Pantai Cemara, pantai yang indah dengan panorama eksotis saat matahari terbenam di Banyuwangi - WisataHits
wisatahits

Pantai Cemara, pantai yang indah dengan panorama eksotis saat matahari terbenam di Banyuwangi

Harga tiket: Rp2.000, Jam operasional: 05:30-18:00 WIB, Alamat: Desa Pakis, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Saat ini Pantai Cemara menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di Banyuwangi yang semakin dikenal banyak orang. Hal ini tentunya karena pantai ini memiliki keindahan yang sangat berbeda dengan tempat wisata lainnya. Bagi Anda yang suka berwisata alam, sayang sekali jika pantai ini dilewatkan.

Meski masih tergolong destinasi wisata baru, namun jumlah wisatawan yang datang ke tempat ini cukup tinggi. Menariknya, tidak hanya wisatawan lokal, tetapi juga beberapa wisatawan asing yang sering menghabiskan waktu di sana. Waktu yang dihabiskan di sini akan jauh lebih menyenangkan jika Anda mengajak teman, saudara atau pasangan.

Oleh karena itu, sayang sekali jika tidak mencoba pengalaman baru dengan liburan pantai. Siapa pun yang berwisata ke sini dijamin tidak akan ingin kembali ke rumah karena telah terhipnotis dengan keindahan alamnya. Nah, sebelum Anda memutuskan untuk menghabiskan waktu liburan di pantai ini, ada baiknya Anda mengetahui berbagai hal tentang Pantai Cemara di bawah ini.

Atraksi Pantai Cemara

Atraksi Pantai CemaraKredit Gambar: Instagram Muy

1. Memiliki hutan cemara

Seperti namanya, di sekitar pantai ini terdapat hutan pinus bahari yang cukup indah dan lebat. Tentu saja, hutan ini ditumbuhi ribuan udang di sepanjang pantai. Sehingga menjadikan pantai ini lebih menarik dan berbeda dari beberapa pantai lain di Banyuwangi.

Pasalnya, Anda akan disuguhkan dengan nuansa sejuk dan rindang dari pepohonan pinus yang terdapat di sana. Hutan cemara yang terdapat di lokasi wisata ini juga tampak membentuk lorong-lorong yang unik.

2. Kawasan Konservasi Penyu

Tempat konservasi penyu ini tidak lain adalah di hutan pinus. Penyu yang bertelur di sana biasanya membuat sarangnya di bawah pohon pinus yang tumbuh di tepi pantai. Wisatawan dapat melihat sarang tetapi dilarang mengganggunya. Intensitas puncak periode bertelur penyu di Pantai Cemara antara bulan Maret hingga April.

Lokasi wisata yang dikelola oleh KUB atau Kelompok Usaha Bersama Pantairejo dan bekerjasama dengan Dinas Perikanan & Kelautan Banyuwangi ini kebetulan memiliki dua kawasan. Zona pertama adalah zona yang dapat diakses oleh masyarakat umum. Kedua, yaitu kawasan inti untuk melindungi kawasan tempat penyu bertelur. Hanya pengunjung resmi yang diizinkan memasuki area pusat ini.

Daya tarik pantai CemaraKredit gambar: Instagram Riky Saputra

3. Tempat matahari terbenam terbaik

Momen saat matahari terbenam atau yang biasa dikenal dengan sunset merupakan pemandangan yang sering dicari oleh banyak wisatawan. Saat melihat sunset di pinggir pantai, tentu lebih indah lagi. Apalagi pemandangan sunset di pantai ini benar-benar memukau dan memukau setiap pasang mata yang menyaksikannya.

4. Pasir hitam

Jika biasanya Anda hanya menemukan pasir coklat atau putih, cobalah datang ke Pantai Cemara untuk pasir hitam. Meski warnanya hitam, pasirnya sangat bersih. Selain itu, teksturnya cukup halus.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Cemara di BanyuwangiKredit gambar: Instagram Riky Saputra

Pantai Cemara merupakan salah satu andalan Kabupaten Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur. Lokasinya sendiri berada di Desa Rowo, Desa Pakis, Kabupaten Banyuwangi. Jaraknya sangat dekat dengan pusat kota Banyuwangi, yaitu hanya sekitar 7 km.

Waktu yang dibutuhkan hanya 20 menit di belakang kemudi kendaraan penumpang roda empat atau dua dengan kondisi lalu lintas arus bebas. Karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota, dipastikan akses jalan tidak akan menjadi masalah.

Rute dimulai dari pusat kota melalui Jl Adi Sucipto dan berlanjut hingga Anda melihat perempatan besar. Dari sana belok kiri untuk sampai ke Jl Ikan Layur dan terus mengikuti arus jalan.

Kemudian di ujung jalan akan ada pertigaan jalan buntu, belok kanan untuk sampai ke Jl Pantai Rejo. Ikuti terus rambu-rambu yang menunjukkan lokasi pantai. Setelah sampai di Jl Pantai Cemara, berarti perjalanan hampir selesai.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Pantai CemaraKredit gambar: Twitter afin yulia

Wisatawan dapat mengunjungi Pantai Cemara kapan saja. Namun, waktu terbaik untuk mengunjungi salah satu pantai yang indah ini adalah pada sore dan pagi hari. Selain udaranya yang segar, pada pagi hari pantai ini umumnya tidak terlalu ramai dikunjungi wisatawan.

