Vanda Park di Bandung, Tempat Liburan Keluarga dan Romantis! - WisataHits
wisatahits

Vanda Park di Bandung, Tempat Liburan Keluarga dan Romantis!

Taman Vanda – Ada banyak tempat wisata di bandung Yang terkenal. Bandung sendiri merupakan kota bersejarah dimana banyak event nasional dan internasional berlangsung.

Misalnya Bandung Lautan Api pada Konferensi Asia Afrika. Pada tahun 2015, Bandung kembali menjadi tuan rumah Perhelatan Akbar Negara-Negara Asia Afrika dalam rangka HUT ke-60.

Alhasil, banyak ruang publik di Kota Bandung yang direvitalisasi. Salah satunya adalah Taman Vanda. Taman kota ini terletak di tengah Jalan Merdeka, tepatnya di antara Balaikota, Mapolrestabes Bandung dan gedung Bank Indonesia.

Salah satu alasan revitalisasi taman ini adalah itu gambar negatif yang dimilikinya. Dulu, Vanda Park terkenal dengan perawatannya yang rendah dan telah menjaditempat penampungangelandangan, ngengat dan mereka yang “beroperasi” di Jalan Tera.

Taman VandaTaman Vanda

Masyarakat Bandung tentu paham akan hal ini. Namun ternyata revitalisasi menjadi pilihan yang tepat karena setelah itu Taman Vanda mulai terkenal. Banyak warga yang mulai menikmati sore dan malam di sana bersama keluarga.

Jangan lewatkan: 37 Tempat Kuliner di Bandung yang Wajib Dicoba

Sejarah penciptaan Taman Vanda

Nama Vanda bukanlah plesetan dari kata Panda, melainkan nama sejenis bunga anggrek. Kisah penciptaan taman ini dulunya berupa gereja berukuran 8×21 meter. Namanya Gereja Santa Franciscus Regis. Gereja ini merupakan gereja Katolik pertama di kota Bandung yang didirikan oleh Pastor Christianus Schets SJ dan diberkati oleh Mgr. Staal. Sayangnya, gereja yang didirikan pada 16 Juni 1895 itu dibongkar pada awal tahun 1920-an.

Tempat Rekreasi Keluarga Vanda Park via NotebookTempat Rekreasi Keluarga Vanda Park via Notebook

Setelah gereja menghilang, di tanah tersebut kemudian dibangun sebuah bioskop bernama Rex. Rex bertahan hingga awal 1950-an dan berubah menjadi Pusat Kebudayaan. Fungsi gedung berubah menjadi ruang kuliah di Universitas Katolik Parahyangan.

Pada tahun 1960-an dan 1970-an, Unpar tidak lagi menggunakan Pusat Kebudayaan sebagai gedung pertemuan, sehingga gedung tersebut diubah menjadi gedung bioskop. Selain itu juga digunakan untuk latihan bulu tangkis dan latihan tari Viatikara. Baru pada tahun 1990-an Bioskop Vanda dihancurkan dan diubah menjadi Taman Vanda.

Hebat juga: Liburan Seru di Pasar Terapung Lembang Bandung Jawa Barat

Harga Tiket Masuk Taman Vanda Bandung

Beruntung bagi Anda, karena tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk masuk ke Vanda City Park. Kecuali Anda membawa kendaraan pribadi, Anda akan dikenakan biaya parkir. Sepeda motor dan mobil dikenakan biaya mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 5.000 saja.

Vanda City Park beroperasi 24 jam sehari. Anda bebas pergi ke sana kapan saja. Namun jika ingin merasakan riuhnya jalan-jalan, Anda bisa datang dari pukul 09:00 hingga 21:00 WIB.

Taman VandaTaman Vanda Bandung

Jelajahi keindahan Taman Kota Vanda

Taman Vanda Kota BandungTaman Vanda Kota Bandung

Salah satu theme park yang ada di Kota Bandung ada di dekat Jalan Jawa, Jalan Braga dan Jalan Perintis Kemerdekaan. Maka, taman berbentuk segitiga ini dikelilingi tembok dan ditanami banyak tanaman hias. Suasana disegarkan dan dihiasi dengan air mancur dan tempat duduk yang nyaman.

Vanda Park juga dekat dengan ruang publik lainnya. Jika Anda menuju utara, Anda akan menemukan Alun-alun Balai Kota Bandung. Taman ini sangat cocok untuk nongkrong di siang atau malam hari, dan sering dipadati pengunjung. Pasalnya, pada malam hari terdapat air mancur yang airnya memancar dari 20 titik air dengan lampu berwarna. Itu indah, bukan?

