7 puncak tertinggi di Indonesia dari masing-masing pulau - WisataHits
Jawa Timur

7 puncak tertinggi di Indonesia dari masing-masing pulau

7 puncak tertinggi di Indonesia dari masing-masing pulau

Jakarta, CNNIndonesia

Untuk pendakiMenjejakkan kaki di puncak tertinggi Indonesia merupakan kepuasan tersendiri. Tak heran jika kemudian ada istilah Seven Peaks (tujuh puncak) Gunung tertinggi di Indonesia.

Namun, konsep Seven Summits di Indonesia berbeda dengan dunia. Untuk tujuh puncak di dunia, daftar puncak tertinggi diurutkan berdasarkan tertinggi di bumi.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Di Indonesia, sebaliknya, bukan berdasarkan urutan gunung tertinggi di Indonesia, melainkan puncak tertinggi di masing-masing pulau besar Indonesia.

Awal Tujuh puncak Indonesiakonsep negara tujuh puncak sedikit berbeda dengan di dunia, karena jika membuat daftar puncak tertinggi berdasarkan ketinggian saja, maka isi di papua hanya pegunungan dengan ketinggian 4.000 meter atau lebih di atas permukaan laut.

Padahal, Indonesia itu beragam dan memiliki banyak gunung yang tersebar di berbagai pulau. Oleh karena itu, konsep tujuh puncak Indonesia diubah menjadi tujuh puncak tertinggi dari tujuh pulau di Indonesia.

Berikut urutan Seven Summits Indonesia.

1. Piramida Carstensz (4.884 m)

Carstensz Pyramid adalah puncak tertinggi di tanah air sekaligus puncak tertinggi di Papua. Bahkan, Piramida Carstensz yang terletak di Pegunungan Sudirman juga merupakan puncak tertinggi ketujuh di dunia, juga dikenal sebagai salah satu dari tujuh puncak dunia.

Namun perlu dicatat bahwa wisata mendaki gunung ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena membutuhkan guide lokal dan bekal yang cukup banyak untuk menempuh perjalanan selama puluhan hari.

Terkadang turun salju di puncak Carstenszs, jadi mendakinya membutuhkan kesiapan fisik yang luar biasa. Selain itu, keterampilan memanjat diperlukan untuk mendaki ke puncak.

2. Gunung Kerinci (3.805 m)





Puncak Gunung Kerinci (3805 m) di antara awan saat matahari terbit awal tahun 2021 di Kayu Aro, Kerinci, Jambi, Jumat (1/1/2021).  ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/pras.Puncak tertinggi di Indonesia, salah satunya Gunung Kerinci (Foto: ANTARA PHOTO/Wahdi Septiawan)

Gunung Kerinci bukan hanya puncak tertinggi kedua di Seven Summits of Indonesia, tapi juga gunung tertinggi di Sumatera. Gunung ini terletak di Taman Nasional Kerinci Seblat di perbatasan provinsi Sumatera Barat dan Jambi, taman nasional terbesar di Indonesia.

Berbeda dengan Carstenszs yang bukan gunung berapi, Gunung Kerinci merupakan gunung api aktif. Gunung Kerinci merupakan gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara. Belum lama ini, Gunung Kerinci mengeluarkan kegiatan agar wisata pendakian ditutup.

3. Gunung Rinjani (3.726m)

Puncak tertinggi kedua di Indonesia adalah Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Gunung ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia yang masih aktif dan memancarkan aktivitasnya.

Gunung Rinjani memiliki pemandangan yang sangat indah, tak heran jika gunung ini paling sering dikunjungi wisatawan mancanegara. Gunung Rinjani merupakan gunung strato dengan danau kawah.

4. Gunung Semeru (3.676 m)





Gunung Semeru menyemburkan lahar pijar terlihat dari Desa Jarit, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur pada Jumat (10/12/2021).  Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dalam laporan 6 jam menyatakan bahwa Gunung Semeru berada pada tahap dua atau waspada dan meminta masyarakat dalam jarak lima kilometer dari bukaan kawah di sektor selatan dan tenggara untuk tetap waspada. untuk awan panas jatuh, aliran lahar, dan aliran lahar di sepanjang sungai atau lembah yang mengalir menuruni puncak Gunung Semeru.  ANTARA FOTO/Seno/aww.Puncak tertinggi di Indonesia, salah satunya Gunung Semeru (Foto: ANTARA PHOTO/SENO)

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Jawa yang berada di perbatasan antara Kabupaten Malang dan Lumajang di Jawa Timur. Saat ini, Gunung Semeru juga sedang melepaskan aktivitas vulkaniknya.

Bahkan, Gunung Semeru masih aktif memuntahkan awan abu ke udara sekitar 20 menit sekali, yang dikenal dengan nama Wedus Gembel. Nama lain dari gunung ini adalah Gunung Mahameru.

Gunung Semeru juga memiliki pemandangan sabana berumput, hutan pinus, danau dataran tinggi, dan hutan Montana yang luar biasa. Gunung ini bertipe strato dengan kubah lava.

5. Gunung Latimojong (3.430m)

Gunung tertinggi di Pulau Sulawesi ini bukanlah gunung berapi dan terletak di pegunungan dengan beberapa puncak. Puncak tertinggi disebut Rante Mario.

Gunung Latimojong berdiri di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Ekosistem di gunung ini merupakan ekosistem hutan Montana dan satwa liar yang melimpah.

6. Gunung Binaiya (3.027 m)

Gunung Binaiya merupakan gunung tertinggi di Kepulauan Maluku, lebih tepatnya Pulau Seram, Kabupaten Maluku Tengah. Gunung ini bukanlah gunung berapi melainkan sejenis gunung karst.

Medan pendakian gunung ini sangat beragam, mulai dari ekosistem pantai, hutan rawa, hutan hujan dataran rendah, hutan hujan pegunungan hingga hutan hujan sub-alpine. Gunung ini membutuhkan waktu pendakian 8-11 hari.

7. Gunung Bukit Raya (2.278m)

Puncak tertinggi kedua di Indonesia adalah Gunung Bukit Raya di perbatasan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Dari enam puncak lainnya, Gunung Bukit Raya relatif mudah didaki karena memiliki elevasi paling rendah.

Namun gunung ini terletak di daerah terpencil, sehingga membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk mendakinya. Padahal, biaya yang dibutuhkan adalah yang kedua setelah piramida Carstensz.

Inilah puncak tertinggi di Indonesia dari pulau manapun.

(uli/juh)

[Gambas:Video CNN]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button