Air Terjun Banyunibo, Air Terjun Eksotis Mempesona di Tengah Indahnya Hutan Bantul - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Banyunibo, Air Terjun Eksotis Mempesona di Tengah Indahnya Hutan Bantul

Air Terjun Banyunibo, Air Terjun Eksotis Mempesona di Tengah Indahnya Hutan Bantul

Curug Banyunibo menjadi pilihan terbaik untuk wisata alam untuk merasakan kesegaran dan kesegaran perpaduan antara air terjun dan hutan yang asri.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Sanggrahan II, Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Keindahan wisata air terjun memang tidak pernah salah menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Di Bantul, Yogyakarta, ada wisata yang menarik yaitu air terjun Banyunibo. Wisata ini cukup terkenal dengan keindahan air terjunnya yang tidak biasa.

Karena keindahan tersebut, banyak wisatawan yang mengunjungi tempat wisata ini. Tidak hanya ramai pada saat liburan, tetapi pada hari kerja juga sangat ramai. Beragam aktivitas bisa dilakukan di sini dan terasa berbeda dari biasanya.

Dengan pesonanya yang memikat, wisata air terjun ini menjadi kebanggaan bagi warga Yogyakarta. Kenali lebih jauh wisata alam ini agar Anda yakin untuk mengunjunginya selama berada di Yogyakarta.

Objek wisata air terjun Banyunibo

Air Terjun BanyuniboKredit gambar: catur supriyanto Google Maps

Tempat yang terlihat asri dengan air terjunnya akan membuat Anda merasa segar sekaligus tenang. Dan masih banyak lagi objek wisata yang memesona para wisatawan yaitu :

1. Keindahan air terjun

Air terjun yang berada di wilayah Bantul Yogyakarta ini bisa dibilang sangat mempesona, sehingga siapapun yang melihatnya akan dibuat penasaran. Banyak wisatawan melihat air terjun ini memiliki keunikan tersendiri karena berbeda dengan kawasan wisata alam lainnya.

Menariknya, bentuk air terjun ini bukan sekedar air terjun karena air yang jatuh akan terlihat seperti melewati tebing bebatuan yang sangat indah.

2. Terletak di tengah hutan yang asri

Air terjun Banyunibo terletak di tengah hutan yang asri. Kesejukan pepohonan akan sangat menyenangkan. Bahkan wisatawan yang datang pagi-pagi atau bermalam di sini pun bisa mencium segarnya embun pagi.

Tatanan pepohonan yang rindang membuat keteduhan sangat memikat dan membuat Anda ingin berlama-lama di kawasan wisata ini. Karena lokasinya jauh di dalam hutan, jauh dari polusi dan udaranya sangat segar.

3. Spot foto natural terbaik

Perpaduan antara air terjun dan pepohonan hutan memang sangat indah dan mempesona. Wisatawan akan mendapatkan spot foto alam terbaik dengan warna kontras pepohonan hijau dan coklat dengan air putih dari air terjun.

Pilih sudut yang tepat untuk mendapatkan foto yang bagus. Jangan lupa bagikan hasil jepretannya di media sosial agar banyak orang terkagum-kagum melihat foto-foto cantik tersebut.

4. Ada stan tunggal

Menikmati kesejukan dan kesegaran air terjun memang sangat menyenangkan. Apalagi jika Anda melakukannya sambil bersantai dan minum kopi panas atau teh panas dari warung-warung di sini. Kios-kios tersebut menambah daya tarik karena wisatawan merasa betah berlama-lama di tempat ini.

5. Kebersihan terjaga

Meski merupakan kawasan alami, kebersihan tetap terjaga karena warga sekitar sangat peduli dengan kawasan wisata ini. Oleh karena itu pilihan terbaik jika wisatawan berkunjung ke tempat wisata ini untuk merasakan kesejukan air terjun dan nuansa hutan yang asri.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat air terjun BanyuniboKredit Gambar: Google Maps susilo samuan

Lokasinya sendiri berada di kawasan pajangan Bantul, Yogyakarta, tepatnya di Kabrokan Kulon, di desa Sendangsari. Lokasinya sangat strategis karena dekat dengan tempat wisata lainnya seperti Curug Banyunibo dan Candi Banyunibo.

Rute yang bisa ditempuh ketika ingin menuju tempat wisata ini dimulai dari kota jogja kemudian menuju Jalan Wonosari kemudian menuju Bukit Bintang kemudian sesampainya di perempatan Polsek Patuk anda tinggal mengikuti jalan tersebut. Kemudian tiba di Desa Wisata Bobung dan ikuti rambu-rambu sampai tujuan.