Seru juga bermain dengan anak-anakSeru juga bermain dengan anak-anak

Itu sebabnya juga di akhir pekan, banyak komunitas yang akan melakukan aktivitas di sana. Taman seluas 2.000 meter persegi ini akan sangat ramai dikunjungi pengunjung. Bahkan tak jarang banyak pasangan yang memadu kasih romantis di sini. Pasalnya, mereka menganggap suasana malam hari di Vanda Park sangat eksotik dan romantis.

Kunjungi juga: Liburan Seru di Obyek Wisata Gunung Tangkuban Perahu di Bandung

Kunjungi juga tempat-tempat wisata di sekitar Vanda Park

Jika Anda belum puas berjalan-jalan di sekitar Vanda Park, jangan khawatir bosan karena Anda bisa pergi ke tempat wisata lain di sekitarnya. Taman ini berada di pusat kota sehingga ada banyak tempat wisata di sekitarnya. Dari wisata sejarah, kuliner, belanja:

  1. Jalan Bragan

Atau ingin berbelanja seperti di Orchard Road Singapore? Datanglah ke Jalan Braga. Jalan tersebut merupakan tempat wisata belanja paling terkenal di Bandung. Ada juga pusat hiburan Braga City Walk di Wiki Kaffie.

Jalan Bragan

  1. Taman Balai Kota

Pada zaman Belanda, kebun ini merupakan gudang kopi milik Andreas De Wilde. De Wilde adalah seorang tuan tanah yang memiliki sebagian besar wilayah Bandung dan juga seorang pengusaha perkebunan kopi. Gudang itu dibangun pada tahun 1819.

Setelah Andreas De Wilde dikembalikan ke Belanda oleh pemerintahnya sendiri, itu dibangun Rumah Gemeente (Balai Kota). Di sana, sejak tahun 1885 dibangun taman untuk mengenang jasa Pieter Sitjhoff, wakil residen kota Bandung saat itu. Taman itu bernama Taman Pieter Sitjhoff. Pada tahun 1950-an, nama taman ini berubah menjadi Taman Merdeka dan berganti lagi menjadi Taman Dewi Sartika pada tahun 1996.

  1. taman kunci cinta

Ingin merasakan memasang gembok cinta seperti di Namsan Tower, Korea yang sering muncul di drama-drama? Di Bandung juga bisa, lho. Datanglah ke Taman Cinta Gembok di Bandung. Kawasan ini mudah ditemukan karena berada di kawasan Taman Balai Kota. Rangka besi tersebut berukuran 2,5 meter x 2 meter, cukup lebar untuk menggantungkan ribuan gembok love couple.

  1. Taman Sejarah Bandung

Taman ini berada di Jalan Aceh, tidak jauh dari Balai Kota Bandung. Luas tanah kurang lebih 2,6 km2 dengan tempat bermain anak yang luas. Ada juga kursi kayu. ampiteaterdan kolam kecil.

Jangan heran kenapa taman bermain menjadi prioritas di sini, karena target pengunjung Pemkot Bandung memang balita. Mereka berharap selain bermain nanti, anak-anak juga bisa belajar sejarah Bandung dan tidak membosankan.

  1. taman lajang

Jangan salah dengan nama taman ini. Meski namanya memilih ungkapan Jomblo, taman ini tidak didedikasikan untuk jomblo dan bujangan, lho. Orang yang memiliki pasangan dan keluarga juga pergi ke sana.

Walikota mengambil nama Jomblo karena kursi taman itu hanya untuk satu kursi dan jumlahnya banyak. Alhasil, interpretasi kursi Jomblo pun diucapkan, sehingga lahirlah nama taman ini. Fitur khusus di sini adalah bangku berwarna-warni.

Kamu harus berhenti: 28 Tempat Kuliner Romantis di Bandung

Tips berwisata ke Vanda Park Bandung

Ada tips jika anda berkunjung ke Taman Kota Vanda Bandung yaitu :

  • Jangan pernah parkir di bahu jalan karena pasti akan kena denda
  • Lokasi sangat ramai jadi bisa parkir di parkiran balai kota atau di Polrestabes biar lebih nyaman

Demikian ulasan tentang Tempat Wisata Taman Kota Vanda di Bandung. Taman ini wajib Anda masukkan ke dalam daftar destinasi wisata Bandung karena Vanda Park mungkin salah satunya tempat untuk mengingat di dalam hidupmu.

Selain itu, Vanda Park merupakan desain kreatif seperti taman lain di Bandung yaitu Taman Jomblo, Taman Lansia, Taman Labirin, Taman Film, Taman Fotografi dan Teras Cikapundung. Selamat berlibur!

Juga jangan lewatkan: Wahana di Trans Studio Bandung

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button