Lau Mentar Canyon 'Surga Tersembunyi Deli Serdang', sedang ditata ulang oleh Pemerintah Kabupaten Deli Serdang - WisataHits
Jawa Tengah

Lau Mentar Canyon ‘Surga Tersembunyi Deli Serdang’, sedang ditata ulang oleh Pemerintah Kabupaten Deli Serdang

STM Hulu, Karosatuklik.com – Kabupaten Deli Serdang merupakan salah satu daerah di Provinsi Sumatera Utara yang memiliki potensi alam yang luar biasa. Hampir semuanya ada. Mulai dari pertanian, perkebunan, industri, pariwisata dan lain-lain.

Potensi wisata yang ada tidak kalah dengan daerah lain di Sumatera Utara, bahkan Indonesia. Nyatanya masih banyak yang masih perawan yang belum tereksplor sepenuhnya.

Salah satunya adalah Air Terjun Lau Mentar Canyon di Desa Wisata Liang Pematang di Sinembah Tanjung Muda (STM) Kabupaten Hulu yang merupakan pertemuan dua sumber air yaitu air panas dan air dingin.

Jika dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin akan berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat, khususnya di Desa Liang Pematang, Kecamatan Hulu STM dan Prefektur Deli Serdang pada umumnya.

Selain itu, menjadi tujuan wisata alternatif tidak hanya bagi warga Deli Serdang tetapi juga dari luar daerah.

Nah, keberadaan potensi alam Ngarai Lau Mentar ini sudah banyak dipublikasikan di berbagai platform media khususnya media sosial.

Kepala Desa Liang Pematang Bahagia Tarigan mengatakan, di desanya terdapat air terjun tersembunyi dan aliran sungai berwarna biru, menghiasi kawasan wisata alam yang dikenal dunia luar itu.

“Sungai biru itu dulu tersebar luas, sekarang orang mengenalnya sebagai Ngarai Lau Mentar,” kata Bahagia Tarigan, seorang kepala desa berusia dua tahun dengan pengalaman 20 tahun sebagai salesman di sebuah perusahaan cat di Semarang, Jawa Barat.

Besar harapan saya agar kelak, saat beliau tidak lagi menjadi penanggung jawab Desa Liang Pematang, warga dapat menjaga dan melestarikan sumber daya alam yang ada di daerah ini sehingga nantinya dapat menopang perekonomian warga dan generasi penerus Rumah Panjang. .

Dari temuan kunjungan Bupati Deli Serdang H. Ashari Tambunan bersama rombongan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Kamis, 22 Oktober 2022, disimpulkan bahwa grand design atau rencana induk pengembangan air terjun sebagai objek wisata telah ditetapkan. yg dibutuhkan.

Jika masterplan sudah ada, tinggal pemerintah Kabupaten Deli Serdang (Pemkab) yang turun tangan untuk pembangunannya.

Kalau sudah jadi, tak menutup kemungkinan juga akan mampu menampung wisatawan. Minimal satu minggu bisa 500 pengunjung. Atau mungkin bisa lebih dari itu. (R1)

Baca juga:

1. Bupati Deli Serdang meninjau perbaikan jalan dan tempat wisata di STM Hulu

2. “Jejak Sira Perlanja” Karo – Deliserdang

3. Danau Linting, Keajaiban di Bukit

baca: 107

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button