Tiket masuk ke pantai ini juga sangat terjangkau. Setiap wisatawan yang ingin masuk hanya akan dikenakan tiket masuk sekitar Rs 2.000 hingga Rs 10.000. Uang yang Anda bayarkan tentu akan digunakan untuk retribusi. Perlu diingat bahwa biaya retribusi dapat berubah di masa mendatang.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Cemara

Aktivitas di Pantai CemaraKredit gambar: Twitter ijen

1. Perkemahan

Ada sebidang tanah yang sangat luas yang bisa digunakan untuk berkemah. Lapangan yang besar dapat digunakan sebagai tempat mendirikan tenda tidur dan juga dapat digunakan untuk olahraga seperti senam. Wisatawan juga diperbolehkan membangun tenda di pantai.

Namun, Anda harus terlebih dahulu meminta izin kepada agen wisata jika ingin bermalam atau berkemah di kawasan Pantai Cemara. Jika dia telah diberi izin, jangan biarkan diri Anda melanggar apa pun yang dilarang.

2. Ambil gambar

Destinasi wisata tidak lagi hanya digunakan sebagai tempat melepas penat, tetapi juga digunakan untuk berfoto. Demam media sosial telah merambah semua orang yang hidup di era globalisasi. Anda juga akan menemukan spot foto yang sangat Instagramable di sana.

Misalnya seperti kursi yang cerah dan indah, bunga berwarna-warni berbentuk love, bahkan kemungkinan berfoto dengan kura-kura. Oleh karena itu, ketika Anda datang ke sini, stok foto bagus yang Anda miliki akan bertambah.

3. Berenang

Aktivitas Menarik di Pantai CemaraKredit gambar: Twitter Ninin Zandrea

Pantai Cemara Banyuwangi memiliki ombak yang tidak besar. Tidak hanya itu, pantai ini juga tidak memiliki banyak bebatuan yang dapat mengganggu aktivitas seperti snorkeling dan berenang.

Pantai ini tergolong aman untuk semua wisatawan yang ingin berlatih aktivitas berenang, anak kecil maupun dewasa. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah tetap waspada dan tidak melebihi batas yang diperbolehkan untuk berenang.

4. Piknik

Jika Anda datang ke pantai indah ini bersama rombongan, maka aktivitas menarik yang sayang untuk dilewatkan adalah piknik. Piknik bersama adalah kegiatan yang sangat seru dan menyenangkan. Anda bisa mengobrol sendiri sambil menikmati jajanan yang dibawa dari rumah. Dengan demikian, tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi di sekitar Pantai BanyuwangiKredit gambar: saluran Google Maps Melodikaputri99

1. Satu Selatan

One South merupakan kompleks yang sangat estetis, dengan bangunan minimalis dan balkon sebagai tempat berkumpul keluarga. Harga sewa untuk satu malam sekitar 300.000 rupee. AC dan Wifi adalah fasilitas resor utama.

2. Hotel Santika

Hotel yang bernuansa Bali ini sering dijadikan pilihan menginap oleh banyak orang. Fasilitasnya meliputi minibar, gym, Wi-Fi, kolam renang, dan banyak lagi. Hotel ini mampu membuat masa menginap Anda lebih nyaman dan mengasyikkan. Harga sewa per malam sekitar 500.000 rupiah.

3. Blambangan Hotel

Blambangan Hotel merupakan salah satu akomodasi yang baik jika Anda menginap bersama keluarga. Pasalnya, kompleks hotel ini sangat asri dan nyaman. Sejumlah fasilitas ditawarkan seperti wifi, kolam renang, dan ruang berkumpul keluarga.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Cemara BanyuwangiKredit gambar: Instagram Riky Saputra

Untungnya, Pantai Cemara Banyuwangi telah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Jadi, Anda tidak perlu khawatir karena di sana Anda akan menemukan fasilitas pendukung yang memadai. Ketika Anda berada di sana, Anda tidak perlu bingung untuk menemukan toilet umum di kawasan ini karena beberapa fasilitas sanitasi cukup bersih dan terawat.

Bagi wisatawan yang tidak ingin repot membawa bekal dari rumah, di kawasan hutan pinus ini sudah terdapat beberapa toko, warung dan pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai menu makanan dan minuman. Harganya pun bervariasi tergantung jenis makanan yang Anda beli. Jadi jangan takut kelaparan saat liburan ke sini.

Bagi wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati panorama sekitar, bisa duduk-duduk di gazebo yang tersedia di lokasi. Tempat pengamatan biasanya akan dipadati wisatawan pada siang hari saat matahari sedang terik. Tersedia juga tempat parkir yang cukup luas, sehingga kendaraan pribadi Anda bisa aman.

Itulah beberapa hal tentang Pantai Cemara di Banyuwangi. Dengan begitu, setidaknya rasa penasaran Anda terhadap tempat wisata tersebut bisa sedikit terobati.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button