Watu Gajah Park, taman wisata keluarga yang hits dengan alam di Semarang - WisataHits
wisatahits

Watu Gajah Park, taman wisata keluarga yang hits dengan alam di Semarang

Harga tiket: Rp20.000, Jam operasional: 07.30-22.00 WIB, Alamat: Dusun Watugajah, Ngobo, Wringin Putih, Kec. Bergas, Kab. Semarang, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Watu Gajah Park merupakan tempat wisata yang mengusung konsep wisata keluarga bernuansa alam. Lokasinya berada di Kabupaten Semarang, tepatnya di Kecamatan Bergas, Desa Ngobo. Karena tempatnya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, sangat mudah bagi kita untuk menemukannya.

Meski banyak tempat wisata yang bermunculan di kawasan Semarang, namun tempat wisata ini memiliki pesona tersendiri yang tidak akan bisa kita temukan di tempat lain. Seperti banyak spot foto yang tersedia, bahkan ada spot foto 3D.

Berbagai jenis instalasi dan koleksi ditawarkan di sana. Koleksi burung cinta, berbagai jenis kupu-kupu dan kunang-kunang yang indah. Bahkan Watu Gajah Park juga mencatatkan rekor MURI sebagai tempat wisata dengan suaka burung terbesar dengan burung terbanyak. Jadi, tempat wisata ini tidak perlu diragukan lagi.

Atraksi Watu Gajah Park

Objek wisata taman Watu GajahKredit Gambar: Google Maps Nenek Cipto Husodo

Saat ini, tempat wisata kekinian semakin menjamur di berbagai daerah. Tidak hanya di pusat kota, tetapi juga di pinggiran kota. Sama seperti Taman Watu Gajah di Kabupaten Semarang. Terlepas dari itu semua, tempat wisata ini memiliki pesona tersendiri yang tidak dapat ditemukan di tempat wisata lainnya.

1. Budidaya burung love bird

Daya tarik pertama dari tempat wisata ini adalah koleksi Love Bird yang dimilikinya. Bagaimana tidak, disini ada lebih dari 200 koleksi burung jenis Love Bird cantik yang bisa kita lihat. Tempat wisata ini bahkan memecahkan rekor MURI sebagai tempat wisata dengan suaka burung terbesar dengan sejoli terbanyak.

2. Sangkar kupu-kupu dan kunang-kunang

Love Bird tidak hanya menjadi milik tempat wisata ini, tetapi juga memiliki koleksi berbagai jenis kupu-kupu dan kunang-kunang. Kita tidak hanya bisa menikmati keindahan kupu-kupu, tapi juga kita bisa belajar bagaimana proses metamorfosis kupu-kupu.

Dan saat malam tiba, kita bisa melihat indahnya kerlap-kerlip cahaya kunang-kunang yang mulai jarang kita temukan.

3. Taman Bunga Vertikal

Di Taman Watu Gajah banyak terdapat taman bunga. Namun, ada taman bunga yang menjadi daya tarik dari tempat wisata ini. Namanya taman bunga vertikal, dimana bunga di taman ini tidak berada di taman horizontal, melainkan taman vertikal sehingga terlihat seperti tanaman ini berdiri tegak.

Tanaman hias ditanam di sana dalam pot kecil, kemudian dijepit di jaring besi dan ditempatkan di tangga vertikal. Jadi seolah-olah tanaman ini membentuk dinding tanaman. Sangat cocok digunakan untuk spot foto, pengunjung bisa berdiri di sela-sela tanaman karena terdapat tangga.

4. Spot foto menarik

Objek wisata milik Watu Gajah ParkKredit gambar: Google Maps Daniel Rahardjo

Ada banyak spot foto menarik disini yang bisa kita manfaatkan untuk berfoto. Ibarat taman bunga vertikal, kita bisa berfoto di antara bunga-bunga cantik berwarna-warni. Berfoto bersama kumpulan burung lovebird, kupu-kupu cantik warna warni dan kunang-kunang yang sudah jarang ditemui saat ini.

Untuk kunang-kunang, sebaiknya kita datang pada malam hari, agar kerlap-kerlip cahayanya lebih indah. Selain itu, terdapat juga spot foto 3D yang berbeda dari tempat wisata lainnya. Dijamin jika kita berfoto disana, foto kita akan terlihat lebih instagenic.

5. Gang Cinta Bertema

Atraksi selanjutnya dari taman hiburan ini adalah Lorong Cinta Tematik. Banyak anak muda yang tertarik untuk berfoto di sini. The Love Theme Alley sendiri merupakan jalan setapak yang didesain sedemikian rupa dengan atap besi berbentuk hati. Alley of Loves ditumbuhi tanaman merambat yang membentang di atas besi sehingga menjadi rindang di siang hari. Sangat instagenic saat digunakan untuk spot foto.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman Watu GajahKredit gambar: Google Maps Naida

Taman Watu Gajah terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, tepatnya di Dusun Watugajah, Desa Ngobo, Wringin Putih. Karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota Semarang, kita akan mudah menemukannya.

Dari pusat Kota Semarang berjarak 25 km, langsung saja menuju ke arah Ungaran melalui Jalan Raya Semarang menuju Surakarta. Ikuti jalan utama sampai kita memasuki kawasan Karangjati. Tepat di perempatan setelah Indomaret Karangjati 3 belok kiri. Kita tinggal mengikuti jalan utama sampai kita melihat petunjuk arah menuju lokasi objek wisata tersebut.

