Wisata alam Gunung Pancar Bogor, harga tiket dan fasilitasnya - WisataHits
Jawa Barat

Wisata alam Gunung Pancar Bogor, harga tiket dan fasilitasnya

Bogor

Setelah lelah bekerja dan belajar selama seminggu, kegiatan rekreasi akhir pekan dapat menyegarkan tubuh dan pikiran Anda. Salah satu jenis rekreasi yang menyenangkan adalah wisata alam.

Jawa Barat sendiri memiliki beragam tempat wisata alam. Salah satu yang paling diminati karena tidak jauh dari Jakarta adalah Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Pancar Sentul. Selain kondisi alam yang asri dan fasilitas yang memadai, TWA ini hanya berjarak 62 km dari Jakarta Pusat.

TWA Gunung Pancar terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Tempat wisata ini buka setiap hari selama 24 jam. Tiketnya sendiri relatif murah yaitu Rp 5.000 di hari biasa dan Rp 7.500 di akhir pekan.

Lalu kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di TWA Gunung Pancar Sentul?

1. Berkemah dan glamping

Alam yang asri, udara yang sejuk dan fasilitas yang lengkap seringkali menjadi alasan utama mengapa pengunjung memilih TWA Gunung Pancar sebagai tempat camping dan glamping (glamorous camping).

Untuk merasakan sensasi menginap di TWA Gunung Pancar, Detics memiliki pilihan untuk membawa tenda sendiri atau menggunakan tenda yang disediakan pengelola. Jika membawa tenda sendiri, pengunjung hanya perlu membayar Rp100.000 per orang. Sedangkan jika ingin menggunakan tenda pengelola, dikenakan biaya Rp 200.000 per orang. Tenda dapat digunakan oleh 4 orang.

Selain camping, TWA Gunung Pancar juga menawarkan kegiatan glamping yang pengelolaannya juga didukung oleh The Carpenter Outdoor. Untuk menikmati glamping di sini Anda perlu merogoh kocek Rp 1,5 juta per orang.

2. Mendaki

Dengan area hutan pinus dan jalur yang cukup menantang, trekking juga bisa menjadi pilihan bagi pengunjung yang ingin bersantai selama berpetualang. Jangan khawatir, Anda akan ditemani oleh pemandu lokal yang berpengalaman.

Untuk aktivitas yang dapat dilakukan oleh minimal 4 orang ini, Anda perlu membayar Rp150.000. Pengunjung juga dapat memilih durasi perjalanan dari 30, 60 atau 90 menit. Trekking sendiri bisa dimulai antara pukul 06.00-09.00 WIB.

3. Keluar

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan di acara reuni keluarga, sekolah dan perusahaan juga ada di TWA Gunung Pancar. Selain menyiapkan berbagai fun games, pengelola juga menyediakan fasilitas lengkap seperti makan siang, coffee break, listrik, sound system bahkan asuransi.

untuk merasakan pengalaman keluar Di TWA Gunung Pancar, Anda perlu menyiapkan dana mulai dari Rp 350.000 hingga Rp 380.000 per orang. Kegiatan ini dapat dilakukan oleh minimal 30 orang.

4. Foto

Salah satu kegiatan yang paling diminati wisatawan yang berkunjung ke TWA Gunung Pancar adalah fotografi. Pasalnya, TWA Gunung Pancar memiliki ribuan spot foto yang pastinya instagramable.

Jika Anda tidak suka berfoto selfie atau tidak memiliki objek model untuk difoto, fotografer juga memiliki beragam objek foto lainnya. Karena banyak sekali angle yang bisa di explore di TWA Gunung Pancar ini. Jika Anda beruntung Anda mungkin melihat burung kutilang dan elang juga, lho!

Selain itu, pengelola TWA Gunung Pancar juga mengizinkan penggunaan area ini untuk foto prewedding. Untuk pengambilan foto prewedding, pengelola TWA mematok harga Rp750.000 untuk kegiatan syuting sehari penuh.

5. Berendam di pemandian air panas

Untuk merilekskan tubuh setelah seminggu penuh beraktivitas, mandi di pemandian air panas TWA Gunung Pancar bisa menjadi solusi yang menarik. Di tempat ini, detics akan menemukan dua buah kolam renang berukuran sekitar 10 x 8 meter, satu untuk laki-laki dan satu lagi untuk jenis kelamin perempuan.

Selain itu, ada juga family pool yang bisa menampung 3-4 anggota keluarga. Untuk menikmati air panas yang mengalir dari Gunung Pancar yang masih aktif, Anda cukup membayar tiket masuk mulai dari Rp 5.000.

6. Aktivitas bersepeda dan menuruni bukit

Pada akhir pekan, kawasan Sentul City dikenal ramai oleh pengendara sepeda. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Pasalnya kawasan Sentul City yang memiliki kontur seperti perbukitan memang asyik dijadikan kawasan sepeda.

Selain sepeda aspal, Sentul City juga terkenal dengan Taman Sebex (Sentul Bike Extreme) yang terletak di TWA Gunung Pancar. Lintasan yang dikelola oleh Jakarta Downhill Community ini kerap menjadi tujuan para pesepeda pecinta adrenalin.

Nggak main-main, Sebex punya kualitas track level internasional juga lho. Jalur downhill ini bahkan pernah digunakan pada SEA Games 2011.

Tertarik berwisata ke TWA Gunung Pancar?

(iqk/iqk)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button