Curug Ciomas, pesona keindahan air terjun super jernih di Bogor - WisataHits
wisatahits

Curug Ciomas, pesona keindahan air terjun super jernih di Bogor

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Cikutamahi, Kec. Cariu, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Salah satu tempat wisata yang menarik dan bisa menjadi alternatif saat Anda berkunjung ke kota Bogor bersama keluarga atau teman, yaitu Curug Ciomas. Air terjun ini terkenal dengan keindahannya. Keadaan air terjunnya juga begitu alami karena belum banyak terjamah oleh manusia.

Lokasi air terjun ini berada di kawasan sekitar pedalaman hutan dan perjalanan menuju tempat wisata ini cukup jauh. Oleh karena itu, wajar jika masih sedikit pengunjung yang datang ke tempat ini. Sebelum dijadikan kawasan wisata, air terjun Ciomas sering digunakan untuk berenang.

Banyak warga sekitar yang pergi ke tempat ini untuk melakukan aktivitas sehari-hari, seperti mengairi sawah dan sawah. Suasana di sekitar air terjun dikenal begitu segar, asri dan alami. Karena tempat ini berada di bawah kaki Gunung Sanggabuana. Jadi liburan yang menarik jika Anda mengunjungi air terjun.

Penawaran Ciomas Curug

Air Terjun CiomasKredit gambar: Google Maps novan hermawan

1. Keindahan air terjun

Tempat ini bernama Curug Ciomas. Air terjun ini juga sering disebut sebagai Green Canyon Cariu Bogor. Hal ini dikarenakan keindahan panorama alamnya yang cukup mirip dengan Green Canyon di kawasan Pangandaran.

Selain itu, airnya yang jernih juga menyerupai warna hijau, yang di permukaannya tampak seperti cermin dan diapit oleh tebing-tebing yang indah. Air terjun ini memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi, namun untuk masalah panorama dan keindahannya tidak kalah indahnya dengan air terjun wisata lainnya.

Pengunjung yang datang nanti bisa merasakan suasana tempat yang begitu sejuk. Pepohonan yang sangat rindang di area sekitar lokasi tidak hanya menciptakan panorama yang indah namun juga sangat eksotis.

Dikelilingi oleh kawasan hutan yang memiliki tumbuhan begitu rapat. Beberapa akar pohon bahkan tampak menempel di sekitar air terjun. Anda tidak bisa serta merta memiliki panorama yang begitu indah di tempat lain, apalagi dengan kondisi yang masih begitu alami dan alami.

Perjalanan panjang yang dilakukan untuk bisa mengunjungi air terjun Ciomas tidak akan sia-sia dengan kelezatan yang terpampang di sana. Hal ini dikarenakan banyak terdapat tanaman hijau dari persawahan milik warga sekitar. Hamparan persawahan dan kebun merupakan pemandangan yang sangat mengesankan dan tidak boleh dilewatkan.

Saat memasuki kawasan hutan, pengunjung juga akan disambut oleh semak belukar yang menutupi setiap goyangan langkah kaki Anda. Nantinya, suasana akan semakin kacau dengan suara-suara binatang yang hidup di sana, terutama serangga dan burung.

2. Air sungai yang segar dan jernih

Daya tarik Curug Ciomas selanjutnya adalah air sungai yang terlihat begitu segar dan jernih. Dengan tebing berbatu yang dijadikan pembatas sungai, semakin indah. Permukaannya begitu jernih sehingga menarik setiap wisatawan untuk berenang di dalamnya.

Tidak hanya terlihat ramai, tapi airnya juga sangat sejuk, jadi dijamin bisa menghilangkan penat perjalanan jarak jauh hanya dengan sekali mandi. Sungai yang menjadi tempat penyimpanan air dari air terjun ini memiliki panjang yang tidak terlalu panjang.

Diketahui panjangnya hanya sekitar 200 m, sedangkan lebarnya hanya 3 m. Meski tidak terlalu lama di sini, bentuknya sendiri menjadi salah satu daya tariknya. Dari atas tebing, Anda akan melihat panorama yang indah.

3. Tebing Eksotis

Meski pemandangan alam di sekitarnya begitu indah, Curug Ciomas terkenal dengan tebing-tebing berbatunya yang tak kalah eksotis. Karena bebatuan yang terbentuk secara alami, tempat wisata ini dikenal dengan nama Green Canyon Cariu.

Yang tak kalah indahnya adalah Anda akan melihat tumbuhan menembus tebing-tebing yang mengarah ke dasar sungai. Tidak sampai ke permukaan sungai, namun cukup dekat dengan kawasan ini. Memang, panorama tersebut semakin menghadirkan eksotisme tepian yang membatasi Curug.