Bisa juga melalui jalur yang dimulai dari Mranggen, kemudian menuju Banyumeneng, dilanjutkan dengan Girikusumo dan terakhir Kawengen. Namun, jika Anda lewat di sini, berhati-hatilah karena kemiringannya sangat curam.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Watu GajahKredit gambar: Google Maps Alvin Ilyas

Biaya masuk ke taman Watu Gajah cukup murah, tidak mengosongkan kantong kita. Namun, harga berbeda antara hari kerja dan hari libur. Disarankan datang pada hari biasa, selain harga lebih murah, jumlah pengunjung tidak sebanyak pada hari libur.

Jika pada hari biasa kita hanya perlu membayar Rp 20.000,- per orang, tetapi pada hari libur, kita harus membayar Rp 25.000,- per orang.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Watu Gajah Park

Aktivitas di Watu Gajah ParkKredit gambar: Google Maps Ammar Shofianang

1. Ambil foto Ria

Salah satu aktivitas yang menarik untuk dilakukan di sana adalah mengabadikan setiap momen dengan kamera. Bagaimana tidak, selain pemandangannya yang indah, banyak juga spot foto yang disediakan disana. Ada spot foto 3D, taman bunga, berfoto bersama koleksi love bird, kupu-kupu, kunang-kunang dan masih banyak lagi.

2. Bermain skateboard

Selain taman hiburan, Watu Gajah Park juga menawarkan taman skate. Jadi bagi pecinta game skate, Anda bisa merasakan bagaimana rasanya bermain skate di taman wisata.

3. Berenang

Tidak hanya itu, yang bisa kita lakukan di sana, kita juga bisa berenang di kolam yang telah disediakan. Terdapat success pool berstandar internasional yang dapat digunakan oleh pengunjung dewasa. Ada juga kolam ganti kecil untuk anak-anak yang tentunya lebih dangkal. Dilengkapi juga dengan water dam yang menambah keseruan kita saat berenang.

4. Joging

Tidak hanya tempat wisata, ada juga jogging track. Dengan demikian, pengunjung bisa berolahraga sambil mengagumi keindahan taman wisata Watu Gajah Park. Selain menyehatkan, kita juga bisa memanjakan mata kita.

5. Mainkan Flying Fox dan Space Bike

Banyak permainan yang ditawarkan kepada pengunjung, termasuk kelelawar buah dan sepeda luar angkasa. Jadi, setelah puas melihat-lihat koleksi dan berfoto-foto, kita bisa langsung bermain.

6. Memancing

Aktivitas Menarik di Watu Gajah ParkKredit gambar: Google Maps Yenny Rias Studio

Watu Gajah Park juga menawarkan area memancing. Setelah lelah berjalan, kita bisa beristirahat sambil memancing. Dengan demikian, pengunjung yang hobi memancing bisa menyalurkan waktu luangnya di sana. Anda dapat menangkap banyak spesies ikan di sini. Ikan yang Anda tangkap juga bisa dibawa pulang. Sungguh menyenangkan bukan.

7. Lihat kunang-kunang

Kunang-kunang sekarang sulit ditemukan, apalagi sekarang sawah sudah diganti dengan bangunan. Tapi jangan khawatir, kita bisa melihat keindahan kerlap-kerlip cahaya kunang-kunang di tempat wisata populer ini. Jika Anda ingin melihatnya, cobalah datang ke sana saat gelap, agar Anda bisa melihat kerlap-kerlip cahaya.

8. Lihat burung cinta dan kupu-kupu

Selain kunang-kunang, kita juga bisa melihat berbagai jenis sejoli disana dan juga berbagai jenis kupu-kupu. Selain melihat, kita juga bisa mengajari anak-anak tentang berbagai jenis burung dan proses metamorfosis kupu-kupu. Jadi Anda semua bisa belajar sambil bermain.

9. Makan di luar

Setelah puas berkeliling tempat wisata, melihat-lihat koleksi, berfoto dan bermain, kita bisa istirahat sejenak sambil menyantap makanan yang disediakan disana. Banyak sekali masakan enak yang bisa memanjakan lidah kita, harganya juga ramah di kantong. Jadi Anda tidak perlu khawatir perut Anda keroncongan karena semua ada di sana.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman Watu GajahKredit Gambar: dunia peepaholic Google Maps

Sebagai tempat wisata yang cukup terkenal di Kabupaten Semarang, keberadaan fasilitas umum tentu sangat penting. Di Watu Gajah Park sendiri fasilitasnya cukup lengkap. Seperti mushola, WC umum, rumah makan, kalau lapar kita tidak perlu jauh-jauh mencari tempat makan dan tempat parkir yang luas, bus pun bisa masuk.

Fasilitas penunjang lainnya yang dapat menunjang kegiatan wisata seperti taman, spot foto untuk berfoto, area jogging bagi pengunjung yang ingin berlibur sambil berolahraga, skate park untuk pengunjung yang senang bermain skateboard.

Ada juga kolam ikan yang disediakan bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman memancing di sana. Kolam renang, bagi pengunjung yang ingin berenang. Ada juga flying fox dan space bike, serta berbagai fasilitas lainnya.

Nah, itulah ulasan tentang Taman Watu Gajah di Semarang yang wajib kamu ketahui. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, Anda bisa menikmati liburan keluarga yang menyenangkan dengan fasilitas yang lengkap.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button