10 gempa susulan mengguncang Sulawesi Utara, berkekuatan M3.8 hingga M5.3 - WisataHits
Jawa Barat

10 gempa susulan mengguncang Sulawesi Utara, berkekuatan M3.8 hingga M5.3

10 gempa susulan mengguncang Sulawesi Utara, berkekuatan M3.8 hingga M5.3

TEMPO.CO, jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melakukan analisis dan mengumumkan perubahan parameter gempa bermagnitudo 7,1 yang melanda Sulawesi Utara pada Rabu, 18 Januari 2023 pukul 13:06:14 WIB berguncang.

Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan hasil pemantauan BMKG pada 14/10. WIB menunjukkan ada 10 gempa susulan dengan magnitudo M3,8 hingga M5,3.

Membaca:
Gempa besar M7.1 mengguncang Sulawesi Utara

Selain itu, gempa tektonik Kawasan Danau Maluku memiliki parameter update dengan Magnitudo M7.0. Pusat gempa terletak pada koordinat garis lintang 2.80°LU dan garis bujur 127.03°BT, tepatnya di laut pada jarak 124 kilometer arah selatan Kota Melonguane, Sulawesi Utara, pada kedalaman 71 kilometer.

“Mengingat letak pusat gempa dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan gempa berukuran sedang yang dipicu oleh deformasi batuan di Lempeng Maluku,” kata Daryono. Hasil analisis mekanisme swelling menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme sheet-slip.

Gempa ini berdampak dan dirasakan di Kepulauan Talaud, Kepulauan Sangihe, Kepulauan Sitaro dan Tidore dengan skala intensitas III-IV MMI, yakni terasa di dalam rumah seperti truk yang melintas.

Di wilayah Minahasa, Manado, Minahasa Utara, Bitung, Ternate, Sofifi, Halmahera Timur, Minahasa Tenggara, Minahasa Selatan, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Selatan, Halmahera Barat, Halmahera Utara, Bolaang Mongondow, Banggai Kepulauan dirasakan MMI III skala intensitas. Di Kota Gorontalo dapat dirasakan pada skala intensitas II MMI.

Berdasarkan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan pantauan akun resmi BMKG, warga mengaku merasakan gempa di Sofifi, Manado, dan Ternate. Sehingga goncangan bisa dirasakan saat berkendara. Banyak yang mengindikasikan bahwa durasi gempa cukup lama, meski waktu pastinya tidak disebutkan.

Membaca:
Informasi terkini: Gempa M6,3 mengguncang Gorontalo, warga mengungsi

Selalu Memperbarui info terbaru. mendengarkan berita terkini dan pesan yang dipilih tempo.co di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Kamu harusUntuk memasang aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button