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat Curug Ciomas AlamatKredit gambar: Google Maps Hamonangan Siregar

Curug Ciomas terletak di Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jika di sini Anda mulai dari pusat kota Bogor, jarak yang akan ditempuh nantinya cukup panjang. Selain itu, tracking untuk menuju ke area air terjun juga cukup sulit.

Namun, meski begitu, semua rasa lelah Anda akan terbayar dengan segala keindahan yang ditawarkan tempat ini. Setidaknya nanti Anda akan menempuh jarak sekitar 74 km jika memulai dari Bogor Square.

Dengan jarak tersebut, waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sana adalah sekitar 1h45. Rute terbaik yang bisa ditempuh adalah melewati kecamatan Citeureup dan melanjutkan perjalanan ke kabupaten Cileungsi.

Untuk memudahkan pencarian tempat wisata selanjutnya, sangat disarankan untuk menggunakan alat bantu navigasi di smartphone Anda. Anda dapat menggunakan bantuan Google Maps.

Harga tiket masuk Curug Ciomas

Harga Tiket Masuk Air Terjun CiomasKredit gambar: Google Maps Jarot S

Semua pengunjung yang ingin ke Curug Ciomas tidak terkecuali, karena memang semua harus membayar tiket masuk. Namun meski begitu, Anda tidak perlu khawatir. Karena biaya masuknya sendiri cukup murah yaitu hanya Rp 10.000.

Untuk biaya lainnya, Anda hanya perlu membayar parkir. Biaya parkir ini akan dikenakan kepada pengunjung yang membawa kendaraan sendiri. Bagi yang membawa mobil akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 8.000.

Sedangkan bagi Anda yang membawa kendaraan roda dua akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000. Air terjun ini buka setiap hari dari pagi hari dan akan tutup pada sore hari.

Kegiatan Seru di Curug Ciomas

Aktivitas Seru Air Terjun CiomasKredit Gambar: Google Maps Maret Selasa

1. Perburuan Foto

Salah satu kegiatan yang sangat direkomendasikan untuk Anda selama menginap di Curug Ciomas adalah hunting foto. Untuk kegiatan ini tidak boleh Anda lewatkan karena keindahan tempat wisata ini sangat menarik untuk diabadikan dalam jepretan.

Oleh karena itu, ketika Anda memutuskan untuk mengunjungi tempat ini, ingatlah untuk membawa perlengkapan kamera Anda. Ada banyak tempat menarik yang menunggu Anda di tempat wisata ini.

2. Mandi dan bermain air

Seperti disebutkan di atas, ketinggian air terjun eksotis ini tidak terlalu tinggi. Selain itu, kolamnya tidak terlalu dalam dan airnya sangat jernih. Oleh karena itu, salah satu kegiatan yang juga direkomendasikan untuk Anda selama menginap adalah bermain air dan berenang.

Berenang di arus sungai yang diapit tebing-tebing eksotis, sensasi ini dijamin akan sangat langka, sayang jika semua kesempatan tersebut Anda sia-siakan. Jika di sini Anda termasuk orang yang kurang pandai berenang atau tidak terlalu berbakat, maka Anda tidak akan melewatkan perasaan itu.

Curug Ciomas telah menyediakan tempat persewaan ban karet dan pelampung, sehingga Anda bisa selalu bersenang-senang dan bermain air di sana.

3. Melompat dari tebing

Bagi Anda yang cukup berani, tidak ada salahnya mencoba aktivitas yang satu ini. Anda bisa melompat dari tebing dari ketinggian sekitar 10 meter. Namun, disarankan agar aktivitas ini hanya dilakukan bagi Anda yang sudah berpengalaman.

Fasilitas yang tersedia di sekitar Curug

Fasilitas air terjun CiomasKredit gambar: Google Maps Sarkiyah

Curug Ciomas merupakan kawasan wisata yang tidak begitu populer, namun terlepas dari segalanya, keindahan alamnya sungguh memukau mata. Hingga saat ini, air terjun tersebut masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar. Sedangkan fasilitas yang ada di tempat tersebut tidak ada campur tangan pemerintah.

Tapi meski begitu, dari segi fasilitas cukup memadai. Terdapat area parkir dan juga toilet yang memenuhi kebutuhan wisatawan yang datang ke lokasi. Kawasan wisata ini tidak jauh dari mushola pemukiman masyarakat sekitar.

Di sana Anda akan menemukan toilet bersih. Tak hanya itu, tempat parkir yang cukup luas juga telah disediakan dan bagi yang lapar atau haus bisa membelinya di warung-warung yang ada di sekitar tempat wisata.

Berlibur ke Curug Ciomas saat liburan atau akhir pekan adalah ide yang tepat untuk Anda. Di tempat ini nantinya, kamu bisa mendapatkan pengalaman seru yang tidak bisa didapatkan di tempat lain.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button