Atau jika tidak ingin salah, Anda bisa menggunakan bantuan Google Maps. Untuk melakukan ini, ketik Air Terjun Banyunibo, maka Anda akan mendapatkan rute tercepat dan terbaik menurut versi Google Maps.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Tak perlu salah paham dengan budget yang dikeluarkan untuk menuju kawasan wisata ini. Wisata ini tidak memungut biaya masuk alias gratis sehingga wisatawan bisa berkunjung ke kawasan ini kapan saja tanpa harus mengeluarkan budget.

Hanya saja untuk parkir Anda akan dikenakan biaya yang bisa dibilang wajar dan wajar. Untuk biaya parkir sepeda motor dikenakan biaya Rp 5.000 sedangkan untuk biaya parkir mobil dikenakan biaya Rp 10.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Air Terjun Banyunibo

Aktivitas Menarik di Air Terjun BanyuniboKredit gambar: Peta Google Rizal Bulugh

Berkunjung ke kawasan wisata alam memiliki keseruan tersendiri karena Anda benar-benar bisa merasakan kesegaran dan keindahannya. Oleh karena itu, jangan lewatkan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di air terjun ini, seperti:

1. Main air di air terjun

Di kaki air terjun, hal yang menyenangkan untuk dilakukan adalah bermain air. Bahkan wisatawan pun bisa berenang di sini. Jika Anda melakukannya dalam kelompok, itu akan sangat menyenangkan. Selain itu, bermain air di cuaca panas juga akan menyejukkan tubuh.

Bermain air di air terjun adalah tentang menjaga keamanan dan kenyamanan. Kenakan pakaian poles dan setelah selesai, segera bilas dengan air bersih. Anak-anak hingga orang dewasa pasti senang melakukan aktivitas ini.

2. Perjalanan yang menyenangkan

Spot air terjun ini memang tidak dekat dengan area parkir yang direncanakan, sehingga Anda harus berjalan kaki beberapa meter. Namun di Curug Banyunibo jarak yang ditempuh cukup dekat, hanya membutuhkan waktu 100 meter saja.

Pada perjalanan ini akan sangat menyenangkan karena Anda dapat melihat rerimbunan pohon rindang. Ditemani angin sepoi-sepoi yang sangat menyegarkan, Anda bisa menyusuri jalan setapak yang bisa menuju ke air terjun cantik ini.

3. Pelacakan, roaming, dan keluar

Di kawasan air terjun Banyunibo ternyata banyak digunakan wisatawan untuk melakukan aktivitas menarik seperti tracking, cruise dan outbond. Memang, spot-spot untuk kegiatan tersebut sudah dipersiapkan dengan baik oleh pihak manajemen.

Namun, karena berada di alam liar, wisatawan dapat dengan bebas melakukan aktivitas apapun yang mereka inginkan. Anda harus selalu berhati-hati saat melakukan aktivitas berisiko ini.

4. Santai

Dengan alam yang asri, Anda bisa melepaskan penat dan bersantai di pinggiran air terjun ini. Atau bisa juga bersantai di warung-warung kecil sambil menikmati kopi panas atau teh hangat. Sambil melihat kemeriahan yang dilakukan wisatawan di area air terjun.

5. Ambil foto

Jangan lupa untuk mengabadikan momen di kawasan wisata alam ini. Tentu background air terjun dengan hutan rindang membuat foto semakin estetik. Bagaimana bisa? Tempat di air terjun ini sangat indah dan bagus, bahkan berbeda dengan air terjun pada umumnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Air Terjun BanyuniboKredit gambar: Google Maps FT17B_ Asep Pujangga

Air terjun cantik di Yogyakarta ini memiliki fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk kenyamanan wisatawan. Meski merupakan sirkuit alam, kebersihan tetap terjaga dan pelayanannya cukup lengkap, seperti:

  • Kamar Mandi (PKS)
  • Parkir mobil yang luas
  • Musholla
  • Tempat istirahat
  • warung makan
  • Dan banyak lagi.

Jika anda berkunjung ke wisata air terjun Banyunibo, jangan lupa untuk mempersiapkan kebutuhan pribadi seperti obat-obatan, pakaian ganti, makanan dan gunakan sandal dengan sol anti selip. Kenyamanan saat berwisata sangat penting untuk mendapatkan pengalaman yang menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button