Informasi wisata Gunung Wilis - WisataHits
Jawa Timur

Informasi wisata Gunung Wilis

Gunung Wilis merupakan salah satu gunung yang sering menjadi incaran para pendaki gunung di Jawa Timur. Tempat ini memiliki beberapa puncak dan tertinggi adalah 2.563 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini juga sangat luas dan menempati wilayah Kota Kediri dan enam kabupaten lainnya yang meliputi Kabupaten Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Nganjuk, Kediri dan Madiun. Selain itu, tempat ini diberkahi dengan berbagai tempat wisata di kaki gunung.

Jika Anda tertarik untuk berwisata ke sini, berikut informasi selengkapnya tentang Gunung Wilis.

1. Lokasi, jam buka dan tiket

Info Wisata Gunung Wilis: Lokasi, Aktivitas, dan TipsGunung Wilis (instagram.com/sofyan_____)

Lokasi: Tawang, Banaran, Pulung, Ponorogo, Jawa Timur

Waktu aktif: 24 jam

Tiket masuk: Gratis

2. Misteri dan Mitos di Gunung Wilis

Info Wisata Gunung Wilis: Lokasi, Aktivitas, dan TipsGunung Wilis (instagram.com/sofyan_____)

Tak hanya pesonanya yang memukau, ternyata ada sejarah mistis di sekitar Gunung Wilis. Menurut kepercayaan yang berlaku, ada ular jaga dan gua tak kasat mata yang dihuni oleh pertapa berwajah monyet.

Ada juga cerita tentang sosok putih misterius yang diyakini berasal dari kerajaan Mataram, seekor naga raksasa, dan sosok korban pembantaian PKI di sekitar makam di jalan setapak.

Terlepas dari itu, keberadaan mitos ini mungkin atau mungkin tidak dipercaya. Hal ini dikarenakan tidak semua pengunjung Gunung Wilis dapat merasakan atau melihat keberadaan sosok-sosok tersebut.

Baca Juga: 9 Fakta Gunung Wilis, Gunung di Jawa Timur dengan Banyak Puncak

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

3. Aktivitas Menarik di Gunung Wilis

Info Wisata Gunung Wilis: Lokasi, Aktivitas, dan TipsGunung Wilis (instagram.com/adambishawa)

Gunung Wilis memiliki 40 puncak dan yang tertinggi dikenal dengan Puncak Ngliman. Puncaknya tersebar di berbagai kabupaten.

Hal pertama yang dapat dilakukan wisatawan adalah pergi hiking. Ketika wisatawan tiba di area puncak, mereka disuguhi pemandangan berupa vegetasi rumput yang baru tumbuh.

Jika Anda berada di puncak tertinggi, Anda bisa melihat pemandangan puncak gunung lainnya. Juga, dalam perjalanan ke gunung, mereka melewati berbagai tempat menarik dan bersejarah.

4. Fasilitas di Gunung Wilis

Info Wisata Gunung Wilis: Lokasi, Aktivitas, dan TipsGunung Wilis (instagram.com/adambishawa)

Wisata alam ini memiliki beberapa fasilitas dan pelayanan yang tersedia di titik wisata Gunung Wilis. Fasilitas ini meliputi tempat parkir, area relaksasi, dan kamar mandi.

Ada juga lokasi berkemah yang bisa menampung cukup banyak tenda. Wisatawan disarankan untuk membawa tenda sendiri.

5. Tips Mengunjungi Gunung Wilis

Info Wisata Gunung Wilis: Lokasi, Aktivitas, dan TipsGunung Wilis (instagram.com/adambishawa)

Sebelum berkunjung ke Gunung Wilis, pengunjung harus mempersiapkan keperluan yang pasti akan dibutuhkan, seperti: B. Bekal, air minum dan jaket tebal. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan peralatan medis yang diperlukan, termasuk obat-obatan jika memiliki penyakit tertentu, sabun, tisu basah, obat-obatan lain dan antiseptik.

Pengunjung disarankan untuk mempersiapkan fisik dengan baik dan tentunya kendaraan juga dalam kondisi baik untuk memastikan liburan berjalan dengan lancar. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati mengingat kondisi di hutan yang sewaktu-waktu bisa tidak terduga.

Jika Anda ingin menyatu dengan alam maka inilah saatnya menjadikan Gunung Wilis pilihan Anda. Suasananya masih asri dan cocok untuk dijadikan tempat obat.

Baca Juga: 5 Jalur Pendakian Gunung Wilis yang Menantang Bagi Pendaki Pemula

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button