Tengah. Di sini Anda disuguhkan pohon pinus yang menjulang tinggi dan berpohon rapi.

Pengunjung sering menghabiskan waktu berkemah di kawasan hutan pinus ini. Namun, jika tidak ingin bermalam, Anda bisa menikmati pemandangan atau mencari spot foto yang menarik. Salah satunya adalah foto pohon pinus dengan bentuk batang melengkung yang unik. Ini adalah spot foto yang populer bagi pengunjung yang datang ke objek wisata ini.

[ayi]

Source: www.merdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button