Wisata Air Favorit Sentul Paradise Park dengan Panorama Air Terjun Bidadari di Bogor - WisataHits
wisatahits

Wisata Air Favorit Sentul Paradise Park dengan Panorama Air Terjun Bidadari di Bogor

Harga tiket: Rp 20.000 Jam operasional: 07.30-17.00 WIB, Alamat: Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Saat liburan tiba, sebagian orang membuat daftar jalan-jalan untuk mengisi hari yang kosong. Salah satu tempat yang paling sering dikunjungi oleh mereka yang sudah berkeluarga biasanya menawarkan wahana permainan. Oleh karena itu, Sentul Paradise Park bisa masuk dalam daftar kunjungan saat ini. Bukan tanpa alasan, Anda bisa menemukan berbagai objek wisata sekaligus di satu tempat di Bogor.

Objek wisata Sentul Paradise Park berdiri di atas lahan seluas 200.000 meter persegi yang dikelilingi oleh hutan lindung. Kawasan ini dulunya merupakan hutan lindung, namun PT. Sentul City TBK telah mengubahnya menjadi taman wisata yang asyik dan layak untuk dikunjungi. Bangunannya cukup unik, perpaduan antara keindahan alam dengan unsur modern.

Anda dan keluarga bisa berenang atau sekedar bermain air di kolam buatan. Kedalamannya ada dua yaitu untuk anak-anak dengan kedalaman 30 cm, kemudian untuk dewasa dengan kedalaman 1,5 meter. Namun bukan itu yang utama, keberadaan air terjun bernama Curug Bidadari membuat tempat wisata ini selalu ramai saat akhir pekan tiba.

Atraksi Sentul Paradise Park

Atraksi Sentul Paradise ParkKredit gambar: Google Maps Daniel Rianto Ratu

Setiap destinasi wisata patut dikunjungi karena memiliki daya tarik tersendiri, begitu juga dengan Sentul Paradise Park. Seperti yang dikatakan sebelumnya, Anda akan mendapatkan banyak atraksi di satu tempat. Apa yang mereka maksud? Berikut ulasan detailnya!

1. Riam Malaikat

Sekilas disebutkan bahwa objek wisata yang dikelola oleh PT. Sentul memiliki air terjun yang indah sebagai daya tarik utamanya. Curug Bidadari bukan sekedar air terjun biasa, tapi ada cerita dibalik kenapa nama itu diambil. Adapun untuk mengetahui benar atau tidaknya, ada baiknya menjaga dan menghormati kepercayaan yang melekat pada warga tersebut.

Seringkali pelangi muncul di air terjun ini dari ketinggian sekitar 50 meter. Menurut mitos, pelangi yang muncul merupakan jembatan bagi bidadari untuk turun ke bumi dan menyucikan diri di dalam kolam. Dari sinilah nama Curug Bidadari diambil dan dikenal banyak wisatawan. Selain itu, di samping air terjun terdapat tujuh pancuran bambu alami. Pancuran tersebut konon digunakan oleh ketujuh bidadari yang turun dari surga, hingga akhirnya dikenal sebagai Pancuran 7 Bidadari.

2. Keindahan alam memadukan konsep modern

Secara umum, air terjun adalah wisata alam murni. Berbeda dengan Air Terjun Bidadari yang berada di kawasan elite Sentul Paradise Park. Air terjun tersebut telah dimodifikasi dengan tujuan menjadi objek wisata yang menarik bagi wisatawan. Contohnya adalah kolam di bawah air terjun. Kolam tersebut mengalami proses penggalian dan membentuk kolam berdesain modern.

Apalagi di sekitar lokasi juga terdapat bangunan yang juga mengusung konsep modern, seperti saung, rumah makan dan fasilitas yang tersedia. Meski begitu, keindahan alamnya masih sangat terasa di tempat yang berada di ketinggian 215 hingga 500 mdpl ini, karena kawasan sekitarnya masih alami, tidak ada unsur perubahan.

3. Belah Batu

Selama proses penggalian kolam di bawah air terjun, ditemukan batu besar dan cukup tinggi. Batu tersebut menghalangi akses wisatawan untuk memasuki lokasi air terjun. Pengelola membuat jalan berupa jembatan di tengah batu dengan cara membelahnya. Inilah mengapa batu di dekat air terjun Bidadari disebut batu belah.

Pada akhirnya, batu belah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dengan kehebatannya yang dipasang di tengah kolam. Aliran air dari air terjun ini tidak mencapai batu karang, namun cukup indah dilihat dari kejauhan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Atraksi di Sentul Paradise ParkKredit gambar: Google Maps Yoshifumi Iwata

Sebaiknya anda menuliskan alamat tempat wisata ini yaitu di Jl Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Untuk sampai ke sana, Anda perlu mencari rute yang tepat agar tidak melakukan kesalahan. Menggunakan peta di internet tidak cukup membantu sehingga Anda mungkin tersesat seperti kebanyakan kasus baru-baru ini.

Untuk menuju ke sana sebenarnya cukup mudah, karena kawasan Sentul cukup luas dan mudah ditemukan. Namun sayangnya, jalan yang harus Anda lewati tidak selalu bagus, terkadang ada lubang di tengah jalan. Konon, sebagian besar jalan beraspal, yang menghilangkan rasa khawatir.

