Wisata Air Terjun Banyunibo Wonogiri - WisataHits
Yogyakarta

Wisata Air Terjun Banyunibo Wonogiri

Jawa Tengah tidak pernah kehabisan stok wisata bahari yang eksotis dan menarik untuk dijelajahi. Salah satunya adalah Air Terjun Banyunibo dengan pemandangan yang mempesona dan suasana yang asri.

Saat berkunjung ke Jawa Tengah, Wonogiri akan terasa kurang jika tidak menyempatkan diri untuk mengunjungi Air Terjun Banyunibo. Pesonanya terlalu sayang untuk kamu lewatkan.

Sebagai referensi sebelum berkunjung, berikut informasi mengenai wisata Air Terjun Banyunibo yang bisa dijadikan panduan perjalanan. Yuk, simak ulasannya!

1. Informasi lokasi, waktu operasional dan harga tiket

Wisata Air Terjun Banyunibo Wonogiri: Informasi Lokasi, Rute dan TipsAir Terjun Banyunibo (instagram.com/mayaran.wonogiri)

Air Terjun Banyunibo merupakan salah satu air terjun eksotis di Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Wonogiri. Air terjun ini terletak di Ngluwur, Petung Wetan, Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Untuk menikmati Air Terjun Banyunibo, setiap orang akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 6.000. Jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk kendaraan roda 2 dan biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk kendaraan roda 4.

Air Terjun Banyunibo buka 24 jam sehari. Anda bisa datang kapan saja untuk menikmati pesonanya yang tiada tara.

2. Rute terbaik menuju Air Terjun Banyunibo

Wisata Air Terjun Banyunibo Wonogiri: Informasi Lokasi, Rute dan TipsAir Terjun Banyunibo (instagram.com/kimpoellllllllllllll_)

Air Terjun Banyunibo berada di perbatasan antara Wonogiri dan Yogyakarta. Rute menuju air terjun Banyunibo cukup mudah, Anda bisa menggunakan bantuan google maps atau menggunakan rambu-rambu jalan yang tersedia.

Setelah disambut oleh gerbang yang bertuliskan “Selamat Datang”, Anda dapat memarkir kendaraan Anda dan berjalan sejauh 200 meter melewati persawahan bertingkat. Selama trekking, Anda akan disuguhi keindahan persawahan bertingkat yang terhampar seperti karpet.

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Bukit Cumbri, Negeri Awan di Perbatasan Wonogiri-Ponorogo

3. Pesona Air Terjun Banyunibo

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Wisata Air Terjun Banyunibo Wonogiri: Informasi Lokasi, Rute dan TipsAir Terjun Banyunibo (instagram.com/yogapra_setyo)

Air Terjun Banyunibo terlihat mempesona dengan ketinggian 50 meter, hujan turun langsung di atas batu hitam. Di sepanjang sungai, sungai dipenuhi bebatuan hitam dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Menariknya, suasana di Air Terjun Banyunibo sangat asri dan segar, dengan berbagai tumbuhan hijau yang hidup di sekitarnya. Suhu air Air Terjun Banyunibo juga biasanya dingin dan menyegarkan.

4. Fasilitas di Air Terjun Banyunibo

Wisata Air Terjun Banyunibo Wonogiri: Informasi Lokasi, Rute dan TipsAir Terjun Banyunibo (instagram.com/suspakde)

Fasilitas di Air Terjun Banyunibo masih sangat terbatas. Selama ini hanya tersedia tempat parkir kendaraan, pendopo kecil untuk duduk dan dua WC umum di lokasi air terjun.

Meski demikian, Anda bisa mendapatkan pengalaman menarik di sini. Selain pemandangan air terjun yang eksotis, Anda juga dapat menikmati pemandangan pegunungan yang megah dan kicauan burung yang membuat suasana semakin tenang dan damai.

5. Tips Mengunjungi Air Terjun Banyunibo

Wisata Air Terjun Banyunibo Wonogiri: Informasi Lokasi, Rute dan TipsAir Terjun Banyunibo (instagram.com/aguzprasetiya)

Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Banyunibo adalah saat musim hujan dimana debit airnya deras. Namun Anda harus berhati-hati saat mengambil foto atau bermain di bebatuan karena berlumut dan licin.

Banyak yang percaya bahwa air Terjun Banyunibo dapat menyembuhkan penyakit kulit, jadi tidak ada salahnya mencoba berenang dan menikmati sejuknya air yang akan membasahi tubuh Anda.

Jangan lupa baju ganti, snack dan air mineral, karena di sekitar air terjun tidak ada warung makan. Selain itu, kenakan sepatu yang nyaman dan jangan lupa membawa kamera atau ponsel untuk mengabadikan momen terbaik.

Saat berkunjung ke Wonogiri, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Air Terjun Banyunibo yang eksotis ini bukan? Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan Anda, OK!

Baca Juga: 10 Potret Waduk Gajah Mungkur, Andalan Wisata di Wonogiri

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button