Jika Anda dari arah Jakarta, masuk ke tol Jagorawi lalu keluar di pintu keluar tol Sentul Selatan. Lanjutkan jalan belok kiri, terus lurus dan belok kiri lagi. Dari situ, Anda bisa mengikuti rambu-rambu untuk sampai ke lokasi wisata.

Khusus bagi yang menggunakan angkutan umum, silakan turun di stasiun Bogor. Naik angkot jurusan Tajur Ciawi, turun lagi naik angkot jurusan Cisarua. Tolong beritahu driver untuk turun di lokasi wisata Sentul Paradise Park.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga tiket masuk Santul ParadiseKredit Gambar: Mode Google Maps Annie Kitta

Seperti halnya tempat wisata pada umumnya, ada biaya masuk yang harus dibayar. Kali ini cukup bagus dibandingkan dengan pesona air terjun di tempat lain. Untuk hari biasa, siapkan uang untuk membeli meteran 20.000 rupiah. Sedangkan pada hari Minggu sedikit lebih mahal yakni Rp 25.000. Beda lagi dengan hari libur di 30.000 rupiah per orang. Anak-anak di bawah 5 tahun bebas masuk, atau gratis dengan fasilitas yang sama.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Sentul Paradise Park

Aktivitas menarik di Sentul Paradise ParkKredit gambar: Twitter Wisata di Lintang Buana

Pasti ada yang bertanya kegiatan menarik apa yang bisa dilakukan di tempat ini! Padahal, ada hal yang tak kalah menarik untuk dilakukan saat mengunjungi tempat wisata Bogor. Ternyata tidak hanya Curug Bidadari saja, tapi masih banyak lagi yang lainnya.

1. Berenang di Kolam Air Terjun Bidadari

Keberadaan kolam renang ini dikhususkan bagi pengunjung yang ingin berenang. Meski merupakan kolam buatan manusia, airnya tetap berasal dari pegunungan. Jadi jangan heran jika Anda merasa kedinginan saat pertama kali terjun. Untuk anak-anak juga terdapat kolam khusus dengan kedalaman yang cukup dangkal.

Lebih seru lagi jika menyewa pelampung besar yang bisa dinaiki, hampir seperti perahu. Jangan khawatir berdesak-desakan dengan pengunjung lain, kolam buatan ini cukup luas, sekitar 6.400 meter persegi.

2. Bermain air dan pasir di pantai buatan

Kegiatan berenang yang membosankan bisa diselingi dengan permainan air sederhana. Menariknya, Anda dan keluarga bisa bermain pasir di pantai buatan tersebut. Lokasinya tepat di bawah air terjun dengan pasir putih dari Bangka. Sama seperti pantai, Anda bisa membuat bangunan pasir dengan percikan air dari air terjun.

Selain itu, terdapat 7 pancuran yang dapat digunakan sebagai fitur air sederhana. Sebagian besar pengunjung menggunakan pancuran untuk bersih-bersih setelah berenang. Anda juga bisa mandi di kolam mata air, yaitu kolam dengan mata air yang mengalir. Uniknya, terdapat sebuah batu besar di tengah kolam yang berbentuk lingkaran.

3. Rubah Terbang

Aktivitas menarik di Sentul Paradise ParkKredit gambar: Google Maps Herman Syah

Disebelah air terjun terdapat permainan yang menguji adrenalin yaitu flying fox. Ajak anak untuk berani bertanding dengan permainan tersebut tidak berbahaya karena memenuhi standar keamanan yang ditentukan. Justru sensasi keindahan air terjun ini semakin mencengangkan karena posisinya yang cukup tinggi.

4. Spot foto yang menarik

Kegiatan seru yang layak dilakukan saat berkunjung ke Sentul Paradise Park adalah berfoto. Hal yang satu ini wajib untuk mengabadikan momen liburan bagi semua orang. Ada banyak tempat menarik, misalnya tepat di bawah air terjun dengan aliran air yang agak deras turun.

Ada juga spot foto khusus yang dibangun pengelola yang berdiri di samping air terjun. Latar belakang yang diambil cukup pas untuk membuat hasil foto semakin indah, yakni air terjun cantik yang diselimuti hutan lindung.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Alamat Sentul Paradise ParkKredit gambar: Google Maps Eko Timbul

PT. Sentul City tentunya tidak ingin mengecewakan pengunjung yang datang ke sini. Untuk itu, mereka menawarkan fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas utamanya adalah tempat ibadah, toilet dan juga parkir.

Untuk fasilitas penunjang, pengunjung bisa bersantai di gazebo sambil menikmati makanan yang dibawanya. Jika Anda tidak membawa makanan, ada banyak warung yang disebut gubuk makanan. Beragam jenis makanan bisa Anda temukan di sini, terutama masakan khas Bogor, Jawa Barat.

Mengisi liburan dengan mengunjungi objek wisata memang selalu menyenangkan. Apalagi jika tempat yang dikunjungi menawarkan keindahan alam berupa pegunungan dan air terjun, seperti Sentul Paradise Park. Namun ada baiknya jika semuanya sudah dipersiapkan dengan baik, mulai dari kendaraan, dana, dan juga kondisi bodywork.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button